Kesehatan

6 Bahaya Mengucek Mata Terlalu Sering, Nomor 6 Mengerikan!

/

by Shaffi Kareem


Siapa nih yang pernah mengalami mata gatal?

Kayaknya semua orang pernah mengalaminya,ya, bahkan bayi sekalipun. Saat mata gatal, mengucek mata adalah salah satu respon spontan yang dilakukan oleh tubuh saat mata terasa gatal akibat benda asing di dalam mata dan sebagainya.

Tapi, jangan berlebihan ya, teman mata. Ternyata, mengucek mata terlalu keras bisa berakibat fatal, lho!

Nah, mengucek mata akan menjadi topik pembahasan kita yang tidak kalah menarik dan penting untuk dibahas. Sudah siap untuk masuk ke pembahasan pertama? Okay, let’s jump to the first-sub!

Mengapa Orang Mengucek Mata?

Rasanya pasti nggak nyaman sekali ya kalau mata terasa gatal. Mengucek mata rasanya nikmat sekali saat mata gatal.

Nyatanya, mengucek mata adalah suatu respon alami tubuh yang terjadi saat mata terasa gatal dan tidak nyaman akibat infeksi, alergi, maupun benda asing yang masuk ke dalam mata.

Tidak dipungkiri kalau rasanya pasti lega dan nyaman setelah mata dikucek, namun perlu kamu tahu kalau hal tersebut bisa merusak mata lho, teman mata!

Mungkin tidak mengapa kalau mengucek salah satu atau kedua mata perlahan dan tidak terlalu sering. Yang berbahaya adalah ketika kamu mengucek terlalu keras dan sering.

Jangan disepelekan ya, teman mata. Kebiasaan ini dapat memicu terjadinya berbagai gangguan mata, mulai dari infeksi parah, luka, bahkan kebutaan.

Baca Juga: Cek Faktanya! Mata Merah Karena Radiasi Hp dan 5 Dampaknya Untuk Mata

Kalau mata terasa gatal terus menerus dan tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mata guna mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tapi, alangkah lebih baiknya kalau kamu membatasi bahkan mencegah mengucek mata sehingga kerusakan mata pun bisa dihindari.

Penyebab Mengucek Mata

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengucek mata tidak dianjurkan meskipun mata kamu terasa sangat gatal. Tapi, sebenarnya apa sih penyebab mengucek mata yang paling umum?

Di bawah ini merupakan beberapa kondisi yang dapat memicu kita untuk mengucek salah satu atau kedua mata:

1. Alergi

Saat kamu terpapar allergen (hal yang memicu terjadinya alergi), kamu akan mengalami beberapa gejala seperti bersin, mata merah, gatal, ruam, hidung tersumbat dan mata terasa gatal.

Sensasi gatal yang timbul pada mata akan memicu kamu untuk mengucek mata. Rasa nyaman yang muncul setelah mata dikucek ternyata akan menimbulkan keinginan untuk mengucek terus menerus.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Kondisi ini menular ya, teman mata.

Peradangan yang terjadi pada bagian mata konjungtiva akan menyebabkan mata gatal sehingga muncul keinginan untuk mengucek mata.

3. Mata Kering

Mata kering adalah suatu kondisi ketika mata tidak memproduksi cairan mata yang cukup atau cairan mata yang menguap terlalu cepat.

Kondisi ini akan menyebabkan permukaan mata terasa kering dan muncul gejala-gejala misalnya mata merah, sensasi panas pada permukaan mata, terasa seperti benda asing di dalam mata, dan mata terasa gatal.Rasa tidak nyaman akibat mata kering akan memicu kamu mengucek mata. Tapi, kamu harus tahu kalau mengucek saat mata kering sangat berbahaya, lho.

4. Mata Lelah

Mata lelah dialami oleh seseorang saat mata fokus melihat sesuatu atau menatap layar terlalu lama. Mata dipaksa untuk terus menerus berkonsentrasi tanpa istirahat sehingga menyebabkan otot mata tegang dan lelah.

Tanpa disadari, kondisi ini banyak dialami oleh kamu yang menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar gawai.

Saat mengalami mata lelah, mata akan mengalami mata merah, iritasi, penglihatan buram, dan tak jarang mata terasa gatal.

Sehingga, tidak heran kalau kamu akan mengucek mata karena kondisi mata yang terasa tidak nyaman.

5. Blefaritis

Blefaritis adalah inflamasi pada kelopak mata. Blefaritis disebut juga dengan peradangan tepi kelopak mata. Umumnya, kondisi ini diakibatkan oleh infeksi bakteri, alergi kosmetik, penyumbatan kelenjar minyak, dan lain sebagainya.

Penderita blefaritis akan mengalami bengkak dan kemerahan pada kelopak mata. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan rasa gatal yang membuat kita mengucek mata.

6. Iritasi Softlens

Siapa di sini yang pakai softlens?

Secara umum, softlens memiliki dua tujuan, yaitu untuk mengatasi kelainan refraksi seperti mata minus, dan menunjang penampilan (estetika).

Baca Juga: Ingin Tampil Cantik Dengan Softlens? Ini Cara Menggunakannya!

Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memakai softlens, mulai dari ukuran, bahan-bahan, dan kebersihannya.

Pemakaian softlens yang asal-asalan bisa ‘melahirkan’ gangguan mata yang ditandai dengan mata gatal. Maka dari itu, kalau tangan kamu mengucek mata terus menerus, kemungkinan kamu mengalami iritasi akibat softlens.

7. Flu atau Demam

Mata gatal saat flu dan demam adalah hal yang wajar terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan kadar lendir pada sistem tubuhmu. Terasa tidak nyaman, terkadang kita ingin terus menerus mengucek mata saat sensasi gatal menjalar ke mata.

Tapi, tidak perlu khawatir karena mata gatal akibat flu akan membaik dengan sendirinya bahkan tanpa pengobatan apapun.

Bahaya Mengucek Mata Terlalu Sering

Setelah kita mengulas tentang penyebab menggosok mata, kita harus mengetahui juga tentang bahaya mengucek mata karena kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan mata tanpa kamu sadari.

Adapun beberapa bahaya menggosok mata, di antaranya adalah:

1. Menyebabkan Infeksi Mata

Mengucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu akan menyebabkan infeksi mata seperti halnya pada konjungtivitis.

For your information, tangan yang penuh kuman, bakteri, dan virus bisa masuk ke dalam mata karena kamu mengucek atau menyentuh mata tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Jadi, pastikan tangan kamu bersih saat menjangkau area mata, ya!

2. Merusak Kornea

Kerusakan kornea merupakan salah satu bahaya mengucek mata berlebihan, terutama saat mata kering.

Kondisi ini akan menyebabkan penipisan kornea mata atau abrasi kornea (corneal abrasion). Terlebih lagi, abrasi kornea menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami keratoconus.

Bukan sekedar opini belaka, hal tersebut sudah dibuktikan dalam studi penelitian berjudul The Correlation Between Keratoconus and Eye Rubbing: A Review.

3. Lingkaran Hitam

Area di sekitar mata merupakan bagian kulit yang paling tipis kalau dibandingkan dengan kulit bagian tubuh yang lain.

Mengucek mata berlebihan dan terlalu sering akan merusak pembuluh darah halus di area bawah dan memunculkan memar dan lingkaran hitam.

4. Meningkatkan Tekanan Mata

Tekanan di dalam mata (intraocular pressure) berisiko mengalami peningkatan saat kamu mengucek mata.

Kondisi ini cukup serius sebab hal tersebut akan menekan saraf optik pada retina sehingga terjadilah glaukoma.

5. Memperparah Mata Kering

Bukannya meredakan gatal pada mata, mengucek mata saat kamu mengalami mata kering akan menyebabkan infeksi bertambah parah.

Tidak hanya membuat mata bertambah kering dan tidak nyaman, menggosok mata akan memicu goresan pada permukaan mata.

6. Potensi Mengalami Kebutaan

Seperti yang sudah kita tahu kalau mengucek mata berisiko meningkatkan tekanan  di dalam mata yang memicu terjadinya glaukoma.

Gangguan mata glaukoma adalah di mana saraf optik mengalami kerusakan akibat tekanan di dalam mata sehingga ia tidak dapat mengalirkan sinyal ke otak. Kalau tidak ditangani, glaukoma bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Kondisi ini memang tidak dapat disembuhkan bahkan dengan operasi sekalipun, namun perkembangannya dapat dicegah, lho.

Tips Menghindari Mengucek Mata

Dengan mengetahui bahaya menggosok mata, diharapkan kita bisa menghindari dan membatasi kebiasaan semacam itu agar mata terbebas dari gangguan mata ringan hingga serius.

Ada beberapa tips menghindari mengucek mata yang harus kamu tahu, di antaranya meliputi:

  • Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh area mata
  • Konsumsi antihistamin untuk mengatasi alergi
  • Mengelola stress dengan baik
  • Istirahatkan mata dari paparan layar gawai
  • Hindari pemakaian softlens sementara
  • Kompres hangat
  • Minum vitamin mata

Nah, itulah penyebab dan bahaya mengucek mata. Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan itu bisa berbahaya untuk bagian mata luar hingga dalam, bahkan kebutaan menjadi salah satu risikonya.

Penting juga untuk kamu mengetahui penyebabnya agar kamu tahu penanganan yang tepat seperti apa. Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum vitamin mata seperti Eyebost.

Eyebost merupakan vitamin mata yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan, seperti madu hutan asli, ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavour blueberry.

Berbagai nutrisi penting terkandung di dalam Eyebost seperti vitamin A, C, E, serta beragam jenis antioksidan misalnya lutein, flavonoid, phenol, dan antosianin.

Dalam sebotol Eyebost, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, terutama kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, sehingga kamu bisa nih meminumnya untuk mengatasi mata lelah, mata kering, infeksi mata, dan sebagainya.

Selain itu, minum Eyebost merupakan bentuk upaya preventif dalam mencegah gangguan mata dan memelihara mata agar selalu jernih, fokus, dan tajam.

Ingin memiliki mata sehat bebas gangguan? Yuk, minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi