Kesehatan

6 Manfaat Vitamin Mata untuk Anak Agar Sehat dan Jernih!

/

by Shaffi Kareem


Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk hidup dengan bahagia baik secara lahir maupun batin sebab hal tersebut akan berdampak langsung pada kualitas hidup seseorang, tidak terkecuali anak-anak. Selain kebahagiaan, para orangtua pasti ingin buah hatinya menjadi anak yang sehat.

Bagaimanapun, anak sehat sudah pasti memiliki tubuh yang sehat yang mana organ tubuhnya berfungsi dengan baik dan opimal, termasuk di dalamnya adalah kesehatan mata.

Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para orangtua untuk menjaga kesehatan mata anak adalah dengan memberikan vitamin mata untuk anak.

Nyatanya, mata memegang peran utama dalam proses penyerapan infrmasi visual, terutam abagi anak-anak usia sekolah.

Lantas, apa kegunaan vitamin mata untuk anak? Eitsssss, tenang ya. Kita akan ulas secara detail tentang apa itu vitamin mata, kegunaannya, dan infromasi penting lainnya. Simak terus pembahasan ini, ya!

Apa itu vitamin?

Vitamin adalah salah satu komponen alami yang dibutukan oleh tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Namun, tubuh hanya memerlukan vitamin dalam kuantitas kecil karena apabila berlebihan pun akan membawa dampak buruk bagi tubuh.

Pada hewan seperti anjing, tubuh mereka dapat memproduksi vitamin sendiri. Berbeda halnya dengan manusia yang tidak dapat memproduksi vitamin sendiri sehingga diperlukan asupan lain seperti makanan atau suplemen buatan yang mengandung vitamin tertentu.

Bagaimanapun, jenis vitamin dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air dan larut dalam minyak.

Vitamin yang larut dalam air (water soluble vitamin) merupakan vitamin yang larut dalam air dan tidak dapat bertahan lama di dalam tubuh karena mereka akan dikeluarkan kembali melalui urin.

Karena mudah terbuang melalui proses sekresi seperti urin, maka sejatinya, tubuh kita membutuhkan lebih banyak vitamin jenis ini.

Beberapa contoh water soluble vitamin adalah viamin C dan B (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12).

Sementara itu, vitamin yang larut dalam lemak (fat soluble vitamin) adalah vitamin yang hanya dapat larut pada lemak dan dapat tersimpan selama beberapa hari bahkan berbulan-bulan lamanya pada bagian-bagian tertentu tubuh manusia seperti pada jaringan lemak dan organ hati.

Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, K. Selain itu, lemak makanan berperan dalam proses penyerapan vitamin tersebut melalui saluran pencernaan.

Oleh karena itu, penting bagi kita, terutama anak-anak untuk memenuhi asupan harian vitamin.

Vitamin Mata Untuk Anak Memang Penting

Untuk memenuhi nutrisi sehari-hari, kita biasanya hanya mengandalkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh seperti pada sayuran, buah, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Namun, seringkali kita khawatir perihal jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, apakah sudah terpenuhi atau belum.

Oleh sebab itu, para dokter pun merekomendasikan untuk megonsumsi vitamin guna membantu memenuhi asupan vitamin harian.

Salah satunya vitamin yang perlu untuk dikonsumsi adalah vitamin mata, sebab mata merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Setiap hari, kita melakukan berbagai kegiatan, mulai dari bangun tidur, mandi, memasak, makan, berjalan, berkendara, belajar, dan bekerja.

Di samping itu, perkembangan teknologi dan infromasi yan didukung oleh adanya gadget dan internet telah banyak menyebabkan terjadinya gangguan mata.

Oleh sebab itu, pengonsumsian vitamin mata perlu dipertimbkan sebab vitamin mata mengandung berbagai jenis vitamin dan zat yang penting bagi kesehatan mata seperti vitamin A, C, beta-karoten, antioksidan, serta senyawa lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Vitamin Mata Untuk Anak

Sejauh yang kita ketahui, terdapat banyak jenis vitamin yang diformulasikan untuk memenuhi asupan vitamin harian, baik bagi orang yang tubuhnya sehat maupun mengalami defiensi vitamin. Salah satu vitamin yang patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi adalah vitamin mata untuk anak.

Vitamin mata untuk anak merupakan vitamin yang diformulasikan khusus untuk menunjang fungsi mata pada setiap bagian mata anak.

Dilansir dari laman Healthline, manfaat vitamin mata berdasarkan kandungan vitaminnya, antara lain seperti:

1. Menjernihkan Kornea Mata

Kornea adalah bagian mata yang berupa selaput tipis yang bertugas melindungi mata bagian depan seperti pupil, iris, sklera, dan lain sebagainya.

Kornea berwarna bening atau transparant, namun kornea dapat berubah warna atau keruh akibat beberapa faktor.

Untuk memastikan kornea tetap jernih, anak dapat mengonsumsi vitamin mata untuk anak secara rutin sebab kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, vitamin A pada vitamin mata dapat menurunkan risiko terkena katarak dan Age-related Macula Degeneration (AMD).

2. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang mengancam kesehatan tubuh, tidak kerkecuali mata. Sayangnya, senyawa berbahaya ini tersebar di sekeliling kita, misalnya asap kendaraan yang mengandung zat kimia dan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari.

Di sinilah peran antioksidan diperlukan sebab antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam mata yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mata serius.

For your information, vitamin mata untuk anak biasanya mengandung antioksidan banyak terkandung di dalam vitamin C.

3. Memproduksi Kolagen

Secara umum, kolagen berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, otak, dan gigi. Dewasa ini, banyak produk kesehatan yang menggunakan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan bersinar. Namun, ternyata kolagen berperan juga dalam menjaga kesehatan mata lho!

Dalam sebuah studi berjudul Corneal and Scleral Collagens- A Microscopist’s Perspective disebutkan bahwa kolagen berfungsi untuk menjaga struktur kornea dan sklera. Perlu diketahui bahwa vitamin C merupakan vitamin yang menyokong produksi kolagen.

4. Mencegah Masuknya Sinyal Biru

Blue light atau yang dikenal juga dengan sinyal biru merupakan sinar bergelombang tinggi yang membahayakan kesehatan mata.

Sinar biru berasal dari paparan sinar matahari berupa sinar ulraviolet dan juga paparan layar gadget seperti laptop, ponsel, dan sebagainya.

Mustahil apabila kita benar-benar menghindari semua penyebab tersebut karena tidak dapat dipungkiri bahwa matahari dan gadget tidak bisa terlepar dari kehidupan kita.

Oleh karenanya, kita hanya bisa melakukan beberapa cara menurunkan risiko sinar biru. Salah satunya adalah mengonsumsi vitamin mata.

5. Anti-Inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respon tubuh berupa sistem imun yang berjuang melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Pada mata, inflamasi kerap terjadi dan menimbulkan beberapa gejala seperti mata merah, gatal, panas, berair, dan lain-lain.

Nyatanya, mata merupakan organ tubuh yang sangat rentan terkena infeksi karena mata selalu terpapar udara kotor, paparan layar gadget, dan sebagainya.

Oleh karenanya, vitamin mata untuk anak sangat diperlukan untuk mencegah dan meringankan gejala inflamasi mata seperti mata kering.

6. Mencegah Katarak Dan Glaukoma

Katarak dan glaukoma merupakan gangguan mata serius yang membutuhkan penanganan khusus oleh dokter mata. Apabila tidak segera ditangani, maka keduanya dapat membahayakan fungsi penglihatan dan penderitanya berisiko mengalami kehilangan penglihatan atau vision loss.

Dalam sebuah studi berjudul Vitamin E and isk of Age-related Cataract: A Meta Analysis disebutkan bahwa terpenuhinya asupan vitamin  E dapat menurunkan risiko terkena katarak akibat pertambahan usia.

Selain itu, vitamin B3 atau niacin pada vitamin mata untuk anak juga dikenal akan fungsinya dalam mencegah glaukoma.

Kenapa Anak-Anak Butuh Vitamin Mata?

Anak-anak yang sehat merupakan anak-anak yang memiliki fisik, psikis, dan sosial yang baik. Dalam sebuah studi berjudul Persepsi Anak Usia Sekolah Terhadap Kesehatan Diri dan Upaya PHBS di Kabupaten Boyolali disebutkan bahwa salah satu ciri anak sehat dari aspek fisik adalah memiliki mata yang sehat.

Akan tetapi, apa sih definisi mata sehat?

So, mata sehat adalah mata yang setiap bagiannya dalam kondisi dan berfungsi dengan baik, serta antara bagian satu dengan yang lainnya dapat bekerjasama dalam menjalankan fungsi mata sebagai indera penglihatan.

Namun, fenomena anak-anak bermain gadget menjadi hal yang umum di jalan serba canggih seperti sekarang ini.

Banyak dari mereka yang bermain game tanpa adanya batasan waktu dan menyebabkan mata mereka terpapar oleh layar gadget dalam waktu yang lama.

Terlebih lagi, kita telah melewati pandemi COVID-19 yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun lamanya.

Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengharuskan segala aktivitas termasuk pembelajaran sekolah dilakukan secara daring atau on-line.

Anak-anak usia sekolah mendapatkan materi, mengerjakan tugas, dan mengerjakan ujian secara daring dengan menggunakan gadget.

Dilakukan selama bertahun-tahun, hal ini membawa dampak buruk bagi kesehatan mata anak.

Oleh sebab itu, vitamin mata untuk anak sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Hal ini dapat membantu penglihatan anak tetap jernih dan terhindar dari risiko terkena gangguan mata seperti mata minus, astigmatisme, dan sebagainya.

Di samping itu, jernihnya penglihatan juga mempengaruhi kualitas hidup buah hati, lho!

Salah satu vitamin mata untuk anak adalah Eyebost. Vitamin mata yang satu ini mengandung ekstrak wortel, bilberry, bunga marigold, madu asli, dan flavour blueberry yang kaya akan kandungan lutein, beta-karoten, vitamin A, C, serta antioksidan.

Tidak hanya itu, vitamin mata untuk anak ini merupakan vitamin mata yang sangat aman dikonsumsi secara rutin sebab terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan.

Selain itu, vitamin mata untuk anak ini di juga diformulasikan oleh madu yang berfungsi sebagai pemanis alami.

Ibu dan ayah, masih ragu untuk memberikan vitamin mata untuk anak? Yuk, berikan vitamin mata Eyebost demi mata dan masa depan cerah anak. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi