Kesehatan

10+ Akibat Lebih Produktif pada Malam Hari yang Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

/

by Shaffi Kareem


By the way, kamu tipe orang yang produktif pada siang atau malam hari nih, teman mata?

Kenyataannya, ada sebagian orang yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya pada siang hari untuk beraktivitas.

Akan tetapi, sebagian yang lain menganggap kalau mereka lebih produktif pada malam hari.

Pada kasus orang yang lebih produktif pada malam hari, hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang membuat mereka menjadi night owl.

Sebutan tersebut berlaku bagi orang yang seringkali begadang karena merasa lebih produktif dan efektif bekerja saat malam hari.

Tapi, apa sih alasan mereka menjadi Lebih Produktif Pada Malam Hari (night owl)?

Jadi, pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas secara lengkap dan terperinci mengenai alasan lebih produktif pada malam hari, termasuk bahaya dan bagaimana cara agar kita produktif setiap saat.

Ikuti terus pembahasan hingga usai, ya!

Alasan Lebih Produktif Pada Malam Hari

Alasan Lebih Produktif Pada Malam Hari

Pernahkah kalian mendengar apa itu early bird dan night owl?

Istilah tersebut digunakan untuk mendefinisikan orang berdasarkan waktu produktif mereka. Early bird adalah sebutan bagi orang yang bangun pagi dan cenderung banyak beraktivitas pada siang hari.

Baca Edukasi Lainnya: Penyebab Terkena Keratoconus, Ketahui Yuk!

Sebaliknya, night owl adalah istilah yang ditujukan untuk orang Lebih Produktif Pada Malam Hari. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan begadang.

Meskipun demikian, mereka begadang bukan tanpa alasan, lho. Aada beberapa alasan seseorang menjadi lebih produktif pada malam hari, di antaranya adalah:

1. Lebih rileks pada malam hari

Bagi orang yang lebih produktif pada malam hari, mereka beralasan bahwa mereka lebih rileks pada malam hari sehingga kondisi tersebut akan sangat efektif untuk bekerja dan lain-lain.

Mungkin hal ini bisa diakibatkan juga oleh peningkatan jumlah hormon kortisol. Peningkatan hormon ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki rutinitas bekerja atau berkegiatan pada malam hari.

2. Suasana lebih tenang pada malam hari

Umumnya, orang-orang beraktivitas pada pagi hingga sore hari seperti bekerja, berdagang, atau bersekolah.

Suasana ramai dan riuh jelas menyelimuti kondisi sekitar kita. Bagi orang-orang yang bekerja pada malam hari, inilah salah satu alasan mereka lebih produktif pada malam hari.

Suasana malam yang sunyi, sepi, tenang, dan minim gangguan menjadi sangat efektif untuk bekerja atau belajar lebih fokus.

Biasanya, orang-orang yang bekerja malam hari memiliki jam tidur di pagi hari. Kebalikan dari orang pada umumnya.

3. Menderita gangguan tidur

Insomnia adalah sebuah kondisi di mana penderitanya mengalami kesulitan tidur di malam hari. Kondisi ini menyebabkan kamu sulit untuk menutup mata dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk bisa terlelap.

Oleh karenanya, penderita insomnia biasanya banyak beraktivitas di malam hari. Di samping itu, ada sebuah studi dari universitas di Milan menyebutkan kalau orang yang lebih produktif di malam hari memiliki kreativitas lebih tinggi daripada yang lain.

4. Ingin bersantai di siang hari

Buat kamu yang bekerja di sebuah perusahaan, kamu mungkin kerap kali dikejar oleh deadline yang tidak ada habisnya.

Bagi orang yang lebih produktif di malam hari, mereka mungkin akan mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan sehari sebelumnya di malam hari agar esok pagi tidak terburu-buru dan masih bisa bersantai untuk sekedar menikmati secangkir kopi hangat.

5. Pola tidur berantakan

Pagi jadi malam, malam jadi pagi”. Ungkapan tersebut berlaku bagi sebagian orang yang terus terjaga di malam hari dan justru mereka beristirahat atau tidur di pagi hari.

Basically, tubuh kita sudah memiliki alarm tersendiri, termasuk kapan kita harus tidur dan kapan kita harus bangun untuk beraktivitas.

Terlalu sering terjaga dan lebih produktif di malam hari, lama kelamaan akan mengacaukan pola tidur mereka.

Akibat Lebih Produktif Pada Malam Hari

Alasan Lebih Produktif Pada Malam Hari

Tidak heran kalau orangtua kita terutama ibu sering sekali mengomel untuk tidak begadang. Ternyata, begadang memang tidak baik untuk kesehatan kalau dilakukan secara terus menerus, lho!

Khususnya untuk kamu yang lebih produktif di malam hari, kamu harus tahu beberapa akibat begadang atau lebih produktif pada malam hari supaya kamu lebih aware akan kesehatan tubuhmu sendiri.

Dilansir dari laman Healthline, beberapa akibat sering begadang, meliputi

1. Sulit untuk berkonsentrasi

Saat belajar atau sedang melakukan pekerjaan, kita membutuhkan konsentrasi agar apa yang kita kerjakan cepat selesai. Kebalikannya, kekurangan waktu tidur di malam hari akan membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi.

Efek lebih jauhnya adalah pekerjaan kamu terhambat dan bisa juga mempengaruhi prestasi di sekolah bagi siswa atau mahasiswa.

2. Kecelakaan

Risiko mengalami kecelakaan mobil atau motor kian mneingkan saat kamu lebih produktif di malam hari. memang mnegerikan, namun hal ini bisa menjadi pengingat diri kalau kita harus memenuhi hak tubuh kita untuk berisitirahat.

Peristiwa ini bisa terjadi karena kekurangan waktu tidur akan membuat kamu mnegantuk sepanjnag hari dan akan sangat berbahaya saat kamu berkendara.

3. Tekanan darah tinggi

Sate kambing dan durian adalah dua penyebab naiknya tekanan darah atau hipertensi yang sering kita dengar. Akan tetapi, lebih produktif di malam hari merupakan penyebab hipertensi yang kerap kali diabaikan.

Mereka yang tidur kurang dari 5 jam pada malam hari berisiko mengalami hipertensi sebab tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol secara berlebih di mana hormon adrenalin menyebabkan denyut jantung lebih cepat.

Sedangkan hormon kortisol akan memicu peningkatan kadar glukosa atau gula di dalam darah. Kedua hal tersebut yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Berat badan meningkat

Kalau ada sebagian dari kamu yang heran kenapa berat badan terus meningkat padahal sedikit makan, kamu harus introspeksi apakah kamu sering begadang.

Begadang atau lebih produktif pada malam hari bisa menurunkan jumlah hormon leptin yang bertugas untuk mengendalikan nafsu makan dan pengeluaran energi, serta peningkatan hormon ghrelin yang membuat kamu mudah lapar.

Di samping itu, begadang akan mengganggu atau menghambat pembakaran kalori dan metabolisme tubuh. Pada dasarnya, tubuh kita akan membakar kalori sebanyak 5-20% saat kita tidur.

5. Penyakit jantung

Di Indonesia, penderita penyakit jantung cukup tinggi yaitu nyaris 3 juta penduduk. Bisa dikatakan kalau 15 dari 1000 orang dipastikan menderita penyakit jantung.

Ada banyak faktor yang memicu kondisi ini dan salah satunya adalah lebioh produktif pada malam hari.

Saat kamu kurang tidur, tubuhmu berisiko mengalami peningkatan tekanna darah dan senyawa kimia yang memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh. Keduanya berperan dalam munculnya penyakit jantung.

6. Kehilangan keseimbangan

Alasan Lebih Produktif Pada Malam Hari

Kurang tidur akibat lebih propduktif pada malam hari bisa berakibat pada hilangnya keseimbangan tubuh dan koordinasi antar anggota tubuh.

Akibatnya, tubuh kamu mudah goyah atau tidak seimbang dan sangat memungkinkan tubuhmu rentan jatuh dan berbagai kecelakaan fisik lainnya.

7. Perubahan mood

Salah satu akibat lebih poroduktif pada malam hari adalah perihal perubahan mood yang menignkat. Kalau kamu kekurangan tidur, kamu akan lebih emosional dan mudah tersulut emosi.

Pada tingkat keparahan tinggi, kurang tidur menignkatkan risiko terjadinya gangguan kecemasan atau depresi.

8. Sistem kekebalan menurun

Saat kurang tidur, tubuhmu memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang menurun sehingga tubuh tidak mampu untuk melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, parasit, dan sejenisnya.

Biasanya, kondisi ini mengakibatkan kamu mudah terserang cold dan flu. Jadi, kalau kamu merasa mudah terserang suatu penyakit, mungkin saja sebenarnya kamu kurang tidur ya, teman mata.

9. Diabetes

Lebih produktif pada malam hari yang mengakibatkan kamu kurang tidur, bisa mengakibatkan tubuhmu terserang diabetes, lho! Kok bisa?

Jadi, saat kamu kurang tidur, tubuhmu akan melepaskan atau menghabislkan lebih banyak insulin. Hal ini mengacu pada tingginya kadar gula dalam darah sehingga risiko terkena diabetes tipe-2 pun meningkat.

10. Kesulitan dalam mengingat

Saat kita tidur, ternyata organ tubuh kita mengalam berbagai perbaikan, termasuk otak kita. Selama kita tidur, otak akan membangun koneksi yang berfungsi untuk memproses dan menginagt informasi-informasi baru.

Akan tetapi, saat kamu kurang tidur karena lebih produktif pada malam hari, hal ini akan mempengaruhi ingatan jangka pendek (short-term memory) dan panjang (long-term memory).

11. Libido rendah

Orang-orang yang lebih poroduktif pada malam hari sehingga mengakibatkan kurang tidur akan menyebabkan penurunan libido atau gairah seksual.

Pada pria, kruang tidur akan mengakibatkan tingkat hormon testosterone menurun, di mana hormon ini mempengaruhi gairah seksual atau libido.

Cara Agar Produktif Setiap Saat

Alasan Lebih Produktif Pada Malam Hari

Buat kamu yang masih sering begadang dan lebih produktif di malam hari, kamu harus mulai membiasakan diri untuk produktif setiap saat. Sebab, begadang yang dilakukans ecara terus menerus tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Dilansir dari lama Forbes, ada beberapa tips nih agar kamu selalu produktif sepanjang hari, di antaranya adalah:

  • Gunakan pagimu untuk me-time. Sambut pagimu dengan jamuan sarapan yang menggugah selera, membaca berita, meditasi, ataupun berolahraga.
  • Perbaiki to-do-list harianmu. Semakin banyak list harianmu, hal itu akan membuatmu lebih lelah dan malas. Sebaiknya, tulislah hal-hal yang memang penting saja ya, teman mata.
  • Istirahat lebih lama. Saat sudah terlalu lama bekerja, kepalamu akan akan terasa pening. Ambillah waktu istirahatmu dengan makan siang enak, berjalan-jalan, atau sekedar bermeditasi.
  • Terapkan aturan 80/20. Aturan ini bertujuan untuk mengeliminasi hal-hal yang tidak begitu penting. Misalnya, kamu ada suatu project, kemudian uraikan emnjadi beberapa tahap. Kalau rangkaian step telah mencapai 20% namun menghasilkan 80% dari hasil keseluruhan, maka kamu bisa menghapus step-step di bawahnya.
  • Selesaikan pekerjaan tersulit sebelum jam makan siang. Saat pagi hari, otakmu masih fresh dan memudahkanmu untuk mengerjakan pekerjaan terseulitmu. Untuk pekerjaan lainnya, kamu bisa lakukan setelah jam makan siang.
  • Membangun sebuah sistem. Kalau kamu terbiasa melakukan hal-hal yang mencegahmu untuk produktif sepanjang hari, kamu bisa mulai membuat sebuah sistem perbaikan diri. Misalnya, hindari mengecek email pada pagi hari dan fokuskan untuk me-time.
  • Berhentilah multi-tasking. Bergantian melakukan 10 pekerjaan setiap hari bisa membuat rata-rata IQ mu menurun sebanyak 10 poin. Melakukan pekerjaan satu per satu akan lebih efisien dan efektif untukmu.
  • Jangan malas. Tidak bisa dipungkiri kalau rasa malas merupakan kontributor nomor satu dalam mencegah tubuhmu untuk produktif.

Begitu banyak orang yang masih struggle untuk selalu produktif setiap hari, entah untuk bekerja atau sekdar belajar atau menyelesaikan pekerjaan.

Mulailah untuk membuat hari-harimu lebih produktif karena lebih banyak produktif pada malam hari atau begadang bisa berakibat buruk bagi tubuhmu, salah satunya efek pada mata.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kurang tidur di malam hari bisa mengakibatkan kantuk keesokan harinya. Selain itu, kalau kamu begadang semalaman dengan menatap layar gawai, sangat mungkin kalau matamu menalami gangguan mata.

Oleh karenanya, kamu harus menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bergizi, memenuhi asupan cairan, berolahraga rutin, dan minum vitamin mata seperti Eyebost.

Vitamin mata Eytebost terbuat dari ekstrak bilberry, wortel, bunga marigold dan madu yang mengandung antioksdian, senyawa lutein, dan beragam vitamin seperti A, C, dan E yang membuat matamu senantiasa sehat, jernih, tajam, dan fokus setiap hari.

Tunggu apalagi nih, teman mata? Yuk, konsumsi vitamin mata Eyebost sekarang juga! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi