Lifestyle

6 Tips Persiapan Open House Lebaran yang Tak Boleh Dilewatkan

/

by Shaffi Kareem


Lebaran di Indonesia adalah momen yang sarat akan tradisi. Bahkan, vibes lebaran terasa sebelum hari kemenangan tiba, seperti memasak hidangan lebaran bersama seluruh keluarga besar satu hari sebelum lebaran.

Tidak sampai di situ, rangkaian lebaran terasa semakin hangat dan ramai dengan adanya open house lebaran. Tradisi ini rutin dilakukan setiap tahun setelah shalat Idul Fitri, baik itu di desa maupun kota.

Tetapi, tahukah kalian apa itu open house lebaran?

Beberapa dari kita mungkin sudah sering mendengarnya, namun sepertinya belum banyak yang tau mengenai istilah ini berikut dengan serba-serbinya.

Nah, lucky you menemukan artikel ini sebab kali ini kita akan mengulas secara singkat, padat, dan jelas mengenai apa itu tradisi open house lebaran, tips persiapan open house lebaran, dan masih banyak lagi.

So, jangan lewatkan artikel yang satu ini ya, teman mata!

Tradisi Open House Lebaran

Bagi umat muslim, setidaknya ada dua perayaan besar yang dirayakan, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Keduanya memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Bagaimanapun, momen Idul Fitri menjadi yang paling meriah dan ditunggu-tunggu.

Bagaimana tidak?

Momen ini diawali dengan berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan yang semakin hangat dengan sahur, berbuka puasa, dan tarawih bersama. Kemudian, datanglah hari kemenangan pada tanggal 1 Syawal.

Di Indonesia, masyarakat menyambut dengan penuh kegembiraan, termasuk di dalamnya mudik demi berkumpul dengan sanak saudara. Pun, momen ini semakin terasa ketika datang waktunya untuk melakukan open house lebaran.

Eitsss, kamu tau nggak sih apa itu open house lebaran?

Istilah “open house” berasal dari bahasa Inggris yang artinya “buka rumah”. Dalam kamus Merriam-Webster, open house merupakan sebuah kata benda (noun) yang artinya keramahtamahan atau hiburan informal yang siap dan biasanya sifatnya nonformal untuk semua tamu yang datang.

Masyarakat Indonesia menggunakan istilah open house lebaran untuk mendefinisikan momen menyiapkan rumah sebagai tempat berkumpul bersama sanak saudara, tetangga, dan sahabat, berikut mempersiapkan hidangan atau jamuan dan hiburan lainnya.

In the beginning, acara semacam ini hanya dilangsungkan di lingkungan perkantoran atau pemerintahan saja. Namun, kini tradisi open house dilakukan oleh semua kalangan masyarakat secara turun temurun, baik di desa maupun kota.

Tips Persiapan Open House Lebaran

Open house lebaran merupakan momen yang sama sekali tidak boleh dilewatkan, pun ketika kamu pada akhirnya mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah, momen ini harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk menjamu semua tamu yang datang.

Meskipun demikian, tahukah kamu apa saja sih yang harus dipersiapkan menjelang open house lebaran?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kado Lebaran untuk Keluarga dan Keutamaan Memberi Hadiah dalam Islam

Berikut di bawah ini merupakan enam tips persiapan open house lebaran yang harus kamu lakukan demi mendapatkan kesan yang baik di hari para tamu undangan, di antaranya adalah:

1. Bersih-Bersih Rumah

Sudah menjadi keharusan untuk membersihkan rumah sebelum open house lebaran dilakukan. Tujuannya adalah untuk membuat rumah semakin nyaman dari debu, kotoran, bahkan bau tak sedap yang mungkin muncul di sudut ruangan tertentu.

Sebaiknya, lakukan bersih-bersih rumah beberapa hari sebelum open house lebaran dilangsungkan. Gotong royong akan semakin mempercepat dan mempermudah prosesnya.

Oh iya, kamu juga dapat menambahkan dekorasi khas lebaran, memajang vas dengan bunga segar, atau menempatkan home diffuser di beberapa titik rumah, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

2. Memindahkan Perabotan

Agar para tamu semakin nyaman, rumah harus dalam kondisi rapi dari semua perabotan atau barang-barang yang tidak terpakai atau tidak pada tempat yang seharusnya, terutama jika kalian memiliki anak-anak kecil.

Memindahkan tata letak perabotan dan barang-barang dapat menjadi opsi untuk memperindah tampilan ruangan agar open house lebaran semakin berkesan.

3. Memasak Hidangan Khas Lebaran

Tidak lengkap jika open house lebaran dilangsungkan tanpa hidangan khas lebaran itu sendiri. Ini merupakan salah satu cara memanjakan lidah para tamu sebab semakin enak hidangan yang disajikan maka kesan yang didapatkan pun semakin baik.

Adapun beberapa hidangan khas lebaran yang dapat menjadi inspirasimu, meliputi rendang, sambal goreng kentang ati ampela, opor ayam, ketupat atau lontong, berbagai jenis kue, pudding, potongan buah, dan masih banyak lagi.

4. Menyiapkan Kue Kering

Open house lebaran tanpa kue kering agaknya kurang lengkap ya, teman mata. Biasanya, berbagai macam kue kering berjejer di atas meja, mulai dai nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, palm cheese, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat menyajikan coklat maupun permen untuk menarik perhatian anak-anak yang datang, lho.

5. Menyediakan Tempat Duduk

Kelancaran acara open house lebaran bukan hanya bergantung pada hidangan yang disajikan saja, melainkan juga tempat duduk yang disediakan oleh tuan rumah. Kok bisa?

Banyaknya tamu yang datang mengharuskan tuan rumah untuk menyediakan tempat duduk yang luas bagi para tamu undangan. Apabila tidak memungkinkan untuk menggunakan kursi, kamu juga dapat membentangkan karpet agar tempat duduk semakin luas. Selain itu, duduk lesehan akan semakin menghangatkan suasana, nih.

6. Membersihkan Kamar Mandi

Sepanjang acara, para tamu meminta izin untuk pergi ke kamar mandi. Oleh karena itu, membersihkan kamar mandi adalah tips persiapan open house lebaran yang sama sekali tidak boleh dilupakan.

Usahakan untuk membersihkan kloset, lantai, dan tembok kamar mandi dari kotoran dan lumut, serta memberikan pengharum kamar mandi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Finally, open house lebaran adalah momen yang sangat berkesan. Oleh sebab itu, persiapannya pun harus dilakukan sebaik mungkin.

Sebagai tuan rumah, bukan hanya tampilan rumah, kesehatan mata juga harus diperhatikan demi kelancaran acara. Dengan mata yang sehat, kita dapat memberikan jamuan dan hidangan dengan baik tanpa hambatan yang berarti.

Kamu dapat mengonsumsi vitamin mata Eyebost untuk memastikan mata tetap sehat, jernih, fokus, dan tajam, dimulai dari awal bulan Ramadan sampai hari kemenangan tiba.

Eyebost mengandung berbagai nutrisi penting untuk mata, meliputi antioksidan lutein, flavonoid, antosianin, dan polifenol, serta vitamin A, C, dan E yang berasal dari ekstrak bunga marigold, wortel, buah bilberry, dan madu asli.

Di samping itu, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan secara rutin sebab mengandung bahan-bahan 100% alami dan telah mengantongi izin BPOM dan halal MUI.

Jadi, jangan skip minum Eyebost untuk mata yang lebih sehat, ya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi