Lifestyle

Contoh Menu Sahur Dan Buka Puasa 30 Hari Kaya Nutrisi, Penyelamat Para Ibu di Bulan Ramadan

/

by Shaffi Kareem


Sahur… Sahur… Sahur…

Salah satu hal yang paling dirindukan saat bulan Ramadan adalah suasana sahur dan buka puasa. Berbeda halnya dengan hari-hari yang lain, momen sahur dan buka puasa begitu hangat dan sangat membekas.

Kedua momen tersebut pun begitu membekas di hati semua ibu di dunia. Memasak menu sahur dan buka puasa terasa sangat indah, namun tidak dapat dipungkiri bahwa para ibu harus memutar otak untuk membuat menu sahur dan buka puasa 30 hari lamanya.

Terkadang, mereka dihadapkan oleh keterbatasan ide dan mau tidak mau harus memutar otak setiap harinya untuk menambah semangat anggota keluarga yang lain saat sahur dan buka puasa.

Nah, artikel kali ini bertujuan untuk sedikit meringankan beban para ibu dengan menyusun menu sahur dan buka puasa 30 hari yang sederhana namun lezat dan bergizi.

Di samping itu, kita juga akan sedikit mengulas mengenai keutamaan sahur dan buka puasa, serta menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah. Jangan sampai skip kalau tidak mau menyesal, ya.

Keutamaan Sahur Dan Buka Puasa

menu sahur dan buka puasa 30 hari

Bangun di sepertiga malam untuk menyantap makan berat sungguh sangat menguji keimanan. Rasa kantuk yang teramat sangat kerap kali melemahkan semangat kita untuk berpuasa. Sama halnya dengan buka puasa.

Kendati demikian, tahukah kamu bahwa sahur dan buka puasa dinilai sebagai ibadah?

Dalam Islam, sahur mengandung keberkahan yang memiliki banyak kebaikan. Bahkan, makan sahur dianjurkan dan disunnahkan untuk diakhirkan. Artinya, semakin mendekati waktu adzan subuh, maka hal tersebut semakin bagus.

Bukan sembarangan, hal tersebut didasarkan atas sabda Rasulullah SAW yang berbunyi,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya:

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Kebalikan dari sahur, buka puasa dianjurkan dan disunnahkan untuk disegerakan. Jadi, ketika adzan maghrib telah berkumandang, maka kita harus segera membatalkan puasa, meskipun hanya dengan seteguk air.

Hal ini juga dikarenakan Islam melarang puasa yang dilakukan secara terus menerus tanpa berbuka. Perbuatan semacam ini disebut dengan istilah puasa wishol.

Keutamaan untuk menyegerakan berbuka bersumber pada hadits no. 658 yang diambil dari kitab Bulughul Maram. Ibnu Hajar menyampaikan hadits yang berbunyi,

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَلِلتِّرْمِذِيِّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : أَحَبُّ عِبَادِي إلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا

Artinya

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dalam riwayat Tirmidzi disebutkan dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.”

Baca Juga: Kamu Mencari Twibbon Ramadhan 2024 Gratis? Simak Cara Selengkapnya Di Sini!

menu sahur dan buka puasa 30 hari

Sebagai pengikut Rasulullah SAW, sudah sepantasnya kita mengikuti apa yang beliau perbuat, katakan, dan yakini. Inilah salah satu bukti cinta kepada Baginda Rasulullah SAW.

Dalam persoalan sahu dan buka puasa, ada baiknya kita mengetahui menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah. Harapannya, kita dapat meniru kebiasaan beliau demi mengharapkan pahala di sisi Allah.

Berikut di bawah ini merupakan lima menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah, di antaranya adalah:

1. Air Putih dan Kurma

Sesuai dengan kepribadian Rasulullah yang sederhana, hal ini tercermin juga pada menu sahur dan buka puasa yang tidak lain dan tidak bukan adalah air putih dan buah kurma.

Hal ini disampaikan oleh para sahabat yang menyaksikan kebiasaan Rasulullah saat menyantap kurma dan minum air putih. Ternyata, keduanya tidak hanya dikonsumsi selama saat sahur, melainkan juga saat berbuka puasa.

Masyaallah… 

2. Sayur dan Buah-buahan

Sejak dahulu, Rasulullah sudah mencontohkan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Adapun contoh buah-buahan yang sering dikonsumsi, seperti buah tin atau fig, menol, anggur, delima, dan zaitun.

Dari kategori sayuran, Rasulullah mengonsumsi timun, labu, bit, dan zucchini sebagai selingan dalam menu sahur dan buka puasa. Buah-buahan dan sayuran kaya akan mineral, vitamin, dan serat yang dapat menambahkan energi selama berpuasa.

3. Susu

Disebut sebagai minuman kesukaan Rasulullah SAW, susu menjadi salah satu menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah selain air putih.

Di antara banyaknya jenis susu yang ada di zaman tersebut, Rasulullah gemar minum susu kambing sebab susu kambing mengandung begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, Rasulullah menganjurkan kita sebagai umat Islam untuk mengonsumsi susu sapi.

4. Daging Domba

Asupan protein pada menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah diperoleh dari daging domba. Pada zaman Rasulullah, daging kambing banyak ditemui selain daging unta.

Bagaimanapun, manfaat daging domba tidak main-main, di antaranya yaitu menjaga kekebalan tubuh, menunjang kesehatan kulit, mencegah anemia, serta memelihara kesehatan saraf.

5. Kacang-kacangan 

Menu sahur dan buka puasa ala Rasulullah selanjutnya adalah kacang-kacangan. Faktanya, kacang-kacangan menjadi salah satu jenis bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Timur Tengah.

Di zaman tersebut, ada begitu banyak olahan kacang-kacangan, namun tharid menjadi salah satu yang paling disukai oleh Rasulullah. Perlu kamu ketahui, tharid adalah olahan kaldu dengan kacang Arab atau chickpea sebagai isian utamanya.

menu sahur dan buka puasa 30 hari

Fiuh, akhirnya sampailah kita pada topik utama kali ini yaitu menu sahur dan buka puasa 30 hari. Besar harapan kita bahwa pembahasan ini akan membantu menyudahi kebuntuan para ibu dalam menyusun menu sahur dan buka puasa 30 hari lamanya.

Di samping itu, menu sahur dan buka puasa 30 hari di bawah ini terbilang sederhana namun menggugah selera bagi siapapun yang mencium aromanya.

Nggak perlu kebanyakan pendahuluan, menu sahur dan buka puasa 30 hari akan dituangkan dalam tabel di bawah ini. Jangan lupa recook, ya!

NoMenu SahurMenu Buka Puasa
1Ayam Dadu Kalasan
Sayur Panggang
Ayam Saus Tiram
Bakwan Tahu
Kolak Pisang
2Bakwan Jamur Sayuran
Sup Bayam
Tempe Kriuk
Sambal Goreng Kerang Tahu
Es Kelapa Muda
3Cah Kailan
Telur Dadar Crispy
Sup Labu Kacang Hijau
Ayam Kriwil Belacan
Es Rujak Serut
4Sayur Lodeh Terong
Sosis Masak Pedas
Nugget Tahu Sosis
Sayur Asem Melinjo
Es Blewah
5Koloke
Bakwan Jagung
Bola-bola Nasi Uduk
Ayam Cabe Garam
Bubur Kacang Hijau
6Telur Mata Sapi
Nasi Goreng Saus Tiram
Udang Saus Tiram
Tumis Jamur Cabe Ijo
Asinan Buah
7Nasi Uduk,
Ayam Goreng Lengkuas
Oseng Tauge Kucai
Cumi Saus Padang
Sop Buah
8Salad Sayur
Beef Donburi
Pecel Lele Crispy
Tumis Tahu Saus Teriyaki
Kolak Kacang Hijau
9Cah Kangkung Telur Puyuh
Ayam Kristal
Woku Ayam
Perkedel Kentang
Es Cendol Pisang
10Soun Goreng Baso Cabe Hijau
Nugget Ayam Sayur
Gulai Cumi
Onion Rings
Es Buah
11Kripik Tempe
Sup Ikan Patin Kemangi
Sayur Daun Katuk
Ayam Pop-rock
Es Timun Suri
12Nasi Kuning Sederhana
Bihun Goreng Udang
Balado Udang
Semur Kentang Tahu
Bubur Candil
13Sup Misoa Baso Tahu
Tumis Jagung Buncis
Jamur Enoki Goreng Crispy
Soto Ayam
Kue Pisang Kenari
14Sup Jagung
Nasi Ayam Fried Chicken
Tumis Pare Teri
Baso Ayam Rambutan
Es Cincau Buah
15Nasi Kuning
Capcay Kuah
Kari SayuranSosis Telur
Kue Jongkong
16Tumis Terong Hijau
Cheese Bites
Tahu Goreng Balado
Sup Udang NanasGohu Pepaya
17Sup Daging Sapi
Tempe Kriuk
Urap Sayuran
Capcay Saus Tiram
Tart Buah
18Orak Arik Telur Sayuran
Bola-bola Ayam
Tahu Isi
Seblak Ayam Kuah
Kolak Biji Salak Kuah Santan
19Sup Sosis
Ikan Krispi Asam Manis
Nasi Uduk Gulung Telur
Bakwan Jagung Kornet
Jus Mangga
20Tahu Krispi Saus Telur Asin
Sambal Goreng Daging Sapi
Omelet Sosis Jamur
Tempe Balado Kemangi
Es Kuwut
21Sup Oyong Wortel Soun
Ayam Tangkap
Ayam Kecap Pedas
Tumis Tahu Tauge
Es Teler
22Telur Ceplok Balado
Tumis Kangkung Saus Tiram
Kangkung Belacan
Ikan Gurame Crispy Sambal Mangga
Kolak Ubi
23Bakwan Teri
Soto Betawi
Sup Oyong
Sambal Kemangi Kencur
Talam Labu
24Tumis Bayam
Telur Dadar Kornet
Sosis Gulung Mie
Ayam Pop Pedas
Wedang Ronde
25Tempe Bacem
Mie Goreng Jawa
Tumis Labu Siam Wortel
Sapo Tahu
Pisang Panggang Coklat Keju
26Perkedel Kentang Kornet
Nasi Goreng Teri
Tumis Sawi Putih
Semur Telur Tahu
Es Semangka
27Tumis Oncom Leunca
Ayam Cabe Ijo
Cah Brokoli
Fried Chicken
Es Jeruk Kelapa Muda
28Bihun Goreng
Sosis Masak Cabe Ijo
Sup Jagung
Ayam Panggang Mentega
Es Kelapa Muda Gula Jawa
29Jamur Crispy
Sup Misoa Telur
Perkedel Tempe
Opor Ayam
Es Cendol
30Tumis Buncis Ebi
Tempe Goreng Tepung
Ayam Goreng
Trancam
Es Pisang Hijau
Tabel Menu Sahur Dan Buka Puasa

Kira-kira, itu dia menu sahur dan buka puasa 30 hari yang mudah, lezat, dan tentunya bergizi. Kendati demikian, tugas para ibu bukan hanya menyiapkan menu sahur dan buka puasa 30 hari nih, teman mata. Adapun tugas mulia ibu yang lain yaitu memastikan kesehatan mata setiap anggota keluarga.

Selain makanan bergizi, vitamin Eyebost membantu memastikan penglihatan senantiasa jernih, tajam, fokus, dan bebas dari gangguan penglihatan yang mengancam fungsi mata.

Eyebost mengandung bahan-bahan alami, mulai dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli yang diperkaya dengan antioksidan antosianin, lutein, flavonoid, polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Di samping itu, Eyebost  aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai usia lanjut tanpa efek samping dan ketergantungan. Tunggu apalagi, yuk jaga kesehatan mata keluarga dengan Eyebost!

Oh iya, hampers spesial Ramadan untuk setiap pembelian 2 botol Eyebost selama bulan Ramadan menunggu kamu di rumah.

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi