Kesehatan

Buah Bilberry Mencegah Perkembangan Katarak

/

by Shaffi Kareem


Pernahkah kalian mendengar tentang buah bilberry? Buah yang sering dianggap mirip dengan buah blueberry, nyatanya buah bilberry merupakan buah asli Amerika Serikat.

Meskipun demikian, buah bilberry dapat dibudidayakan di Indonesia asalkan kondisi tanah dan penyinaran diperhatikan dengan baik.

Bilberry dan blueberry sering dianggap sama sebab kedua jenis berries ini memiliki karakteristik yang mirip.

Buah bilberry berentuk bulat berdiameter 5-9 mm, berwarna biru kehitaman, memiliki banyak biji kecil, serta memiliki rasa manis dengan sedikit asam.

Buah bilberry termasuk ke dalam rumpun berries bersama dengan strawberry, blueberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain.

Kumpulan buah tesebut dianggap sebagai superfood  karena memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa.

Apabila dikonsumsi secara rutin, buah ini akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu dari sekian banyak manfaat bilberry adalah untuk menjaga kesehatan mata. Ingin mengulik buah bilberry lebih lanjut? Yuk simak ulasan berikut!

Kandungan Bilberry

Bilberry yang memiliki nama latin vaccinusm myrtillus L. merupakan salah satu jenis berry yang memiliki karakteristik mirip dengan blueberry.

Bentuk, warna, dan rasa buah bilberry bisa dikatakan 11-12 dengan blueberry, namun ukuran buah bilberry cenderung lebih kecil.

Meskipun buahnya kecil, rasanya yang menyegarkan membuat buah yang satu ini kerap dijadikan sebagai snack sehat atau selai.

Selain itu, buah bilberry mengandung berbagai jenis komponen gizi dan non-gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Adapun kandungan bilberry antara lain seperti

1. Energi

Energi adalah komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Energi diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi dan akan dibakar atau digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, berenang, dan sebagainya.

Energi juga terkandung di dalam bilberry lho! Buah bilberry mengandung energi yaitu sebesar 37 kilokalori per 100 gram.

Jumlah energi dalam buah bilberry lebih besar daripada jumlah kalori pada strawberry yang hanya memiliki 32 kkal.

2. Karbohidrat

Saat mendengar kata karbohidrat, kebanyakan dari kita pasti langsung tertuju pada nasi, kentang, ataupun sumber karbohidrat yang lain.

Namun, sebenarnya buah dan sayur juga mengandung karbohidrat meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Bagaimana pun, fungsi karbohidrat adalah untuk menyiapkan cadangan energi yang kemudian akan digunakan oleh manusia untuk beraktivitas.

Begitu pun kandungan karbohidrat pada bilberry. Dalam 100 gram bilberry, terkandung karbohidrat sebanyak 8,7 gram.

3. Vitamin A

Vitamin dibagi menjadi dua jenis yaitu vitamin yang larut dalam minyak (fat-soluble vitamin) dan vitamin yang larut dalam air (water-soluble vitamin). Salah satu jenis vitamin yang larut dalam minyak adalah vitamin A.

Vitamin A biasanya identik dengan fungsinya untuk menjaga kesehatan mata. Namun, tidak hanya pada wortel, vitamin A juga terkandung di dalam bilberry yang mana 100 gram bilberry mengandung vitamin A sebanyak 79 IU.

4. Vitamin C

Vitamin merupakan sekumpulan nutrisi yang memegang peran penting agar fungsi, pertumbuhan, dan perkembangan sel-sel dalam tubuh, serta vitamin sangat dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Vitamin C adalah salah satunya. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mulut.

Selain itu, vitamin C dipercaya dapat mencerahkan wajah sehingga mulai digunakan oleh banyak perusahaan kosmetik dengan klaim mencerahkan kulit.

Tidak hanya jeruk, buah bilberry juga mengandung vitamin C yaitu sebanyak 3 mg per 100 gram bilberry.

Jumlah tersebut memang tidak sebanyak kandungan vitamin C pada jeruk, namun kandungan ini turut memperkaya kandungan nutrisi pada bilberry.

5. Antosianin

Istilah anthocyanins atau antosianin berasal dari Mesir yang terdiri dari dua kata yaitu anthos (bunga) dan kyanose (biru). Antosianin merupakan komponen polifenol flavonoid yang memberikan warna merah, merah muda, ungu, dan biru pada tanaman.

Buah bilberry mengandung antosianin pada bagian kulitnya yang berwarna biru kehitaman. Komponen ini tidak hanya memberikan kesan cantik pada bilberry, namun memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Dalam sebuah buku berjudul Herbal Medicine: Biomecular and Clinical Aspect 2nd Edition disebutkan bahwa efek antioksidan pada buah bilberry dapat menstabilkan DNA, meningkatkan sekresi dan sesitifitas insulin, serta memiliki efek anti-inflamasi dan antibakteri.

Antosianin juga memiliki efek antiapoptosis yaitu dapat mencegah kematian sel yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan mencegah sel kanker tumbuh dan bekembang di dalam tubuh. Selain itu, antosianin dalam bilberry memiliki manfaat menjaga kesehatan mata.

Buah Bilberry untuk Kesehatan Mata

Bilberry termasuk dalam kelompok berries yang mengandung senyawa antosianin. Senyawa ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti efek antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antikanker, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan saraf.

Di samping itu, bilberry diyakini juga akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat bilberry untuk menjaga kesehatan mata sudah terbukti pada banyak studi penelitian, salah satunya adalah studi berjudul Preventive Medical Treatment of Sinile Catract with Vitamin E and Vaccinium Myrtillus Anthocyanosides.

Hasil pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian senyawa antosianin dari buah bilberry yang dikombinasikan dengan Vitamin E selama 4 bulan dapat mencegah atau memperlambat progres atau perkembangan katarak sebesar 97%.

Selain itu, adapun hasil pemelitian yang menujukkan bahwa bilberry dapat mencegah terjadinya vision loss atau kehilangan penglihatan yang mungkin disebabkan oleh katarak, degenerasi makula, dan retinopati diabetik (kehilangan penglihatan akibat diabetes).

Dengan mengonsumsi bilberry, hal itu berarti bahwa kita telah melakukan satu dari sekian banyak upaya dalam menjaga kesehatan mata.

Meskipun hasilnya tidak akan didapatkan secara instan, namun apabila dibarengi dengan cara menjaga kesehatan mata yang lain, maka hasilnya akan lebih optimal dan maksimal.

Cara Mengonsumsi Buah Bilberry

Buah-buahan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin. Alangkah baiknya apabila kita mengganti cemilan seperti keripik atau gorengan dengan buah-buahan. Salah satu buah yang bisa kita masukkan ke dalam kategori cemilan sehat adalah bilberry.

Bilberry memiliki rasa manis dengan a little bit hint of sour yang membuat rasanya kian menyegarkan. Namun, selain dimakan secara langsung, bilberry juga dapat dikonsumsi dalam bentuk selai buah sebagai olesan roti, kue, dan lain-lain.

Selain rasanya yang menyegarkan, selai buah rumahan dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan pengawet dan pengental dalam proses pembuatannya. Lantas, bagaimana cara membuat selai buah bilberry di rumah? Ikuti cara-cara berikut ya!

Bahan-bahan

  1. 450 gram buah bilberry
  2. 300 gram gula pasir
  3. 1/2 buah lemon

Cara Membuat

  • Cuci bersih buah bilberry, kemudian masukkan bilberry dan gula pasir ke dalam sauce pan atau panci kecil.
  • Nyalakan api dan masukkan air perasan lemon serta parutan kulit lemon.
  • Masak menggunakan api kecil kurang lebih selama 20 menit hingga buah bilberry hancur dan selai mengental.
  • Simpan selai ke dalam jar kaca atau wadah kedap udara yang telah disterilkan.
  • Selai buah bilberry siap dinikmati dengan roti tawar atau makanan favorit kalian.

Dengan mengetahui manfaat buah bilberry terutama untuk menjaga kesehatan mata, diharapkan kita akan lebih aware dengan kesehatan mata kita dengan mengonsumsi buah tersebut secara rutin.

Apabila buah bilberry sulit ditemukan, kita dapat mengganti dengan buah-buahan seperti mangga, jeruk, dan lain-lain.

Selain itu, kita juga harus menerapakan pola hidup sehat dengan menjaga asupan cairan minimal 8 gelas sehari serta tidur cukup setidaknya 7-8 jam sehari.

Mengonsumsi suplemen mata seperti Eyebost dapat menjadi salah satu jalan ninja, lho!

Eyebost mengandung buah bilberry yang telah terbukti dapat menjaga kesehatan mata. Di samping itu, Eyebost turut diperkaya dengan berbagai kandungan lain seperti wortel, blueberry, bunga marigold, serta madu sebagai pemanis alami. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi