Lifestyle

4 Resep Aneka Kue Lebaran Anti Gagal yang Wajib Ada Setiap Tahun

/

by Shaffi Kareem


Hadirnya hidangan khas lebaran seperti opor ayam membuat suasana lebaran semakin hangat dan berkesan. Dinikmati bersama keluarga tercinta, makanan semacam ini memiliki makna tersendiri bagi yang menyantapnya.

Kendati demikian, opor ayam bukan satu-satunya hidangan khas lebaran yang dirindukan. Aneka kue lebaran yang berjejer di atas meja menjadi pemandangan indah yang hanya dapat dilihat satu tahun sekali.

Ngomong-ngomong soal aneka kue lebaran, sebagian orang memilih untuk membuatnya sendiri di rumah ketimbang harus membeli di toko. Bukan persoalan biaya, membuat kue lebaran di rumah adalah tentang mengisi waktu luang bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan khawatir, buat kamu yang berencana membuat aneka kue lebaran sendiri, artikel ini akan membeberkan beberapa resep aneka kue lebaran klasik yang memanjakan lidah. Di samping itu, kita juga akan membahas mengenai sejarah lebaran dan kue kering itu sendiri.

Baca artikel ini sampai titik terakhir ya, teman mata!

Sejarah Lebaran dan Kue Kering

aneka kue lebaran

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai resep aneka kue lebaran, kita akan mengupas sejarah lebaran dan kue kering mengingat makanan khas lebaran yang satu ini tidak pernah absen dari pandangan setiap lebaran.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik, Nomor 8 Paling Fresh!

Pada zaman dahulu, kue kering tercipta secara tidak sengaja oleh bangsa Persia atau yang lebih dikenal dengan Iran pada abad ke-7. Lalu, bagaimana awal mulanya?

Penemuan ini terjadi ketika seorang pembuat kue merasa kesulitan untuk menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang. Sebagai bahan percobaan, sedikit adonan dijatuhkan ke dalam oven.

Tidak disangka-sangka, adonan yang dijatuhkan tersebut mengembang dan memiliki tekstur yang renyah. Yup, penemuan inilah yang memprakarsai kue kering di seluruh dunia.

Berbeda dari zaman sekarang, dahulu kue kering adalah makanan mewah yang hanya dapat dinikmati oleh kaum bangsawan. Sampailah pada abad ke-14, para pedagang muslim membawa dan menyebarkan kue kering ke tempat persinggahan, termasuk benua Eropa. Akhirnya, kue kering dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Sebenarnya, kue kering memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggemarnya. Kue jenis ini cenderung lebih awet dan memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bekal pada saat bepergian dalam jangka waktu yang lama.

Di Indonesia sendiri, kue kering muncul pada masa pendudukan Belanda. Masa-masa tersebut memungkinkan penyerapan budaya atau tradisi budaya Eropa ke budaya Indonesia, tak terkecuali kuliner.

Didominasi oleh kaum muslim, hadirnya kue kering sebagai kue lebaran tidak dapat dilepaskan begitu saja. Perubahan selera makanan mulai muncul, khususnya antara kue kering dan kue basah.

Mereka beranggapan bahwa kue basah berbahan dasar tepung beras, ketan, sagu, dan sebagainya cenderung memiliki tekstur yang lengket dan tidak seawet kue kering. Pengaruh ini ada sampai detik ini sehingga tidak heran kalau kue kering menjadi kue andalan saat lebaran.

Resep Aneka Kue Lebaran

aneka kue lebaran

Setelah kita membahas mengenai sejarah lebaran kue kering, selanjutnya kita akan membahas mengenai resep aneka kue lebaran nih, teman mata.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sudah ada begitu banyak inovasi aneka kue lebaran. Kendati demikian, ada beberapa jenis kue lebaran klasik yang wajib ada selama lebaran.

Berikut di bawah ini empat aneka kue lebaran yang dapat kamu coba eksekusi sendiri di rumah untuk persiapan lebaran nanti:

1. Nastar

Siapa sih yang nggak kenal nastar?

Kue lebaran yang satu ini harus banget ada di meja kalian saat lebaran. Nastar adalah kue kering yang dengan adonan tepung gurih manis yang diisi dengan selai nanas yang manis dan sedikit asam.

Siapa sangka, membuat kue nastar tidak sulit, lho. Kamu hanya perlu mengikuti resep di bawah ini untuk membuat nastar yang legit dan gurih.

Bahan-bahan:

  • 100 gram margarin
  • 150 gram mentega
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 20 gram susu bubuk full cream
  • 80 gram gula halus (disaring)
  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram maizena
  • Selai nanas secukupnya (dibulat-bulat untuk isian)

Bahan Olesan:

  • 1 sdm susu cair
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 1 tetes pewarna makanan kuning

Cara Membuat:

  • Biarkan mentega dalam suhu ruang sampai agak lunak.
  • Siapkan wadah. Masukkan margarin, mentega, dan gula halus dengan mixer kecepatan rendah hingga semuanya menyatu. Lalu, tambahkan kuning telur satu per satu dan aduk hingga semua tercampur rata.
  • Ayak tepung terigu dan maizena, kemudian masukkan secara perlahan ke dalam campuran mentega hingga kalis. Masukkan ke dalam kulkas selama beberapa saat apabila adonan dirasa lembek.
  • Bulat-bulatkan adonan dan pipihkan, kemudian isilah dengan selai nanas. Bentuk adonan menjadi bola kembali.
  • Letakkan bola-bola nastar di atas loyang oven, kemudian panggang selama 10 menit dengan suhu 150 C. Keluarkan dari oven dan biarkan beberapa saat hingga agak hangat.
  • Olesi nastar bagian atas dengan bahan olesan dengan menggunakan kuas kue hingga rata. Panggang lagi selama 20 menit sampai adonan matang merata.
  • Nastar yang telah matang dan didinginkan siap dimasukkan ke dalam toples kue dan disajikan di atas meja sebagai kue lebaran.

2. Kastengel

Buat kamu yang doyan makanan gurih, kastengel will save your day banget, nih!

Kastengel adalah salah satu aneka kue lebaran yang memiliki cita rasa gurih keju dengan tekstur yang renyah. Makan berapapun nggak akan bosan, deh.

Buat kamu yang tertarik bikin kastengel sendiri di rumah, ikuti resep kastengel anti gagal di bawah ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 300 gram mentega
  • 50 gram margarin
  • 500 gram terigu segitiga
  • 250 gram keju cheddar (diparut)
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm maizena
  • 2 butir kuning telur ayam

Bahan Olesan:

  • Keju cheddar secukupnya (diparut)
  • 2 butir kuning telur ayam

Cara Membuat:

  • Siapkan wadah, kemudian campurkan margarin dan mentega menggunakan mixer hingga semuanya tercampur rata dan memiliki tekstur yang lembut.
  • Masukkan kuning telur ke dalam campuran mentega dan margarin. Campur semua hingga rata.
  • Tambahkan maizena, keju, dan susu bubuk. Aduk hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu secara perlahan. Setelah rata, biarkan adonan kastengel selama 15 menit.
  • Cetak adonan sesuai selera dan tempatkan di atas loyang oven yang beralaskan kertas roti. Oles bagian atas adonan dengan kuning telur dan taburkan keju parut.
  • Panggang kastengel selama 35 menit dalam suhu 160 C.
  • Keluarkan kastengel dari oven dan masukkan ke dalam toples kue apabila sudah dingin. Kue kastengel siap dinikmati.

3. Putri Salju 

aneka kue lebaran

Aneka kue lebaran tidak lengkap rasanya tanpa kue yang satu ini. Namun, tahukah kamu kenapa kue ini disebut sebagai putri salju?

Yup, apalagi kalau bukan tampilannya yang cantik dan berselimut serbuk gula yang menyerupai salju. Sudah pasti, kue putri salju memiliki rasa yang manis dan gurih yang berasal dari kacang.

Daripada membeli di luar, membuat kue putri salju dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang selama persiapan lebaran di rumah, lho. Mau tau bagaimana cara membuatnya? Simak resep di bawah ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 3 buah kuning telur ayam
  • 300 gram mentega
  • 100 gram gula bubuk (diayak)
  • 200 gram kacang mete panggang (dihaluskan)
  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram maizena
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • Gula halus secukupnya (untuk taburan)

Cara Membuat:

  • Kocok gula bubuk dan mentega yang telah dibiarkan dalam suhu ruang hingga lunak. Tambahkan kuning telur dan campurkan hingga merata.
  • Tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk bertahap dan aduk hingga adonan lembut. Kemudian, cetak adonan sesuai selera.
  • Siapkan loyang oven dan susun adonan yang telah dicetak di atasnya. Panggang selama 20 menit dengan suhu 150 C.
  • Keluarkan kue dari oven dan selimuti kue dengan gula halus hingga merata selagi panas.
  • Kue putri salju siap menemani hari lebaran spesial kamu.

4. Lidah Kucing

Seperti namanya, aneka kue lebaran yang satu ini memiliki bentuk lonjong panjang menyerupai lidah kucing. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah membuat semua orang tidak bisa berhenti ngunyah.

Agar lebih puas, aneka kue lebaran yang satu ini bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Kamu hanya perlu mengikuti setiap langkah pada resep di bawah ini untuk membuat kue kucing yang anti gagal!

Bahan-bahan:

  • 100 gram butter
  • 150 gram margarin
  • 150 ml putih telur
  • 180 gram tepung terigu
  • 30 gram maizena
  • 250 gram gula halus
  • 30 gram susu bubuk

Cara Membuat:

  • Adonan 1: masukkan putih telur dan gula halus ke dalam wadah dan kocok sampai mengembang menggunakan mixer.
  • Adonan 2: siapkan wadah, masukkan margarin, butter, tepung terigu, susu bubuk, dan maizena. Campurkan hingga adonan bertekstur creamy menggunakan bantuan mixer.
  • Campurkan adonan 1 dan 2 menggunakan mixer, kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga.
  • Semprotkan adonan kue lidah kucing di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin membentuk oval memanjang.
  • Panggang selama 30-40 menit atau hingga adonan kering namun tidak gosong.
  • Kue lidah kucing siap disantap sebagai camilan khas lebaran.

Nah, itu dia empat resep aneka kue lebaran yang tidak boleh dilewatkan setiap lebaran. Selain itu, masih banyak kok aneka kue lebaran unik dan mudah dibuat yang lainnya.

Tidak dapat dipungkiri kalau kue lebaran memang bikin suka lupa diri. Sebentar aja nggak terasa kalau sudah menghabiskan satu toples. Eitsss, meskipun rasanya enak, jangan sampai makan berlebihan ya, tenman mata.

Makan kue kering berlebihan dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh tingginya kadar gula, lemak, dan tepung di dalamnya. Berbagai penyakit seperti jerawat, jantung dan stroke, masalah pada memori otak, depresi, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Kalau dibiarkan begitu saja, tidak mustahil penyakit lainnya bermunculan, misalnya penyakit mata. Selain mengurangi makanan manis, kita juga membutuhkan Eyebost sebagai vitamin mata harian untuk memastikan penglihatan senantiasa sehat, jernih, tajam, dan fokus.

Terbuat dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli, Eyebost dilengkapi dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata, seperti vitamin A, C, E, dan antioksidan antosianin, lutein, polifenol, dan flavonoid. 

Dibuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, semua kalangan usia mulai dari anak-anak di atas usia 2 tahun hingga lanjut usia diperbolehkan mengonsumsi Eyebost setiap hari tanpa efek samping nih, teman mata.

Dalam rangka menyambut lebaran, yuk pastikan mata selalu sehat dengan minum 2 sendok Eyebost setiap hari!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi