Kesehatan

Bingung Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus? Yuk, Ikuti 5 Cara Berikut!

/

by Shaffi Kareem


Siapa sih yang nggak tau mata minus?

Mata minus adalah salah satu kelainan refraksi yang terjadi akibat cahaya yang jatuh di depan retina. Hal ini mengakibatkan penderitanya tidak mampu untuk melihat benda jarak jauh.

Untuk mengoreksinya, penderita mata minus disarankan untuk menggunakan kacamata atau softlens. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun penggunaan softlens agak khusus nih, teman mata.

Kita harus memperhatikan betul-betul cara memilih softlens untuk mata minus yang baik sebab pemilihan yang asal-asalan justru bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang merugikan kesehatan matamu, lho.

Nggak hanya membahasan tentang cara memilih softlens untuk mata minus saja, kita juga akan membahas mengenai cara memilih softlens untuk pemula. Newbie like a pro, nih!

Apa Itu Softlens?

Cara Memilih Softlens

Softlens adalah sebuah benda yang menyerupai bentuk lensa mata dan terbuat dari plastik dan air. Softlens dikenal juga dengan sebutan lensa kontak.

Secara umum, softlens digunakan untuk memperbaiki kelainan refraksi yang biasanya berupa mata minus. Fungsinya sama seperti kacamata pada umumnya ya, teman mata.

Kendati demikian, saat ini penggunaan softlens sudah merambah ke dunia fashion. Berkat fungsi estetikanya, softlens dipakai untuk mendukung penampilan dengan membuat tampilan mata semakin cantik.

Hal tersebut dikarenakan softlens tersedia dalam banyak warna mulai dari cokelat muda, hijau, biru, merah, abu-abu, hazel, ungu, merah muda, dan masih banyak lagi.

Softlens jenis ini disebut dengan softlens normal yang mana tidak diresepkan secara khusus untuk penderita mata minus, plus, atau astigmatisme atau mata silinder.

Kini sudah banyak produsen softlens, namun kamu harus tetap jeli dan berhati-hati dalam memilihnya sebab kebersihan merupakan poin utama dalam penggunaan softlens.

Baca Nih: Bikin Mata Cantik, Ini Cara Menggunakan Softlen

Softlens untuk Mata Minus

Cara Memilih Softlens Untuk Mata Minus

Sebenarnya, softlens bisa digunakan untuk mengoreksi kelainan refraksi mulai dari mata minus, plus, ataupun silinder seperti halnya kacamata. Namun, softlens untuk mata minus lebih banyak diminati saat ini.

Perlu kamu ketahui, mata minus harus dikoreksi sesegera mungkin setelah mata minus terdiagnosis. Hal ini mencegah terjadinya myopis progression.

Myopia progression terjadi ketika seorang anak penderita mata minus membutuhkan resep lensa yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Dalam arti lain, minus atau miopi menunjukkan progress yang cukup mengkhawatirkan kalau tidak segera ditangani dengan baik.

Bagaimanapun, bagi orang yang kurang nyaman menggunakan kacamata, softlens menjadi alternatif terbaik sebab alat ini terbilang efektif, efisien, dan ekonomis. Cara penggunaannya pun mudah, hanya dengan memasukkan lensa buatan ke dalam mata.

Meskipun demikian, kebersihan merupakan faktor utama dalam penggunaan softlens sebab hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan mata kita, lho.

Softlens yang higienis dan terhidrasi dengan baik akan mencegah masuknya kontaminan berupa mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Pun, hal ini dapat mencegah kerusakan pada softlens yang berisiko mengiritasi mata.

Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus

Cara Memilih Softlens

Fungsi estetika yang ditawarkan oleh softlens membuat orang berbondong-bondong membeli softlens normal demi mata yang lebih indah. Akan tetapi, cara memilih softlens minus dan silinder serta plus berbeda dengan softlens normal ya, teman mata.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam cara memilih softlens untuk mata minus agar kamu nyaman selama menggunakannya nih, teman mata, di antaranya seperti:

1. Pilihlah ukuran yang tepat

Ukuran yang dimaksud di sini adalah diameter softlens ya, teman mata. Pada umumnya, ada berbagai jenis ukuran softlens yang tersedia mulai dari 14mm, 14.5mm, hingga 22mm.

Kamu disarankan untuk memilih ukuran 14mm (milimeter) saja. Ukuran tersebut sudah sangat pas untuk ukuran lensa mata orang Indonesia.

For your information, diameter softlens yang terlalu besar atau kecil akan membuat mata terasa mengganjal dan tidak nyaman. Serta, dikhawatirkan hal tersebut memicu iritasi pada mata.

2. Turunkan minus pada softlens

Penurunan minus pada softlens merupakan cara memilih softlens yang disarankan oleh ahli medis bahkan pegawai optik sekalipun. Hal ini bertujuan agar mata terasa nyaman dan tidak pusing saat digunakan.

Hal ini juga dilakukan sebab optik yang menyediakan softens kebanyakan hanya menyediakan minus dengan kelipatan 0.5 seperti 1, 1.5, 2, 2.5, 3, dan seterusnya.

Misalnya, mata kanan minus 2.75 dan mata kiri 3.25. Maka, kamu akan disarankan untuk menurunkan masing-masing 0.25 yaitu menjadi 2.5 dan 3.0, dengan catatan kamu masih bisa melihat dengan jelas saat menggunakannya.

3. Belilah dari trusted seller

Di pasaran, ada begitu banyak jenis softlens dengan harga yang beragam. Dimulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu, kita sudah bisa mendapatkannya.

Akan tetapi, jangan sampai kita tergiur untuk membeli softlens dengan harga murah ya, teman mata. Ingatlah kalau softlens harus dibeli dari penjual yang terpercaya atau trusted seller seperti optik.

Sebab, dikhawatirkan kalau softlens yang dijual murah merupakan softlens yang tidak lolos uji BPOM atau bahkan kadaluwarsa. Ihhh, ngeri ya…

Untuk memudahkan kamu dalam membelinya, kamu bisa menonton atau membaca review produk di internet, mulai dari brand produk, jenis-jenis warna, ukuran, ketahanan, dan sebagainya.

4. Pilih softlens bening

Buat kamu yang ingin menggunakan softlens untuk kegiatan sehari—hari, disarankan untuk memilih softlens dengan warna bening ya, teman maa.

Selain itu, memilih softlens bening merupakan salah satu cara memilih softlens untuk pemula yang mana mereka masih harus membiasakan diri untuk memakai softlens.

Pun, ternyata ada beberapa jenis mata yang cenderung sensitif terhadap softlens berwarna. Jadi, softlens bening adalah pilihan yang tepat, nih!

5. Gunakan softlens tipis

Cara memilih softlens yang satu ini sangat cocok diaplikasikan untuk pemula dengan mata minus yang baru belajar menggunakan softlens.

Softlens tipis memang cenderung mudah robek, namun akan lebih nyaman digunakan karena tidak menimbulkan kesan mengganjal pada mata.

Sementara itu, softlens yang tebal lebih awet namun akan terasa mengganjal di mata. Softlens jenis ini cocok buat kamu yang sudah pro menggunakan softlens.

Kamu Perlu Tahu: 5+ Bahaya Tidur Menggunakan Softlens yang Kamu Wajib Tahu!

Apakah Softlens Bisa Menurunkan Mata Minus?

Cara Memilih Softlens yang Benar

Kalau ada dari kalian yang penasaran apakah softlens bisa menurunkan mata minus, maka dengan berat hati jawabannya adalah tidak bisa ya, teman mata.

Kenapa demikian?

Sebab, layaknya kacamata, softlens hanyalah alat yang digunakan untuk membantu mengoreksi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, dan silinder. Hal ini sama sekali tidak menurunkan kelainan refraksi yang diderita.

Akan lebih tepat kalau softlens berfungsi untuk mencegah perkembangannya. Dengan catatan, kita juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, mulai dari olahraga rutin, tidur cukup, istirahatkan mata dari gawai, stay hydrated, dan tak lupa perhatikan asupan makanan.

Asupan makanan berkaitan langsung dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dalam memelihara kesehatan mata, kita membutuhkan nutrisi-nutrisi khusus seperti vitamin A, C, E, dan berbagai jenis antioksidan.

Tidak dipungkiri kalau akan sulit bagi kita untuk memenuhi semua nutrisi tersebut hanya dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Nah, solusinya adalah dengan mengonsumsi madu Eyebost!

eyebost vitamin mata

Madu Eyebost adalah madu herbal yang diformulasikan dari madu hutan asli, ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Dengan mengonsumsi Eyebost, kita tidak perlu khawatir akan nutrisi untuk mata sebab dalam sebotol Eyebost mengandung beragam jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, flavonoid, dan polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Lengkapnya nutrisi tersebut, membuat Eyebost dengan berani menawarkan fungsi pemeliharaan mata agar mata selalu jernih, tajam, fokus, dan sehat bebas gangguan mata, termasuk mencegah perkembangan mata minus.

Terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua umur mulai dari anak-anak di atas 1 tahun, remaja, dewasa, hingga lansia. Jadi, Eyebost tepat jika digunakan sebagai vitamin mata keluarga.

Masih penasaran akan manfaat Eyebost?

Cusss, pesan di website resmi Eyebost sekarang juga! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi