Kesehatan

5+ Cara Mengistirahatkan Mata Lelah, Simak!

/

by Shaffi Kareem


Mata lelah sering terjadi karena aktivitas sehari-hari, lalu bagaimana cara mengistirahatkan mata lelah?

Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling rumit. Hal ini disebabkan karena ada begitu banyak saraf pada mata yang kemudian terhubung ke otak.

Saraf inilah yang kemudian membantu mengirimkan sinyal ke otak agar kita dapat melihat benda di sekeliling kita.

Namun, tidak jarang terjadi gangguan pada mata. Mata yang hanya beristirahat ketika kita tertidur, hal ini sangat memungkinkan bagi mata untuk mengalami berbagai gangguan, termasuk salah satunya adalah mata lelah.

Mata lelah erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. Teknologi yang semakin maju ditandai salah satunya dengan aktivitas berbasis teknologi.

Bisa dikatakan bahwa teknologi sangat melekat pada hidup kita dan sulit untuk dipisahkan. Misalnya adalah pada saat kita bekerja dan harus mengirimkan dokumen atau berkas kepada kolega atau klien.

Kita akan menggunakan surat elektronik atau yang biasa disebut dengan e-mail. Anak-anak sekolah dan mahasiswa pun turut menjadi saksi mata dalam kemajuan teknologi.

Saat ini, buku cetak bukan satu-satunya sumber referensi yang mereka gunakan. Ada yang disebut dengan Internet dimana di dalamnya termuat segala bentuk informasi termasuk untuk kepentingan pembelajaran seperti buku elektronik (e-book) atau jurnal baik nasional maupun internasional.

Begitu juga dengan entertainment. Ketimbang berpergian ke tempat wisata, sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktu di depan televisi, komputer, laptop, maupun handphone dengan menonton apapun yang mereka gemari selama berjam-jam lamanya.

Maka dari itu, penting untuk mengatur screen time secara bijak agar terhindar dari mata lelah. Selain itu, mengetahui cara mengistirahatkan mata lelah juga berfungsi sebagai bekal kita apabila suatu saat mengalami mata lelah.

Apa itu screen time?

cara merehatkan penglihatan
cara mengistirahatkan mata

Durasi saat mata terpapar oleh gawai atau gadget inilah yang disebut dengan screen time. Hal tersebut tidak jarang mengakibatkan penggunanya mengeluhkan mata lelah. Pasalnya, otot mata dipaksa untuk terus menerus berkonsentrasi melihat sesuatu tanpa jeda.

Mata lelah memang tidak tergolong gangguan serius pada mata. Akan tetapi, gangguan tersebut akan bertambah parah apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa dilakukan penanganan yang tepat. Sementara itu, kita juga tidak dapat sepenuhnya terlepas dari handphone, laptop, atau televisi.

Maka, patuhilah batas maksimal screen time. Idealnya, screen time yang sehat adalah tidak lebih dari 20 menit. Artinya adalah apabila kita sudah menatap layar selama 20 menit, maka mata harus beristirahatkan sejenak, salah satunya dengan menatap benda jauh selama beberapa detik.

Cara Mengistirahat Mata Lelah

cara mengistirahatkan mata

Screen time atau durasi menatap gawai dapat menyebabkan eyestrain atau mata tegang. Mata tegang yang dimaksud disini adalah otot yang tegang akibat berkonsentrasi secara terus menerus. Di samping itu, eyestrain atau mata tegang merupakan sebab dari terjadinya mata lelah.

Mata kita tentu akan terasa lelah apabila dipaksa untuk melihat sesuatu tanpa jeda seperti menatap handphone, laptop, atau televisi dalam waktu yang lama. Tidak jarang orang yang terus menerus menatap layar handphone atau komputer akan mengeluhkan kepala pusing hingga perut yang terasa mual bahkan muntah.

Rasa tidak nyaman akan terus menghantui apabila mata terus menerus dibiarkan bekerja tanpa henti. Sehingga, inilah pentingnya cara untuk mengistirahatkan mata dari handphone, laptop, atau televisi. Berikut ini merupakan cara tips atau cara agar mata tidak mudah lelah, antara lain

1. Cara Mengistirahatkan Mata: Atur Pencahayaan

atur pencahayaan ruangan
cara mengistirahatkan mata

Cahaya yang berasal dari layar atau monitor akan mempengaruhi terjadinya mata lelah. Semakin tinggi tingkat atau level kontras dan kecerahan layar, maka akan semakin tinggi risiko terjadi mata lelah.

Dalam sebuah studi berjudul Fitur Eye Pprotection Pada Layar Smartphone Dapat Mengurangi Kelelahan Mata dan Memperpanjang Durasi Penggunaan pada Siswa SMP Negeri 1 Seririt disebutkan bahwa penggunaan fitur eye protection dapat menurunkan kelelahan mata dan meningkatkan durasi penggunaan.

Maka, aturlah tingkat kontras dan kecerahan pada tingkat yang terasa nyaman pada mata. Jangan terlalu cerah dan jangan pula terlalu redup. Lebih bagus apabila fitur eye protection juga digunakan.

2. Cara Mengistirahatkan Mata: Atur screen time

Pembatasan screen time biasanya dilakukan untuk anak-anak karena mereka belum mengetahui cara menggunakan gawai, laptop, atau televisi secara bijak. Dalam kesehariannya, mereka masih membutuhkan bimbingan orang dewasa.

Idealnya, screen time yang sehat adalah 20 menit. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur alarm untuk 20 menit menonton televisi atau menggunakan handphone, dan buatlah kesepakatan dengan anak untuk mengistirahatkan mata setelah alarm berbunyi.

3. Berkedip saat menatap layar atau monitor

Saat sedang berkonsentrasi, biasanya kita akan cenderung terus menerus menatap layar handphone atau monitor komputer. Hal tersebut membuat mata kita menjadi mudah lelah dan kering.

Maka, perbanyak intensitas berkedip saat screen time karena cairan pada mata akan melumasi mata setiap kali mata berkedip sehingga mata terhindar dari mata kering dan lelah.

4. Cara Mengistirahatkan Mata: Rehat sejenak

cara mengistirahatkan mata
cara mengistirahatkan mata

Tidak baik bagi kesehatan mata apabila kita terus menerus duduk dan menatap layar handphone, komputer, atau laptop. Mata memerlukan waktu untuk beristirahat agar fungsinya optimal dan maksimal.

Sebaiknya, implementasikan aturan 20-20-20. Maksud dari aturan ini ialah setelah 20 menit menatap layar, lalu rehat selama 20 detik dengan melihat benda sejauh 20 kaki (kurang lebih 6 meter). Cara ini akan membantu mengistirahatkan mata sejenak agar otot mata tidak tegang dan mata menjadi mudah lelah.

5. Cara Mengistirahatkan Mata: Melakukan pijatan sederhana

Layaknya bagian tubuh yang lain, mata juga memiliki hak yang sama untuk berelaksasi. Kita bisa melakukan pijatan sederhana di rumah dengan melakukan pijatan yang lembut mengingat mata merupakan salah satu organ yang dipenuhi dengan saraf rumit.

Pertama, tutup mata kita selama beberapa detik lalu buka kembali. Lakukanlah beberapa kali hingga mata terasa sedikit rileks. Kedua, pijat memutar mata saat mata tertutup. Pijat dengan lembut dengan jari-jari dan pastikan kedua tangan bersih sebelum melakukannya.

Ketiga, letakkan telapak tangan di atas mata tertutup. Biarkan kedua mata merasakan kehangatan alami dari tangan kita yang akan memberikan efek menenangkan bagi mata. Cara tersebut dapat membantu mengistirahat mata di sela-sela atau setelah screen time.

6. Cara Mengistirahatkan Mata: Kompres hangat

cara mengistirahatkan mata
cara mengistirahatkan mata

Mata lelah diakibatkan oleh otot mata yang tegang yang kemudian mengakibatkan peredaran darah menjadi kurang lancar sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. kompres hangat dapat membantu meringankannya.

Sensasi hangat yang berasal dari kompres tersebut akan memperlancar peredaran darah pada mata dan membuat otot mata menjadi lebih rileks. Caranya adalah siapkan kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat, kemudian kompres selama 10-15 menit.

Cara mengistirahatkan mata di atas bukan hanya dilakukan saat mata lelah sudah terjadi. Namun, dapat juga dilakukan sehari-hari sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya mata lelah akibat durasi paparan layar gawai atau gadget.

Kemudian, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, daging, atau ikan yang banyak mengandung zat baik seperti vitamin, zat besi, kalsium, kalium, omega-3, dan lain-lain.

Selain makanan, kita juga dapat mengonsumsi suplemen yang berfungsi untuk merawat mata sepeerti Eyebost. Kandungan-kandungan pada Eyebost dapat membantu memenuhi asupan zat baik yang bermanfaat untuk mata, terutama mata lelah. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon