Kesehatan

6 Cara Menjaga Mata Agar Tidak Minus, Salah Satunya Dengan Vitamin Mata!

/

by Shaffi Kareem


Sebagian besar penderita mata minus terpantau menyesal memakai kacamata. Namun, kita seolah tak berdaya ketika harus melihat harga yang harus dibayar untuk menjalani prosedur LASIK.

Nah, buat kalian para generasi muda yang belum mengalami mata minus, ada baiknya kalian mencari tahu cara menjaga mata agar tidak minus sehingga mata senantiasa jernih, tajam, dan fokus bahkan tanpa bantuan alat sedikitpun.

Mau tahu cara menjaga mata agar tidak minus apa saja sih?

Ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!

Kondisi Mata Minus

Mata minus atau yang dalam istilah medis disebut dengan miopi adalah suatu kondisi di mana cahaya yang seharusnya jatuh tepat di retina, justru jatuh di belakang retina. Kondisi ini menyebabkan kamu kesulitan untuk melihat benda jarak jauh.

Umumnya, mata minus bukanlah kondisi serius yang mengancam nyawa atau menyebabkan kebutaan tiba-tiba. Kendati demikian, mata minus yang dibiarkan ⁰0qbegitu saja berpotensi menyebabkan kehilangan penglihatan di masa depan.

Perlu kamu tahu, mata minus erat kaitannya dengan prestasi anak. Kok bisa?

Banyak anak usia sekolah yang sebenarnya mengalami penurunan kualitas penglihatan sebagai akibat dari maraknya penggunaan gadget. Seharusnya hal seperti ini tidak menimbulkan gangguan yang berarti asalkan segera diatasi dengan pemberian lensa koreksi.

Terlambatnya pemberian lensa koreksi berupa kacamata mempengaruhi proses masuknya materi pelajaran selama proses pembelajaran di sekolah sebab mata merupakan sumber informasi visual utama bagi anak-anak.

Kalau dibiarkan terlalu lama, maka prestasi akademik anak pun akan terdampak. Tentu, bukan ini yang diharapkan oleh para orang tua, bukan?

Maka dari itu, disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan mata secara rutin agar gangguan mata yang terdeteksi dapat segera ditangani dengan baik.

Apakah Mata Minus Bisa Diobati?

Menderita mata minus memang bukan hal yang bisa dibanggakan, tetapi bukan berarti hal ini bisa disebut sebagai aib.

Baca Juga: 4 Kandungan Bahan Eyebost dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mata

Nyatanya, mata minus menjadi salah satu gangguan mata yang paling umum terjadi. Masa-masa pasca Covid-19 menjadi titik di mana lonjakan penderita mata minus mencapai puncaknya.

Sebenarnya, kita juga tidak perlu ambil pusing. Lensa koreksi berupa lensa minus akan membantu mengoreksi dan membantu mengembalikan fungsi penglihatan.

Eitsss tapi lensa koreksi tidak menyembuhkan mata minus, ya!

For your information, para ahli menyimpulkan kalau mata minus bisa disembuhkan, lho. Tetapi… Ada tapi-nya nih, teman mata.

Mata minus hanya bisa diobati dengan melakukan OPERASI LASIK. Operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan pada bagian kornea mata, kemudian sayatan dibuka dan prosedur laser langsung ditujukan pada bagian dalam mata.

Prosedur ini bertujuan untuk mengoreksi kelainan refraksi yang kamu alami sehingga penglihatan pun akan jelas kembali seperti sedia kala. Wow, so interesting!

Meskipun demikian, kamu harus merogoh kantong lumayan dalam untuk melakukan operasi LASIK, yaitu dengan range harga Rp9.000.000 – Rp20.000.000. Selain itu, operasi LASIK tidak bisa dicover oleh BPJS karena mengandung value estetika di dalamnya.

Dengan mengetahui kisaran harga untuk satu kali prosedur LASIK dilakukan, diharapkan kita benar-benar menjaga mata dengan baik serta mencari tahu cara menjaga mata agar tidak minus. Kamu akan menyadari betapa nikmatnya melihat dunia dengan kedua mata yang sehat.

Cara Menjaga Mata Agar Tidak Minus

cara menjaga mata agar tidak minus

Siapa sih yang ingin mengalami mata minus? Sepertinya tidak ada ya, teman mata.

Di era digital yang serba canggih ini, tidak mungkin kalau kita menghindari gadget 100% sebab teknologi beririsan dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan setiap hari.

Oleh karenanya, pengetahuan mengenai cara menjaga mata agar tidak minus menjadi bekal kita demi mata yang lebih sehat. Adapun beberapa cara menjaga mata agar tidak minus yang tergolong easy peasy untuk dilakukan sehari-hari, meliputi:

1. Batasi penggunaan gadget

Tidak mungkin berhenti menggunakan gadget sama sekali, kamu bisa membatasi penggunaan gadget sebagai salah satu cara menjaga mata agar tidak minus.

Sebenarnya, gadget tidak menimbulkan gangguan mata asalkan digunakan dengan dengan bijak. Oleh karenanya, membatasi penggunaan gadget akan sangat membantu menjaga kesehatan mata kita dari mata minus.

2. Pemeriksaan mata secara berkala

Memeriksakan mata secara berkala memungkinkan kita untuk mendeteksi gangguan mata apa yang kita alami sebab seringkali gangguan mata hadir tanpa gejala. Begitu juga dengan mata minus.

Periksakan mata pada dokter spesialis mata guna memantau kesehatan mata sehingga walaupun mengalami mata minus, tindakan dapat segera dilakukan untuk mengoreksi kelainan yang terjadi.

3. Hindari membaca terlalu dekat

cara menjaga mata agar tidak minus

Membaca terlalu dekat berpotensi menyebabkan mata tegang atau eye strain yang kemudian berlanjut menjadi mata lelah. Kalau dibiarkan terus menerus, kamu bisa mengalami mata minus, lho.

Mungkin inilah alasan orang tua dan guru kita memberikan wejangan perihal larangan membaca buku terlalu dekat. Idealnya, jarak antara mata dengan buku kurang lebih 30 cm.

4. Atur cahaya dengan baik saat membaca

Mengatur cahaya saat membaca masuk ke dalam salah satu cara menjaga mata agar tidak minus, lho.

Cahaya yang terlalu terang atau redup selama membaca akan menyebabkan mata kita cepat lelah dan meningkatkan kesempatan terjadinya mata minus. Maka, pastikan cahaya ruangan cukup agar mata tidak bekerja terlalu keras.

5. Makan makanan yang kaya akan nutrisi

Makanan bergizi menjadi salah satu upaya kita dalam mencegah mata minus. Nyatanya, mata sama seperti organ lainnya yang membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dengan baik.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh mata antara lain seperti vitamin A, C, E, antioksidan lutein, omega-3, dan lain sebagainya. Kamu bisa memenuhinya dari sayuran berdaun hijau, buah sitrus, buah atau sayur berwarna oranye, ikan, atau kacang-kacangan.

6. Minum vitamin mata

Pada poin sebelumnya, makan makanan bergizi merupakan cara menjaga mata agar tidak minus yang relatif mudah dilakukan. Namun, seringkali kita kesulitan mengontrol makanan sehari-hari dan dikhawatirkan nutrisi untuk mata menjadi tidak tercukupi.

Vitamin mata bisa menjadi solusi untuk memenuhi nutrisi agar mata senantiasa bekerja secara optimal dan maksimal. Kendati demikian, selektiflah dalam memilih vitamin mata, baik kandungannya, efek samping, dan sebagainya.

Ngomong-ngomong soal vitamin mata, ada vitamin mata yang terbaik di kalangannya, nih. Sebut saja vitamin mata Eyebost.

Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan secara khusus untuk menjaga kesehatan setiap organ mata beserta fungsinya. Di samping itu, Eyebost digadang-gadang menjadi obat mata yang bagus untuk mencegah minus, lho.

Khan maen, semua komposisinya berasal dari bahan-bahan alami 100% sehingga Eyebost tidak menimbulkan efek samping sama sekali, mulai dari madu hutan asli, ekstrak bunga marigold, wortel, dan buah bilberry.

Dalam satu botol Eyebost berukuran 130 ml, kamu akan mendapatkan nutrisi lengkap berupa antioksidan lutein, polifenol, flavonoid, antosianin, serta vitamin A, C, dan E. Bukan hanya mencegah mata minus, Eyebost juga bisa mencegah katarak.

Di samping itu, Eyebost aman dikonsumsi oleh batita usia 2 tahun, anak-anak, remaja, dewasa, lanjut usia, hingga orang yang mengalami masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, katarak, dan glaukoma.

Yuk, cegah mata minus dan penyakit mata lainnya dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi