Kesehatan

Bingung Cara Mengatasi Mata Perih? Intip 7 Cara Mengatasi dan Mencegahnya Di Sini!

/

by Shaffi Kareem


Berbagai headline berita nasional dan internasional dipenuhi dengan topik polusi udara Jakarta yang kian memburuk. Satu hari setelah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, tepatnya tanggal 18 Agustus 2023, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 152 atau tidak sehat.

Bukan hanya ancaman bagi kesehatan paru-paru saja nih teman mata, melainkan juga kesehatan mata. Polusi udara meningkatkan risiko munculnya gangguan mata seperti mata merah.

Kalau sudah terjadi, alangkah baiknya kita mencari tahu cara mengatasi mata perih supaya gangguan mata tidak berlarut-larut bahkan bertambah parah.

Dari sekian banyak cara, kita harus tahu cara mengetahui mata perih secara alami sebagai bentuk pertolongan pertama dan minim efek samping. Selain itu, cara ini terbilang lebih murah dan mudah untuk dilakukan, lho.

Kamu mau tahu cara apa saja sih yang bisa kita lakukan di rumah?

Temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini, ya!

Mata Perih dan Penyebabnya

Di sela-sela melakukan aktivitas, akan sangat annoying alias menyebalkan kalau tiba-tiba mata terasa tidak nyaman atau perih. Selain membuyarkan fokus saat beraktivitas, muncul rasa ingin mengucek mata terus menerus untuk meringankan gejala yang dirasakan.

Berbeda dengan nyeri mata, umumnya mata perih hanya terjadi pada permukaan mata saja. Jadi, kamu mungkin akan merasakan sensasi panas, gatal, dan goresan pada bagian mata terluar.

Bagaimanapun, mata perih bukan seperti gangguan mata lainnya yang mungkin didominasi oleh kelompok usia tertentu. Semua orang di segala usia berisiko mengalami mata perih, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia sekalipun.

Kendati demikian, kebanyakan penyebabnya bisa hilang dengan sendirinya bahkan tanpa perawatan khusus sekalipun. Melansir dari laman Healthline, beberapa penyebab mata perih yang umum dialami adalah seperti:

  • Masuknya benda asing di dalam mata
  • Konjungtivitis atau mata belekan
  • Iritasi akibat softlens
  • Abrasi kornea atau goresan pada permukaan mata
  • Trauma atau luka
  • Peradangan pada kelopak mata (blefaritis)
  • Bintitan 

Meskipun penyebab mata perih tidak berbahaya, bukan berarti gangguan mata yang satu ini boleh disepelekan. Kamu harus tahu kalau mata perih yang berkepanjangan bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter spesialis mata kalau kondisi mata tidak kunjung membaik supaya dokter bisa mendiagnosis dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi gangguan mata yang kamu alami.

Cara Mengatasi Mata Perih Secara Alami

Saat mata perih menyerang, mengucek mata akan terasa sangat nyaman. Namun, ketahuilah kalau rasa nyaman setelah mengucek mata hanya bersifat sementara saja dan tidak menyembuhkan mata perih yang kamu alami.

Jadi, ada beberapa cara mengatasi mata perih secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah nih, teman mata, di antaranya adalah:

1. Kompres dingin

Kompres dingin bukan cuma bisa mengatasi demam atau bengkak saja lho, teman mata. Ternyata, kompres dingin juga bisa dilakukan untuk meringankan gejala mata perih, nih.

Efek dingin yang diberikan oleh es atau air dingin memberikan rasa nyaman pada mata yang terdampak.

Beberapa sumber mengatakan kalau kompres dingin merupakan cara mengatasi mata perih karena bawang. Sebagian yang lain menyebutkan kalau metode ini merupakan cara mengatasi mata perih akibat las.

2. Kompres hangat

Kompres hangat berfungsi untuk melancarkan aliran darah di mata guna meringankan gejala mata perih. Selain itu, kompres hangat akan membantu mata kamu lebih rileks, lho.

Pada pengaplikasiannya, kompres hangat hampir sama dengan kompres dingin. Yang membedakannya adalah penggunaan jenis airnya saja, yaitu air dingin dan air hangat.

Cara melakukannya pun simpel. Pertama, siapkan kain lembut dan air hangat. Kedua, celupkan kain ke dalam air hangat, kemudian peras dan letakkan di atas mata tertutup selama beberapa menit.

3. Kompres kantung teh

Teh hangat paling cocok diminum saat pagi hari. Selain menghangatkan tubuh, teh juga bisa digunakan untuk meredakan mata perih.

Cara mengatasi mata perih yang satu ini sangat sederhana sampai-sampai kamu pasti bisa melakukannya sendiri di rumah by your own. Cara ini sangat cocok diaplikasikan untuk mata perih dengan derajat keparahan ringan.

4. Larutan saline

Mengatasi Mata Perih

Saline atau garam steril dipercaya dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi mata perih akibat kuman atau mikroorganisme yang ‘mampir’ ke permukaan mata sebab sifat antibakteri yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, larutan saline merupakan cara mengatasi mata perih akibat mata kering serta membantu kita membersihkan bagian luar mata.

Untuk mengaplikasikan cara mengatasi mata perih yang satu ini, kamu bisa meneteskan larutan saline pada permukaan mata yang mengalami infeksi setidaknya 3-4 kali sehari, lalu keringkan menggunakan tisu dengan hati-hati.

Selain itu, hindari menyentuh bahkan mengucek mata sebelum kamu mencuci tangan agar infeksi tidak bertambah parah.

5. Air mata buatan

Cara mengatasi mata perih selanjutnya adalah air mata buatan atau yang disebut juga dengan artificial tears. Terkemas dalam bentuk obat tetes mata, air mata buatan cenderung ‘ringan’ kandungannya.

Umumnya, air mata buatan berfungsi meringankan gejala mata kering dan iritasi akibat berbagai kondisi, seperti halnya penggunaan softlens.

Baca Juga: 4 Penyebab Mata Perih Berbahaya, Bisa Mengancam Nyawa!

Buat kamu yang mengalami mata kering akibat softlens, mata kering yang kamu alami bisa diatasi dengan cepat menggunakan artificial tears.

Oleh sebab itu, dikatakan kalau pemberian air mata buatan merupakan salah satu cara mengatasi mata perih saat memakai softlens yang patut kamu pertimbangkan.

Bagaimana pun, obat jenis ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotik tanpa resep dokter. Meskipun demikian, air mata buatan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang ya, teman mata.

6. Humidifier

Humidifier berasal dari bahasa Inggris yang artinya pelembab. Berbeda dengan pelembab wajah, humidifier mengacu pada sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk melembabkan udara pada suatu ruangan.

Kenapa penggunaan humidifier penting?

For your information, kelembaban ruangan berkaitan langsung dengan terjadinya mata kering, lho. Udara yang kering terutama dalam ruangan ber-AC bisa mempercepat penguapan air mata yang melumasi permukaan mata.

Basically, air mata dikeluarkan secara alami oleh mata untuk melumasi atau menghidrasi permukaan mata agar tidak kering. Proses keluarnya air mata terjadi setiap kali mata kita berkedip.

Akan tetapi, peran air mata tidak dapat bekerja dengan semestinya ketika udara di dalam ruangan kering seperti halnya pada ruangan ber-AC. Hal ini mengakibatkan mata kering menyerang mata.

Oleh karena itu, penting sekali untuk meletakkan humidifier dalam ruangan ber-AC untuk menghindari risiko terjadinya mata kering.

7. Istirahatkan mata

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mengistirahatkan mata?

Bisa dikatakan kalau mengistirahatkan mata berarti memberikan waktu sebentar untuk merilekskan mata dari paparan gawai atau gadget seperti hp, laptop, TV, dan lain sebagainya.

Tidak harus lama, kamu bisa mengistirahatkan mata dengan mengaplikasikan aturan 20-20-20 yang dikembangkan oleh Jeffrey Anshel, seorang optometrist kenamaan asal California.

Maksud dari aturan ini sendiri adalah mengistirahatkan mata setiap 20 menit menatap layar gawai dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Ketahuilah, hal ini sangat krusial bagi kita yang hidup di era digital seperti saat ini. Kejadian mata lelah kian melonjak tinggi akibat penggunaan gadget yang kurang bijak. Diharapkan, mengistirahatkan mata bisa menjadi cara mengatasi mata perih dan pusing yang dipicu oleh mata lelah.

Jadi, gimana? Cara mengatasi mata perih karena hp yang satu ini sangat effortless kan, teman mata?

Apakah Mata Perih Bisa Dicegah?

Permukaan mata tidak mungkin bisa lepas dari risiko terkena gangguan mata. Hal ini diakibatkan oleh posisinya yang selalu terbuka, lingkungan sekitar, pekerjaan, bahkan gaya hidup.

Setelah membahas mengenai cara mengatasi mata perih, jangan lupa untuk mencegah mata perih itu sendiri. Jadi, kalau ditanya mengenai apakah mata perih bisa dicegah? Maka, jawabannya adalah bisa!

Sebagian dari kamu mungkin berada dalam situasi yang tidak bisa lepas dari risiko terkena gangguan mata seperti mata perih. Akan tetapi, kita bisa melakukan beberapa upaya untuk mencegahnya, lho.

Bagaimanapun, beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam pencegahan mata perih adalah seperti:

  • Gunakan pelindung mata. Para pekerja yang setiap hari bersinggungan dengan alat penuh risiko seperti las, maka jangan lupa untuk menggunakan pelindung mata supaya percikan api dan cahaya yang ditimbulkan tidak memicu mata perih.
  • Jaga kebersihan softlens. Meski terdengar simpel, penggunaan softlens harus diperhatikan dengan betul, salah satunya perihal kebersihan. Menjaga kebersihan softlens berarti mencegah datangnya bakteri penyebab infeksi dan mata perih.
  • Batasi penggunaan gadget. Penggunaan gadget memang tidak bisa dihentikan begitu saja. Idealnya, aktivitas online dilakukan selama 4 jam 17 menit dalam sehari kalau tidak ingin fungsi otak terganggu.
  • Penuhi asupan cairan. Dengan minum air 2 Liter sehari, itu berarti kamu mencegah terjadinya mata perih. Selain itu, minum air cukup juga dianggap sebagai cara mengatasi mata perih saat bangun tidur, nih.
  • Jangan lupa berkedip. Mata kering akibat gadget bisa dicegah dengan berkedip. Kok bisa? Dengan berkedip, itu berarti kamu membiarkan permukaan mata terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari risiko mata kering.
  • Menerapkan pola hidup sehat. Inilah saatnya kita mulai memperhatikan kesehatan tubuh, khususnya mata dengan cara menerapkan healthy lifestyle.

However, pola hidup sehat mencakup banyak hal. Hal-hal ini menyangkut apa-apa yang kamu lakukan untuk membuat tubuhmu selalu sehat, mulai dari memperhatikan asupan makanan, memenuhi asupan cairan, tidur cukup, berolahraga, dan bijak menggunakan gadget.

Eitssss ada satu yang kelupaan nih, teman mata!

Ya, betul sekali. Vitamin mata Eyebost?

Apa itu Eyebost?

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin yang diformulasikan secara khusus untuk memelihara kesehatan mata agar penglihatan tetap jernih, tajam, dan fokus, serta terhindar dari berbagai jenis gangguan mata termasuk mata perih.

Kandungannya tidak main-main. Ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, madu asli, dan flavour blueberry memperkaya kandungan Eyebost yang dipenuhi dengan beragam jenis antioksidan seperti antosianin, lutein, flavonoid, polifenol, dan vitamin A, C, dan E.

Madu Eyebost, sebutan lain untuk vitamin mata Eyebost, terbuat hanya dari bahan-bahan 100% alami tanpa pengawet sedikitpun. Jadi, vitamin mata ini sangat aman dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak di atas usia 2 tahun, remaja, dewasa, bahkan kakek-nenek.

Ayo, buruan pesan vitamin mata Eyebost yang asli hanya di website resminya sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi