Lifestyle

Benarkah Sakit Gigi Menyebabkan Mata Kabur? Simak Faktanya dan 4 Cara Mengatasi Mata Kabur Anti Gagal

/

by Shaffi Kareem


Sakit hati lebih baik daripada sakit gigi”. Itulah kiranya ungkapan yang berseliweran di tengah-tengah masyarakat. Rasa ngilu dan nyeri yang tak tertahankan tak jarang membuat kita jumpalitan hingga meneteskan air mata.

Sesakit itu guys…

Tidak hanya ngilu dan nyeri, sakit gigi membawa efek samping lainnya nih, teman mata. Beberapa orang mengeluhkan sakit gigi menyebabkan mata kabur bahkan nyeri pada mata.

Akan tetapi, apakah keduanya benar-benar memiliki keterkaitan dalam dunia medis?

Untuk mengetahui faktanya, kami telah merangkumnya dari berbagai sumber terpercaya khusus untuk kamu. Jadi, simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini, ya!

Tentang Mata Kabur

Bab tentang mata kabur akan menjadi pengantar sebelum kita masuk ke topik utama hari ini yaitu “sakit gigi menyebabkan mata kabur”. Perhatikan baik-baik ya, teman mata.

Baca Juga:2 Jenis Nistagmus pada Bayi, Penyebabnya Genetik Sampai Cedera Mata! 

Perlu kita ketahui bersama, mata merupakan organ tubuh yang sangat esensial bagi kehidupan setiap manusia. Organ tubuh yang satu ini memudahkan kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya baik secara fisik, mata juga harus dipastikan berfungsi dengan baik agar menghasilkan penglihatan yang jernih, fokus, dan tajam. Bagaimanapun, terkadang mata mengalami beberapa gangguan yang berdampak pada kualitas penglihatan, misalnya mata kabur.

Istilah mata kabur didefinisikan sebagai suatu kondisi ketika kita memiliki penglihatan yang tidak tajam dan jernih. Biasanya, penglihatan akan membaik dengan menyipitkan mata sejenak.

Pada beberapa kasus, mata buram semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Selain itu, mata buram tiba-tiba juga dapat menjadi indikasi adanya gangguan atau penyakit tertentu, nih.

Para ahli mengatakan bahwa mata buram merupakan keluhan yang paling banyak disampaikan ketika seorang pasien memeriksakan mata saat mengalami gangguan penglihatan.

Adapun beberapa penyebab paling umum yang ditandai dengan mata buram terus menerus, seperti kelainan refraksi, mata kering, Age-related Macular Degeneration, glaukoma, retinopati diabetik, katarak, neuritis optik, abrasi kornea, dan kelainan saraf optik yang diturunkan.

Kendati demikian, mata buram yang menyerang secara tiba-tiba juga patut diwaspadai sebab hal tersebut dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan, seperti:

  • Hifema atau perdarahan di dalam mata
  • Concussion 
  • Ablasio retina
  • Infeksi mata
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi meningkat tajam
  • Cedera pada mata
  • Migrain 

Satu hal yang menjadi catatan penting adalah segera lakukan pemeriksaan ke ahli medis ketika mata buram yang kamu alami tidak kunjung membaik dan disertai dengan gejala lainnya.

Penanganan yang tepat dan tanggap dapat membantu mencegah efek yang lebih buruk di kemudian hari. Jadi, tingkatkan selalu kesadaran akan kesehatan mata, ya.

Benarkah Sakit Gigi Menyebabkan Mata Kabur?

Benarkah sakit gigi menyebabkan mata kabur?

Setelah membahas secuil tentang mata kabur, kita akan lanjut ke pembahasan berikutnya mengenai salah satu penyebab mata kabur itu sendiri. Topik kita selanjutnya akan membicarakan mengenai salah satu penyebab mata kabur. Apakah benar sakit gigi menyebabkan mata kabur?

Selama ini, ada anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa sakit gigi menyebabkan mata kabur. Namun, benarkah sakit gigi penyebab mata kabur dapat dibenarkan dari sisi medis?

Menurut ahli medis, sakit gigi dan mata buram tidak memiliki keterkaitan sama sekali, pasalnya saraf yang bertanggung jawab pada mata dan gigi berbeda nih, teman mata.

Saraf yang berperan pada mata dinamakan saraf optik, sedangkan saraf yang berperan pada rahang dan gigi adalah saraf trigeminus yang merupakan bagian dari saraf kelima.

Fokus penglihatan mungkin akan berkurang sebab rasa nyeri atau sakit pada gigi maupun bagian tubuh lainnya yang tak tertahankan. Selebihnya, keduanya tidak memiliki keterkaitan apapun.

Kendati demikian, melansir dari laman Medical News Today, sakit gigi menjadi salah satu pemicu meningkatnya tekanan di dalam mata (intraocular pressure).

Kondisi tersebut berisiko memunculkan berbagai macam gejala, mulai dari mata kabur, nyeri pada mata, dan peningkatan tekanan pada beberapa bagian wajah, termasuk mata bagian dalam.

Di samping itu, studi penelitian yang berjudul Periodontitis and Subsequent Risk of Cataract: Results From Real-World Practice menunjukkan bahwa orang yang mengalami periodontitis (peradangan atau infeksi gusi) berisiko lebih tinggi mengalami perkembangan katarak apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami periodontitis.

However, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi keterkaitan antar keduanya serta memahami lebih jauh mengenai mekanismenya.

Jadi faktanya adalah bahwa sakit gigi menyebabkan mata kabur tidak ada kaitannya sama sekali yaa teman mata.

Cara Mengatasi Mata Kabur

Meskipun sakit gigi menyebabkan mata kabur tidak dibenarkan oleh ahli medis, bukan berarti kita boleh membiarkannya begitu saja. Mata kabur harus segera ditangani untuk memperbaiki kualitas penglihatan seperti sedia kala.

Mengatasi mata buram pun tidak dapat sembarangan. Penanganan yang dipilih harus disesuaikan kembali dengan penyebabnya. Melansir dari laman Cleveland Clinic, ada beberapa cara mengatasi mata buram, yaitu:

1. Kacamata atau Lensa Kontak

Cara mengatasi mata kabur yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga kita. For your information, kacamata atau lensa kontak merupakan alat yang digunakan untuk mengoreksi kelainan refraksi pemicu mata buram.

Lensa yang digunakan pun harus disesuaikan dengan hasil pemeriksaan agar penderitanya dapat melihat dengan jelas kembali. Bagaimanapun, kacamata dan lensa kontak juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan mata pemicu mata buram lainnya, seperti katarak.

2. Obat-obatan

Sakit gigi menyebabkan mata kabur sepenuhnya hoaks. Namun, mata buram harus ditangani sesegera mungkin, salah satunya dengan pemberian obat-obatan.

Ahli medis akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatasi kondisi yang memicu mata buram itu sendir, misalnya obat tetes mata.

Ada sebuah obat tetes mata bernama pilocarpine hydrochloride yang digunakan untuk meringankan mata buram akibat usia seperti pada presbiopi. Obat tetes jenis ini terbilang aman sebab telah disetujui oleh FDA sebagai BPOM Amerika Serikat.

3. Prosedur Bedah

Prosedur bedah mungkin direkomendasikan oleh dokter spesialis mata untuk mengatasi mata buram. Bukan sakit gigi, prosedur bedah menjadi jalan untuk memperbaiki kualitas penglihatan yang menurun akibat katarak dan kelainan refraksi.

Perlu kita ketahui bersama, katarak hanya dapat diatasi dengan operasi katarak. Sementara itu, prosedur bedah seperti LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) merupakan prosedur yang dilakukan dengan mengubah bentuk kornea agar cahaya jatuh tepat di retina.

4. Pengobatan Rumahan

Tidak melulu pengobatan medis, pengobatan rumahan sederhana juga dapat diaplikasikan untuk mengatasi mata buram ringan. Cara ini terbilang mudah dan murah sehingga dapat dilakukan oleh siapapun.

Adapun cara mengatasi mata buram dengan pengobatan rumahan, di antaranya seperti:

  • Menghindari alergen untuk mata buram akibat alergi
  • Istirahat cukup
  • Memakai pelindung mata saat melakukan aktivitas berisiko
  • Memakai kacamata hitam dengan perlindungan UV
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mata
  • Memenuhi asupan cairan
  • Menggunakan air mata buatan untuk mengembalikan kelembaban permukaan mata

At last, dapat disimpulkan bahwa sakit gigi menyebabkan mata kabur sepenuhnya tidak benar. Meskipun ada jurnal yang telah meneliti mengenai hubungan antara periodontitis terhadap risiko gangguan mata seperti katarak, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Ngomong-ngomong soal sakit gigi, kita semua sudah dibekali dengan ilmu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sedari kecil dengan rajin menyikat gigi. Namun anehnya, masih banyak dari kita yang belum memahami tentang menjaga kesehatan mata, nih.

Perlu kita sadari bersama, pemenuhan nutrisi untuk mata sangat penting untuk memastikan kualitas penglihatan selalu baik dan setiap bagian mata memainkan perannya dengan optimal dan maksimal.

Tak hanya makanan, nutrisi untuk mata dapat dipenuhi dengan minum vitamin mata Eyebost. Tahukah kalian apa itu Eyebost?

Eyebost adalah vitamin mata herbal yang diformulasikan untuk memastikan kualitas penglihatan selalu tajam, jernih, dan fokus, serta mengatasi iritasi mata ringan.

Disebut sebagai madu herbal, Eyebost berbahan dasar madu asli yang dikombinasikan dengan bahan-bahan unggulan dan berkualitas seperti ekstrak wortel, bunga marigold, dan buah bilberry yang menghadirkan rasa segar dan manis.

Mengonsumsi Eyebost setiap hari akan membawa kebaikan untuk mata berupa antioksidan lutein, flavonoid, antosianin, dan polifenol, serta vitamin A, C, dan E, yang akan membantu kamu terhindar dari gangguan penglihatan seperti mata buram.

Oh iya, kamu tidak perlu khawatir minum Eyebost sebab sertifikat HALAL MUI dan izin edar dari BPOM sudah dikantongi saat ini. Pun, vitamin mata yang satu ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Tunggu apalagi, yuk minum Eyebost untuk mata yang lebih sehat!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi