Kesehatan

Yuk, Kulik Penyebab Mata Merah Setelah Menangis dan 6 Cara Mengatasinya!

/

by Shaffi Kareem


Tuhan menciptakan segalanya berpasang-pasangan, seperti siang dan malam, panas dan dingin, sehat dan sakit, bahkan senang dan sedih. Ngomong-ngomong soal sedih, kalian pasti pernah menangis, dong?

Nyatanya, menangis adalah emosi yang sehat dan normal. Jadi, anggapan masyarakat yang mengatakan kalau menangis adalah tanda seseorang lemah itu salah ya, teman mata.

Meskipun demikian, sudah menjadi rahasia umum kalau menangis membuat mata kita merah dan bengkak. Namun, sebenarnya penyebab mata merah setelah menangis itu apa sih?

Nah, itulah yang akan kita bahas kali ini, mulai dari kenapa orang menangis, penyebab mata merah setelah menangis, hingga cara menghilangkan mata merah setelah menangis.

Nggak perlu basa-basi lagi, yuk kita mulai ke pembahasan pertama kita!

Kenapa Orang Menangis?

Menangis merupakan sebuah luapan emosi yang sangat wajar bagi manusia ketika diliputi oleh rasa sedih ataupun kebahagiaan yang teramat sangat. Jadi, jangan sekali-kali mengatakan kalau menangis membuat kita lemah, ya!

Perlu kamu tahu, menangis juga bisa menjadi sebuah cara untuk berkomunikasi, lho. Seperti halnya pada bayi yang belum mampu untuk berbicara, menangis menjadi cara mereka untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Mereka akan menangis ketika merasa lapar, buang air besar dan kecil, sakit, bahkan rasa tidak nyaman seperti suhu ruang terlalu panas. Oleh sebab itu, mereka akan menangis karena hanya hal itulah yang bisa mereka lakukan.

Bagaimanapun, sebagian dari kita seringkali menangis karena rasa bahagia dan sedih, misalnya saat menikah, tertimpa musibah, mengalami kegagalan, dan lain sebagainya.

Pun, kita juga dapat menangis karena rasa empati atas peristiwa yang dialami oleh seseorang. Meskipun bukan kita yang mengalaminya sendiri, kita seolah-olah ikut merasakan apa yang mereka rasakan.

Selain itu, penyebab menangis yang lain adalah karena adanya iritan atau benda asing di dalam mata, misalnya debu, pasir, bulu mata rontok, ataupun senyawa berupa enzim dan asam sulfenat yang dikeluarkan oleh bawang saat kita memotong bawang.

Jenis-Jenis Air Mata

As we discussed before, penyebab menangis didasari oleh beberapa alasan. Nah, hal inilah yang kemudian berkaitan dengan jenis air mata yang diproduksi oleh air mata karena penyebab yang berbeda.

Baca Juga: Mengalami Belekan? Ini 11 Penyebab Mata Belekan dan Tips Mengatasinya

Maka jenis air matanya pun berbeda, teman mata.Bagaimanapun, ada tiga jenis air mata yang diproduksi oleh mata kita.

Melansir dari laman Healthline, tiga jenis air mata yang perlu kita tahu, di antaranya seperti:

1. Air mata basal

Basal tears atau air mata basal adalah air mata yang diproduksi oleh mata setiap hari untuk melembabkan dan melindungi permukaan mata setiap saat.

Air mata jenis ini sangat penting agar mata kita terhindar dari gangguan mata kering. Umumnya, air mata ini akan keluar otomatis setiap kali kita berkedip.

2. Air mata refleks

Air mata refleks merupakan air mata yang muncul dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak untuk membersihkan zat iritan yang menyakiti mata.

Misalnya, saat mengiris bawang merah atau bawang bombay, mata kita akan terasa perih dan refleks meneteskan air mata. Inilah salah satu jenis air mata refleks.

3. Air mata emosional

Air mata emosional merupakan air mata yang diproduksi oleh mata. Bedanya dengan jenis air mata lain adalah air mata jenis ini melibatkan perasaan atau emosi di dalamnya.

Katakanlah saja saat kita bahagia, sedih, atau berempati dengan suatu peristiwa. Kita akan merasakan puncak emosi yang membuat mata kita meneteskan air mata tanpa kita sadari.

Penyebab Mata Merah Setelah Menangis

Ada beberapa orang yang kekurangan percaya diri atau malu setelah menangis karena orang id sekitarnya akan menyadarinya setelah melihat mata yang merah dan bengkak.

Tapi, sebenarnya apa sih penyebab mata merah setelah menangis?

Basically, terdapat begitu banyak pembuluh darah mata halus. Pembuluh darah ini bertugas mengalirkan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen untuk didistribusikan ke seluruh bagian mata.

Pada keadaan normal, pembuluh darah memiliki ukuran normal. Akan tetapi, saat kita menangis, pembuluh darah akan melebar karena harus mengeluarkan air mata dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Lebarnya pembuluh darah akan nampak berwarna kemerahan dan hal inilah yang kemudian menjadi penyebab mata merah setelah menangis.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir sebab mata merah akibat menangis merupakan hal yang normal dan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan menit hingga jam tanpa tindakan khusus.

Namun, kamu patut waspada kalau mata merah disertai dengan gejala lain seperti mata gatal, perih, sensasi panas, serta gangguan penglihatan, sebab bisa jadi kumpulan gejala tersebut berkaitan dengan adanya gangguan mata yang lebih serius.

Periksakan ke ahli medis atau dokter spesialis mata kalau mata merah setelah menangis tidak kunjung membaik ya, teman mata!

Cara Menghilangkan Mata Merah Setelah Menangis

Seperti yang kita tahu, mata merah setelah menangis akan hilang dengan sendirinya bahkan tanpa perawatan khusus sekalipun. Akan tetapi, kamu tetap bisa melakukan sesuatu untuk meringankan kemerahan bahkan bengkak pada mata, lho.

Di bawah ini adalah rangkuman tips menghilangkan mata merah setelah menangis yang bisa kamu lakukan di rumah, yaitu:

1. Kompres dingin

Mata merah setelah menangis disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Kompres dingin bisa kamu lakukan untuk melancarkan aliran darah seperti semula.

Selain itu, kompres dingin juga berfungsi untuk mengurangi bengkak akibat menangis lho, teman mata. Yang harus kamu lakukan adalah siapkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin atau air es.Setelah itu, peras kain dan letakkan di atas mata tertutup selama beberapa menit. Namun, perlu diingat kalau jangan pernah melakukan es langsung di atas kulit ya, teman mata!

2. Kompres dengan timun

Kamu mungkin sudah sering melihat orang yang menggunakan masker timun. Nyatanya, timun memang sangat bagus untuk meredakan mata sembab dan merah setelah menangis.

Caranya adalah ambil timun dari dalam kulkas, cuci bersih dengan air mengalir, dan potong tipis. Letakkan potongan timun di atas mata tertutup hingga menutupi kelopak mata dan area bawah mata.

Tidak ada patokan berapa menit masker timun diaplikasikan. Kalau memang dirasa potongan timun sudah tidak terlalu dingin seperti sebelumnya, kamu bisa melepasnya, kok.

3. Gunakan kantong teh

Selain itu, jangan buang kantong teh celup setelah digunakan, ya. Ternyata kantung teh bisa digunakan untuk mengompres mata supaya mata merah setelah menangis membaik, lho.

Kandungan kafein dalam teh bermanfaat untuk mengurangi mata merah setelah menangis dengan melancarkan peredaran darah pada pembuluh darah mata seperti yang disebutkan dalam studi berjudul Caffeine’s Mechanism of Action and Its Cosmetic Use.

Caranya, letakkan kantong teh bekas ke dalam kulkas selama 20 menit dan letakkan di atas mata selama 15-30 menit.

4. Roller mata

Roller mata merupakan suatu alat dengan aplikator berbentuk bola yang terbuat dari besi. Sensasi dingin yang diperoleh dari bola besi akan dapat memperlancar sirkulasi darah dan memberikan efek calming.

Selain untuk mata merah setelah menangis, roller mata juga digunakan untuk mengurangi sembab atau bengkak, mencegah lingkaran hitam pada area mata, dan menawarkan manfaat anti penuaan.

5. Istirahatkan mata sejenak

Saat kamu mengalami mata merah setelah menangis, sebaiknya istirahatkan mata sejenak agar kemerahan pada mata mereda dengan sendirinya.

Usahakan jangan memakai softlens sampai keadaan mata normal kembali ya, teman mata. Sembari mengistirahatkan mata, kurangi juga paparan mata dari layar gawai, ya.

6. Minum vitamin mata

Seringkali tidak terpikirkan, vitamin mata seperti Eyebost merupakan salah satu cara mengatasi mata merah setelah menangis.

Eyebost kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan beragam jenis antioksidan (lutein, antosianin, flavonoid, dan polifenol) yang diperoleh dari madu hutan asli, ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi mata merah, mulai dari mata kering, peradangan atau inflamasi, alergi, dan lain sebagainya.

Selain itu, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi vitamin mata Eyebost daripada menggunakan obat tetes mata.

Bukan tanpa sebab, ada beberapa alasan yang mendasarinya. Pertama, madu herbal Eyebost terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, jadi sangat aman dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping.

Sementara itu, obat tetes mata tidak disarankan untuk digunakan jangka panjang karena dapat memunculkan efek samping berbahaya bagi mata.

Kedua, Eyebost berbahan dasar madu yang aman untuk semua kalangan usia, mulai dari anak-anak usia 2 tahun sampai lansia bahkan penderita diabetes sekalipun.

Meanwhile, obat tetes mata yang terjual di pasaran (over-the-counter eye drops) hanya boleh digunakan untuk orang dewasa saja. Obat tetes mata untuk anak hanya bisa didapatkan dari resep dokter saja.

Semoga alasan di atas membantu kamu dalam memilih vitamin mata Eyebost sebagai perawatan serta perlindungan mata setiap hari agar mata selalu jernih, tajam, fokus, dan sehat bebas gangguan.

Teman mata, tunggu apalagi nih? Langsung aja check-out di website resmi Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi