Kesehatan

7 Manfaat Olahraga di Bulan Puasa Agar Kamu Lebih Berenergi

/

by Shaffi Kareem


Alhamdulillah kita udah memasuki bulan puasa. Ngomong-ngomong, gimana puasa kamu hari ini, bestie? Masih semangat kan?

Pasti harus semangat dong karena masih awal-awal memasuki bulan puasa nih. Sejatinya, puasa pasti bikin kita lemas karena berkurangnya asupan minum dan makan ke dalam tubuh, tapi bukan berarti puasa bisa jadi penghalang kamu untuk beraktivitas.

Salah satunya adalah olahraga. Meskipun puasa, tubuh kita juga harus melakukan aktivitas fisik dalam porsi sewajarnya seperti berolahraga. Selain itu, ada banyak sekali manfaat olahraga di bulan puasa untuk tubuh kita.

Kalau dibayangkan memang terasa sangat melelahkan, ya. Oleh karenanya, kali ini kita akan membahas manfaat olahraga di bulan puasa serta jenis dan tips berolahraga di bulan puasa agar tidak mudah lelah. Penasaran kan? Simak pembahasan berikut, ya!

Manfaat Olahraga di Bulan Puasa

Puasa adalah menahan segala hawa nafsu mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Hawa nafsu yang dimaksud di sini adalah segala bentuk emosi yang merugikan (marah), hasrat seksual, dan tentunya keinginan untuk makan dan minum.

Berkurangnya asupan makanan dan minuman harian, tidak heran kalau kita akan merasa lemas dan ngantuk tak tertahankan.

Baca Juga: Apakah Mata Kuning Berbahaya? Ketahui Jawabannya!

Kendati demikian, jangan sampai puasa menghalangi kamu untuk beraktivitas sehari-hari, termasuk berolahraga.

However, ada beberapa manfaat olahraga di bulan puasa yang bisa kamu rasakan nih, antara lain seperti:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pada saat berpuasa, kita harus tetap beraktivitas seperti bekerja dari pagi hingga sore. Terkadang, stres tak terhindarkan saat kita dihadapkan dengan pekerjaan yang sulit dan tak kunjung usai.

Kamu harus tahu kalau stress bisa membuat kekebalan tubuh menurun, lho! Oleh karenanya, disarankan untuk kamu berolahraga selama puasa karena manfaat olahraga di bulan puasa adalah memperkuat daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena virus.

2. Bikin badan lebih fresh

Manfaat olahraga di bulan puasa yang bisa kita dapatkan adalah membuat badan lebih fresh. Kok bisa?

Jadi, berolahraga di bulan puasa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Hal tersebut berimbas pada proses produksi hormon di tubuh, seperti halnya pada hormon endorfin.

Selama berolahraga, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin yang memicu perasaan gembira dan bahagia, sehingga tubuh dan pikiran kita akan jauh lebih fresh, deh!

3. Penurunan fisik terminimalisir

Manfaat olahraga di bulan puasa selnajutnya adalah mencegah penurunan fisik terlalu banyak. Mengapa demikian?

Berpuasa selama satu bulan penuh akan menyebabkan penurunan fisik. Massa otot akan berkurang apabila tubuh kita tidak digunakan untuk berolahraga selama berpuasa. Efeknya adalah tubuh akan cepat lelah ketika harus berolahraga kembali.

Selain massa otot terjaga, jantung akan bekerja secara optimal dan tubuhmu akan selalu prima saat bekerja!

4. Being productive

Berkurangnya asupan makanan dan minuman, tubuh akan terasa lemas dan mudah mengantuk. Tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk bermalas-malasan ketimbang harus beraktvitas fisik.

Selain itu, bermalas-malasan berdampak pada tidak tercapainya target pekerjaan kita. Sehingga, manfaat olahraga di bulan puasa akan membuat kamu lebih produktif dan emosi jadi lebih terjaga. Gak ada lagi deh yang namanya bermalas-malasan!

5. Membakar lemak lebih cepat

Saat puasa, kita tidak boleh makan dan minum setelah adzan subuh hingga adzan maghrib. Tidak adanya asupan makanan akan membuat perut kita kosong. Tapi, ini justru waktu yang tepat untuk berolahraga lho, bestie!

Berolahraga saat puasa bisa membakar lemak tubuhmu jauh lebih cepat dan menggantinya dengan massa otot. Hal ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan sebab manfaat olahraga di bulan puasa adalah membakar lemak lebih cepat.

6. Melancarkan proses detoksifikasi

Tanpa disadari, telah banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh kita akibat paparan zat kimia dan masuknya obat-obatan. Zat berbahaya tersebut harus dikeluarkan agar tidak merusak organ tubuh melalui proses detoksifikasi.

Selama berpuasa, tidak ada asupan makanan ke dalam tubuh kita. Apabila dibarengi dengan berolahraga, maka proses detoksifikasi akan lebih lancar sebab kelenjar getah bening dan aliran darah bekerja lebih maksimal.

Oleh karenanya, teruslah berolahraga untuk merasakan manfaat olahraga di bulan puasa yang satu ini!

7. Mencegah diabetes

Hidangan berbuka puasa identik dengan makanan dan minuman manis seperti es buah, kuwut, kolak, bubur candil, dan lain-lain.

Apabila dikonsumsi terlalu sering, dikhawatirkan akan terjadi peningkatan akadar gula dalam darah sehingga mengakibatkan diabetes.

Hal tersebut harus diimbangi dengan berolahraga sebab salah satu manfaat olahraga di bulan puasa adalah meningkatnya produksi insulin yang bisa mencegah diabetes, terutama diabetes tipe-2.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Bulan Puasa?

Untuk sekedar beraktivitas seperti hari biasanya pun sulit, bagaimana bisa kita berolahraga. Begitu kiranya yang dipikirkan oleh sebagian orang.

Memang benar kalau olahraga banyak menyedot energi, namun semua itu tidak sebanding dengan manfaat olahraga di bulan puasa.

Agar tidak membuat kita dehidrasi dan lemas akibat berkurangnya energi, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa?

Dalam sebuah studi berjudul Olahraga di Bulan Puasa, disebutkan kalau waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah satu hingga setengah jam sebelum berbuka puasa.

Kalau adzan maghrib berkumandang pukul 6 sore, kamu bisa berolahraga pukul 5 atau setengah 6 sore.

Lantas, apa alasannya?

Berolahraga pasti menyebabkan cairan di dalam tubuh menyusut. Apabila melakuka olahraga terlalu lama, dikhawatirkan tubuhmu akan kekurangan cairan dan berimbas pada terjadinya dehidrasi.

Dilakukannya olahraga mendekati waktu buka puasa dimaksudkan agar tubuhmu tidak perlu waktu lama untuk menunggu masuknya asupan cairan.

Fungsi cairan bagi tubuh juga bisa mengembalikan suhu badan normal setelah berolahraga.

Jenis Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga saat berpuasa aman dilakukan bahkan sangat direkomendasikan agar tubuh tetap prima, meningkatkan mood, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, jangan terlalu memforsir tubuh karena hal tersebut bisa menyebabkan tubuhmu lemas.

Sebaiknya, lakukanlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga, bahkan lebih bagus lagi apabila kamu melakukan olahraga yang menenangkan jiwa serta pikiran. Ada beberapa jenis olahraga di bulan puasa yang disarankan nih, di antaranya adalah:

  • Senam ringan
  • Jalan kaki
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Spinning
  • Treadmill
  • Yoga
  • Pilates
  • Body balance

Tips Berolahraga di Bulan Puasa

Meski olahraga sangat disarankan, tapi jangan sampai olahraga membuat kamu dehidrasi hingga pingsan bahkan dilarikan ke rumah sakit. Bukan menjadikan tubuhmu sehat, justru olahraga bisa menjadi bumerang bagi tubuhmu sendiri.

Olahraga harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh dengan persiapan. Maka dari itu, agar tidak mempengaruhi puasamu, ada beberapa tips berolahraga di bulan puasa nih, seperti:

  • Memperhatikan asupan makanan

Asupan makanan harus tercukupi agar tubuhmu tidak lemas. Misalnya, karbohidrat (6-10 gram/kg berat badan), protein (1,2 gram/kg berat badan), dan lemak (20-30% dari jumlah keseluruhan asupan energi).

  • Memenuhi asupan cairan

Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik, minimal 8 gelas sehari. Aplikasikan aturan 2-2-2-2 yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah tarawih, 2 gelas sebelum tdiur.

  • Memilih olahraga ringan

Sebaiknya lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, treadmill, atau bersepeda. Di sisi lain, kamu juga bisa memilih olahraga yang melibatkan jiwa dan pikiran agar emosi selalu stabil.

  • Memilih waktu yang tepat untuk olahraga

Penting untuk memilih waktu tepat untuk berolahraga agar tubuhmu tidak lemas. Sangat disarankan untuk berolahraga satu hingga setengah jam sebelum berbuka puasa agar manfaat olahraga di bulan puasa bisa kamu rasakan.

Jangan terlalu fokus pada tubuh secara keseluruhan, mata juga termasuk anggota tubuh yang harus dijaga kesehatannya, lho! Tidak dapat dipungkiri bahwa intensitas bermain gadget melonjak drastis saat memasuki bulan puasa sebab kita terlalu malas untuk melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, kesehatan mata harus dijaga sebab kita akan lebih sering membaca Al Quran yang membutuhkan penglihatan yang jernih, fokus, dan tajam. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi vitamin mata seperti Eyebost nih.

Diformulasikan dari ekstrak bilberry, wortel, bunga marigold, dan madu asli yang kaya akan vitamin A, C, E, antioksidan, senyawa lutein, dan betakaroten, membuat Eyebost menjadi vitamin mata yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.

Ingin mata yang lebih sehat demi kelancaran puasamu? Konsumsi Eyebost, yuk! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi