Kesehatan

5 Jenis Kanker Mata yang Berisiko Menyebabkan Kebutaan Hingga Kematian

/

by Shaffi Kareem


Saat mendapatkan mata pelajaran Biologi, istilah jaringan sudah sangat sering kita dengar. Semua makhluk hidup memiliki jaringan, termasuk manusia. Kumpulan jaringan inilah yang kemudian membentuk suatu organ.

Kendati demikian, pertumbuhan jaringan yang tak terkendali justru menjadi bumerang bagi tubuh. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah kanker. Di antaranya ratusan kanker yang telah berhasil terdeteksi, salah satunya adalah jenis kanker mata.

Tahukah kamu apa saja jenis kanker mata itu?

Untuk menggali lebih lanjut mengenai jenis-jenis kanker mata, baca artikel ini sampai habis, ya!

Kanker Mata Adalah…

Ketika mendengar kanker, apa yang pertama kali kamu pikirkan?

Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin A, Mulai Dari Menjaga Mata Hingga Mencegah Kanker

Hampir semua dari kita menganggap bahwa kanker adalah penyakit mematikan. Faktanya, jumlah kasus kematian akibat kanker di Indonesia berada di angka 234.511 orang, dan untuk kasus baru mencapai 396.914 kasus.

Dari sekian banyak jumlah kanker, kanker mata merupakan salah satunya. Namun, apakah kamu tahu kanker mata itu apa sih?

Kanker mata adalah kanker yang tumbuh di dalam mata. Kamu mungkin akan menemui kanker semacam ini disebut sebagai intraocular cancer.

Tidak seperti kasus kanker lainnya, kanker mata yang tumbuh pertama kali di dalam mata terbilang langka. Kemungkinan, kanker pada mata terjadi akibat penyebaran kanker pada area tubuh yang lain. Penyebaran kanker seperti ini dinamakan metastasis.

Bagaimanapun, kanker mata ada banyak jenisnya tergantung dari sel apa yang terdampak. Di antara semua itu, kanker mata melanoma adalah jenis yang paling umum terjadi.

Gejala Kanker Mata

Jenis Kanker Mata

Kanker mata akan sangat berbahaya jika berkembang dengan ganas. Dalam waktu beberapa bulan saja, penyebarannya sudah tak terkendali lagi. Oleh karenanya, deteksi dini akan sangat berarti bagi setiap pasiennya.

Agar bisa mendeteksi, kita perlu tahu gejala apa saja sih yang muncul ketika ada pertumbuhan jaringan abnormal pada mata. Mengutip dari laman Healthline, adapun beberapa di antaranya seperti:

  • Mata merah
  • Mata bengkak
  • Mata menonjol
  • Mata berair berlebihan
  • Nyeri pada mata
  • Floaters
  • Penglihatan buram
  • Penurunan fungsi penglihatan
  • Sensasi seperti masuknya benda asing pada mata
  • Pupil berwarna putih
  • Mata juling
  • Titik hitam pada bagian iris mata
  • Perubahan ukuran pupil
  • Pertumbuhan jaringan pada permukaan mata

Penyebab Kanker Mata

Jenis Kanker Mata

After knowing the definition and the symptoms, penyebab kanker mata merupakan poin penting lainnya yang harus kita semua tahu. Harapannya, pencegahan bisa dilakukan sehingga penyakit mematikan ini tidak ‘mampir’ ke mata.

Secara umum, kanker mata terjadi ketika ada jaringan di dalam mata yang tumbuh secara abnormal atau tidak terkendali. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh kelainan genetik yang diwariskan oleh orang tua ke anak-anaknya.

Di samping itu, faktor risiko perlu digali lebih jauh guna mengetahui kelompok manakah yang memiliki risiko terkena eye cancer lebih tinggi. Berikut di bawah ini adalah faktor risiko eye cancer yang perlu kamu tahu, meliputi:

  • Penuaan
  • Usia muda
  • Mengalami penyakit genetik
  • Riwayat keluarga mengalami kanker mata pada melanoma dan retinoblastoma
  • Berkulit putih
  • Iris berwarna terang
  • Gangguan autoimun
  • Sistem imunitas lemah
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Ada freckles atau titik-titik hitam pada mata
  • Mengalami nevus of ota (hiperpigmentasi pada wajah dan mata)

Jenis Kanker Mata

Jenis Kanker Mata

For your information, mata memiliki 3 bagian mata utama, yaitu bola mata (bola mata), orbit (area sekeliling bola mata atau eye socket), dan struktur adnexal (kelopak mata dan kelenjar air mata). 

Secara umum, berbagai jenis kanker mulai berkembang pada area-area tersebut. Jenis kanker mata yang mungkin menyerang mata penderitanya adalah:

1. Jenis Kanker Mata Intraocular melanoma

Intraocular melanoma dikenal juga dengan sebutan kanker melanoma. Tapi, apa itu kanker mata melanoma?

Kanker mata melanoma adalah jenis kanker mata yang berkembang pada beberapa area seperti konjungtiva dan lapisan uvea (iris, koroid, dan badan siliar). Kanker tersebut merupakan jenis eye cancer yang paling umum terjadi.

Biasanya, intraocular melanoma terjadi pada bagian lapisan uvea, namun lebih sering terjadi pada bagian mata koroid.

2. Jenis Kanker Mata Intraocular lymphoma

Intraocular lymphoma merupakan jenis kanker limfoma langka yang menyerang mata. Biasanya, limfoma mata menjangkit lapisan uvea dan vitreous humor atau cairan menyerupai gel yang berada di dalam mata.

Persentase terjadinya limfoma mata pada kedua mata mencapai 80% dari keseluruhan kasus. Kebanyakan penderita limfoma mata juga memiliki limfoma pada otak yang disebut dengan limfoma sistem saraf pusat.

3. Jenis Kanker Mata Retinoblastoma

Sesuai dengan namanya, retinoblastoma adalah jenis kanker mata yang menyerang retina mata. Perlu kamu tahu, retina bertugas untuk mengubah cahaya di dalam mata menjadi sinyal yang kemudian dikirimkan ke otak untuk menghasilkan gambar.

Retinoblastoma merupakan jenis eye cancer yang paling lazim terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Kanker ini bisa menyerang salah satu bahkan kedua mata sekaligus.

However, tidak mustahil bagi orang dewasa mengalami retinoblastoma, lho.

4. Jenis Kanker Mata Intraocular medulloepithelioma

Intraocular medulloepithelioma adalah jenis kanker mata langka yang banyak menyerang anak-anak dengan rentang usia antara 2-10 tahun.

Pertumbuhan kanker medulloepithelioma bermula dari badan siliar mata. Dalam studi penelitian yang berjudul Medulloepithelioma: A Triad of Clinical Features disebutkan bahwa tumor jenis ini muncul dengan warna putih, abu-abu, atau kuning.

5. Jenis Kanker Mata Squamous cell carcinoma

Meskipun terbilang langka, squamous cell carcinoma bisa menyerang mata. Eye cancer semacam ini pertama kali berkembang pada bagian mata konjungtiva di permukaan mata dan biasanya hanya menyerang salah satu mata saja.

Squamous cell carcinoma merupakan jenis kanker mata yang paling umum menyerang konjungtiva, tidak seperti jenis lainnya yang menyerang uvea dan sebagainya.

Apakah Kanker Mata Bisa Sembuh?

Pertanyaan paling penting saat membahas mengenai kanker mata adalah “Apakah kanker mata bisa sembuh?

Jawabannya adalah bisa, namun dengan beberapa kondisi. Maksudnya?

Melansir dari laman Healthline, ahli medis mengatakan bahwa kanker mata bisa disembuhkan ketika kanker menyerang mata. Namun, perlu digaris bawahi jika pertumbuhan kanker sudah berkembang ke jaringan lainnya, maka akan semakin sulit untuk diobati.

Still, dokter akan mengusahakan yang terbaik agar bebas dari kanker. Berbagai prosedur akan diupayakan, meliputi operasi pengambilan jaringan kanker atau tumor.

Untuk dikatakan sembuh dari kanker, dokter akan memastikan bahwa sel kanker dinyatakan remisi yang artinya sel kanker berkurang atau tidak muncul lagi setelah pengobatan dilakukan.

Dalam kurun waktu 5 tahun, sel kanker berpotensi muncul kembali sehingga sembuhnya pasien kanker hanya bisa diputuskan setelah 5 tahun dari proses pengobatan dilakukan.

Honestly, segala proses yang pasien kanker jalani tidaklah mudah. Dukungan moril serta materil sangat dibutuhkan dari orang-orang di sekitarnya.

Bagaimanapun, mendadak hati mencelos ketika mengingat ada banyak orang yang sedang berjuang melawan penyakit mematikan seperti kanker. Selain memberikan dukungan pada mereka, kita juga harus mulai menyayangi diri kita sepenuhnya.

Penerapan pola hidup sehat merupakan salah satu bentuk self-love. Ketika kita menjaga tubuh kita, itu berarti kita benar-benar menyayangi tubuh kita luar dan dalam serta sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

Pola hidup sehat bisa terurai dalam berbagai aktivitas, seperti olahraga rutin 30 menit sehari, minum air putih, healthy eating, jangan begadang, dan batasi penggunaan gadget sebab kanker mata karena hp bisa terjadi akibat paparan sinar UV berlebihan.

Di samping itu, minum vitamin mata Eyebost merupakan cara baru menjaga kesehatan mata nih, teman mata. Vitamin mata ini bertujuan untuk menjaga mata tetap fokus, tajam, jernih, dan sehat bebas gangguan mata.

Eyebost merupanan vitamin mata terbaik sebab semua komposisinya adalah bahan-bahan alami 100% tanpa pengawet buatan, seperti ekstrak bunga marigold, buah bilberry, wortel, dan  madu hutan asli.

Nutrisinya tidak kaleng-kaleng, bos. Kamu akan mendapatkan kebaikan dari vitamin A, C, E, serta berbagai macam antioksidan meliputi lutein (lutein eye complex), antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Di samping itu, anak-anak berusia 2 tahun hingga lanjut usia boleh mengonsumsi vitamin mata Eyebost sehingga vitamin mata ini bisa disebut sebagai vitamin mata keluarga.

Yuk, cegah kanker mata dan jaga mata dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi