Kesehatan

Cek Faktanya! Mata Merah Karena Radiasi Hp dan 5 Dampaknya Untuk Mata

/

by Shaffi Kareem


“Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat” adalah sebuah ungkapan yang menjelaskan tentang bagaimana efek gawai. Nyatanya, banyak di antara kita yang tidak bisa lepas dari hp sehingga kurang peduli akan keadaan di sekitarnya.

Teman mata semua perlu tahu nih kalau efek penggunaan hp bukan hanya pada perubahan perilaku saja, tetapi kesehatan mata. Salah satunya adalah mata merah karena radiasi hp atau yang sering disebut sebagai sinar biru.

Sinar biru itu apa, sih? Lalu, bagaimana sinar radiasi memicu terjadinya mata merah?

Eitssssssss, sing tenang. Kali ini kita akan mengulas secara tuntas mengenai penyebab mata merah karena radiasi hp dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi, ikuti terus ulasan di bawah ini ya, teman mata!

Radiasi itu apa, sih?

Mata Merah Karena Radiasi HP

Istilah radiasi atau sinar biru sudah sering berseliweran di telinga kita. Tapi, sinar biru itu apa sih?

Sinar biru atau blue light adalah salah satu gelombang elektromagnetik yang memiliki gelombang pendek. For your information, semakin pendek gelombang, maka energi yang dipancarkan akan semakin tinggi.

Kalau dibandingkan dengan sinar ultraviolet, panjang gelombang sinar biru memang sedikit lebih pendek dan cenderung tidak terlalu kuat.

Kendati demikian, hal tersebut tidak menandakan kalau kita boleh menyepelekannya ya, teman mata.

Pada dasarnya, sinar biru dipancarkan oleh matahari sehingga akan sangat tidak mungkin untuk kita menghindari sinar biru sepenuhnya.

Akan tetapi, paparan sinar biru semakin meluas seiring dengan perkembangan perangkat yang menggunakan teknologi LED (Light-Emitting Diode), seperti lampu neon, lampu pijar, layar komputer dan laptop, TV layar datar, tablet dan hp.

Tidak jarang, paparan sinar semacam ini menimbulkan berbagai masalah kesehatan tubuh.Oleh karenanya, ada baiknya kita mencegah atau paling tidak meminimalisasi paparan sinar biru tersebut.

Mata Merah Karena Radiasi Hp, Benarkah?

Mata Merah Karena Radiasi HP

Efek sinar biru tidak diragukan lagi bahkan sudah ada begitu banyak studi penelitian yang membahas tentang efek negatif sinar biru bagi tubuh. Banyak orang yang mengatakan kalau radiasi hp memicu terjadinya mata merah.

Tapi, apakah benar mata merah karena radiasi hp benar adanya?

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Mata Iritasi Saat Binge Watching Agar Menonton Semakin Syahdu

Jawabannya adalah ya betul kalau sinar biru menyebabkan mata merah. Dalam sebuah studi berjudul Research Progress about the Effect and Prevention of Blue Light on Eyes disebutkan kalau sinar biru menyebabkan beberapa masalah kesehatan mata, termasuk mata merah.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana radiasi hp memicu terjadinya mata merah?

Dijelaskan dalam studi yang sama kalau sinar biru menyebabkan peradangan yang kemudian mengakibatkan kerusakan atau kematian sel pada kornea nih, teman mata.

Hal inilah yang kemudian juga memicu terjadinya mata kering dan pembentukan xerophthalmia, sehingga tidak heran kalau mata merah dan mengganjal karena main game hp.

Meskipun dapat diatasi, bukan berarti kita bisa lalai ya, teman mata. Alangkah baiknya kita mencegah mata merah karena radiasi dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan.

Terlebih lagi buat kamu yang sering main game. Bijaklah dalam menggunakan gawai agar tidak terjadi mata merah dan berair karena bermain game terlalu lama.

Gangguan Mata Akibat Radiasi Hp

Radiasi hp atau sinar biru merupakan gelombang elektromagnetik berbahaya yang dapat memicu berbagai jenis penyakit, terutama mata.

Bagaimana tidak, mata merupakan organ pertama yang langsung terpapar oleh radiasi dari layar hp dan efeknya akan langsung terasa langsung pada mata.

Dalam sebuah studi berjudul Research Progress about the Effect and Prevention of Blue Light on Eyes ada beberapa gangguan mata akibat radiasi hp, di antaranya seperti:

1. Mata Kering

Kornea merupakan bagian mata terluar yang menjadi pertama kali terpapar oleh sinar biru. Perlu kamu tahu, sinar biru masuk ke dalam mata dan menyebabkan kerusakan sel kornea serta meningkatkan kerusakan oksidatif.

Kerusakan semacam itu kemudian memicu terjadinya peradangan mata dan pembentukan xerophthalmia.

Lalu, disebutkan juga kalau sinar biru berkaitan juga dengan mata kering sehingga anggapan mata merah karena radiasi hp telah teruji klinis.

2. Katarak

Pada dasarnya, lensa mata mengandung protein, enzim, dan metabolit protein yang berfungsi menyerap gelombang berukuran pendek seperti sinar biru.

Senyawa atau zat tersebut yang nantinya akan ditambahkan ke protein lensa untuk memproduksi pigmen berwarna kuning.

Pigmen inilah yang kemudian menyebabkan lensa perlahan berubah menjadi kuning dan menggelap. Sebenarnya, proses perubahan warna kuning tersebut merupakan cara tersendiri bagi lensa untuk melindungi mata dari sinar biru.

Kendati demikian, mekanisme ini justru menjadi boomerang tersendiri karena pada akhirnya katarak terbentuk pada lensa mata.

Layar hp atau gawai memaparkan sinar biru ke dalam mata. Bukan hanya mata terluar saja, namun dampaknya terasa hingga bagian dalam mata bernama retina.

Setelah paparan sinar biru, tes bernama elektroretinogram menunjukkan kalau amplitudo a dan b berkurang dari kondisi normal.

Hal tersebut kemudian mengaktivasi sel mikroglia (sel imun pada saraf pusat) dan masuk ke dalam dragmen fagosistik (sel darah putih yang menelan serta menghancurkan mikroba yang masuk ke dalam tubuh).

Penemuan ini ternyata ditemukan juga pada mata pasien AMD. Jadi, dapat disimpulkan kalau sinar biru mempercepat terjadinya dan perkembangan AMD setelah operasi katarak, bahkan setelah bertahun-tahun berlalu.

4. Kanker Melanoma

Bisa dikatakan kalau mata merah karena radiasi hp merupakan efek sinar biru yang paling ringan sebab efek lainnya yang lebih parah adalah kanker mata melanoma.

Kanker yang satu ini mempengaruhi senyawa melanin  yang memberikan warna atau corak pada kulit, termasuk mata.

Perihal hubungannya dengan sinar biru, dalam sebuah studi berjudul The Effect of Blue Light Exposure in an Ocular Melanoma Animal Model disebutkan kalau tingkat proliferasi atau pertumbuhan sel meningkat setelah adanya paparan sinar biru.

Pertumbuhan sel tersebut disebabkan oleh pembelahan sel aktif yang kemudian memicu terbentuknya sel kanker.

5. Kelainan Refraksi

Kelainan refraksi merupakan gangguan mata yang paling umum di sekitar kita nih, teman mata. Adapun jenis kelainan refraksi meliputi miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), dan astigmatisma (mata silinder).

Ngomong-ngomong soal rabun jauh, data membuktikan kalau aktivitas outdoor dapat mencegah munculnya dan perkembangan miopi.

Dalam studi lain dibuktikan kalau aktivitas membaca melalui layar hp atau gawai dapat memicu terjadinya dan perkembangan penglihatan yang buruk. Selain itu, paparan sinar biru memungkinkan miopi berbalik menjadi hipermetropi.

Cara Mengatasi Mata Merah Karena Radiasi Hp

Sinar biru atau blue light tidak hanya berasal dari perangkat teknologi seperti hp, tablet, komputer, laptop, dan TV saja, melainkan juga berasal dari sinar matahari yang menyinari bumi setiap hari.

Mustahil bagi kita untuk menghindari sinar semacam ini. Hal yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisasi paparan sinar biru sehingga gangguan mata seperti mata merah karena radiasi hp dapat terhindarkan.

Meskipun begitu, bagaimana sih cara mengatasi mata merah karena radiasi hp dan gawai lainnya?

  • Aplikasikan aturan 20-20-20
  • Mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan
  • Pastikan permukaan mata terhidrasi dengan baik
  • Gunakan kacamata dengan resep lensa yang tepat
  • Gunakan filter sinar biru pada perangkat gawai kamu
  • Gunakan kacamata blue-rays
  • Minum vitamin mata

Seringkali terlupakan, cara mengatasi mata merah karena radiasi hp dengan vitamin mata sangat direkomendasikan. Salah satunya adalah Eyebost.

Eyebost merupakan vitamin mata berbahan dasar madu yang diformulasikan dengan bahan-bahan 100% alami lainnya mulai dari ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavour blueberry.

Untuk menangkal sinar biru, kita membutuhkan asupan antioksidan setiap hari. Tidak bisa dipungkiri kalau seringkali makanan yang kita konsumsi belum memenuhi asupan nutrisi harian, termasuk antioksidan.

Nah, Eyebost solusinya!

Berkat kandungannya yang luar biasa, Eyebost merupakan vitamin mata yang diperkaya dengan vitamin A, C, E, dan beragam jenis antioksidan mulai dari lutein, antosianin, flavonoid, hingga phenol.

Dengan kandungan sebanyak itu, kamu bukan hanya mengatasi mata merah karena radiasi hp saja, tetapi memelihara kesehatan mata agar selalu jernih, tajam, dan fokus.

Kamu ingin mata sehat bebas gangguan? Yuk, minum Eyebost sekarang juga!

Jangan lupa pesan di website resminya, ya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi