Kesehatan

Apakah Mata Kabur dan Berbayang Itu? Ketahui Kebenaran Dan 5 Penyebabnya!

/

by Shaffi Kareem


Siapa sih yang nggak suka nonton film?

Aktivitas yang satu ini sangat digemari oleh semua kalangan usia. Terlebih lagi kalau menonton di bioskop yang mana gambar dan suara lebih mantap dan puas, ya. Pun, teknologi seperti 3 dimensi (3D) membuatnya kian menarik.

Untuk kualitas film 3D sendiri memang tidak diragukan lagi. Berbekal kacamata anaglyph, semua gambar nampak hidup. Akan tetapi, beberapa dari kita mengalami apa yang dinamakan mata kabur dan berbayang akibat sudut pandang yang tidak tepat.

Nah, yang akan menjadi pembahasan kita kali ini adalah mata kabur dan berbayang nih, teman mata. Meskipun istilahnya sama dengan kejadian di atas, mata kabur dan berbayang yang akan kita bahas memiliki konteks yang berbeda, lho.

Kali ini kita akan mencoba untuk mengulik mengenai apa itu mata kabur dan berbayang dari sisi medis atau kesehatan mata pada khususnya, berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Please, have a seat and read through with care.

Kondisi Mata Kabur Dan Berbayang

Mata adalah organ yang bisa mengalami sakit layaknya organ tubuh yang lain. Ada begitu banyak nama penyakit mata yang ditandai dengan berbagai macam gejala berbeda, seperti halnya mata kabur dan berbayang.

Perlu kamu tahu, mata kabur dan berbayang adalah dua gejala gangguan mata yang berbeda. Mata kabur diartikan sebagai penglihatan yang tidak jelas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan blurry eyes.

Ketika kamu mengalami mata kabur, benda-benda yang kamu lihat nampak tidak jelas dan tajam. Seringkali, kamu harus menyipitkan atau mengedipkan mata beberapa kali untuk memperjelas penglihatan kembali.

Umumnya, mata kabur tidak berbahaya sebab bisa membaik dalam hitungan detik. Kendati demikian, mata kabur bisa berbahaya kalau tidak kunjung membaik bahkan semakin parah dari sebelumnya.

Sementara itu, penglihatan berbayang adalah suatu kondisi ketika benda yang kamu lihat memiliki bayangan. Penglihatan berbayang disebut juga dengan penglihatan ganda atau diplopia.

Ketika mengalami mata berbayang, satu benda akan terlihat seperti dua benda. Misalnya, sebuah apel akan nampak seperti dua apel, maka dari itu kondisi ini disebut penglihatan ganda. Nah, kalau terus-terusan seperti ini, kepala akan terasa pusing bahkan hingga mual dan muntah.

Satu gejala gangguan mata saja sudah merepotkan, apalagi kalau kamu mengalaminya dua sekaligus seperti yang terjadi pada mata kabur dan berbayang.

Alangkah baiknya periksakan mata ke dokter spesialis mata terlebih dahulu untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, sehingga pengobatan pun bisa segera dilakukan.

Sangat memungkinkan mata kabur dan berbayang merupakan tanda penyakit berbahaya, lho.

Baca Juga: Ketahui 2 Jenis Mata Bengkak Karena Alergi Yang Sangat Menyiksa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Kabur Dan Berbayang

Generally, mata kabur dan berbayang merupakan gejala gangguan mata tertentu. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini tetap membutuhkan penanganan walaupun sesederhana pemakaian kacamata atau softlens sekalipun.

Dari sekian banyak penyebab mata kabur dan berbayang, beberapa di antaranya yang paling umum terjadi adalah seperti:

1. Kelainan refraksi

Penglihatan manusia memiliki rangkaian proses yang kompleks. Dimulai dari masuknya cahaya ke dalam mata hingga pada pengiriman sinyal dari saraf optik di retina menuju otak.

Nahasnya, adanya kelainan refraksi mengganggu jalannya proses ini.

Cahaya yang masuk ke dalam mata seharusnya diteruskan ke dalam dan dibiaskan hingga pada akhirnya dijatuhkan tepat di retina.

Pada kasus ini, kelainan refraksi menyebabkan cahaya jatuh di depan dan belakang retina, bahkan tidak beraturan.

Kelainan refraksi membuat penderitanya tidak mampu melihat benda dengan jelas nih, teman mata.

Contoh kelainan refraksi adalah rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), silinder (astigmatisme), dan mata tua (presbiopi).

Terutama pada kasus astigmatisme atau mata silinder. Kelainan refraksi yang satu ini disebabkan karena cahaya dibiaskan secara tidak beraturan sehingga mengakibatkan mata kabur dan berbayang bagi penderitanya.

Setelah membaca penjelasan ini, kelainan refraksi terasa familiar, bukan? Bahkan, mungkin banyak dari kalian yang mengalaminya.

Tapi tenang saja, gangguan mata yang satu ini tidak berbahaya dan bisa disembuhkan, kok.

2. Sindrom mata kering

Dry eyes syndrome atau sindrom mata kering adalah gangguan mata yang mengakibatkan permukaan mata tidak terlumasi dengan baik.

Pada mata normal, air mata akan melumasi seluruh permukaan mata setiap kali kita berkedip.

Sindrom mata kering atau yang biasa disebut dengan mata kering diakibatkan oleh penurunan produksi air mata dan penguapan air mata yang terlalu cepat.

Kondisi ini ditengarai menjadi gangguan mata yang paling umum terjadi. Beberapa faktor penyebabnya pun ada di sekitar kita, mulai dari pemakaian gadget berlebihan, rendahnya kelembaban udara, hingga polusi udara yang saat ini tengah menjadi permasalahan di daerah ibukota.

Sebenarnya, gangguan mata kering tidak berbahaya asalkan tidak dibiarkan tanpa penanganan. Pada beberapa kasus, mata kering menimbulkan mata kabur dan berbayang nih, teman mata. Hati-hati, ya!

3. Glaukoma

Berbeda dengan dua penyebab mata kabur dan berbayang sebelumnya, glaukoma terbilang serius bahkan bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan atau kebutaan. Ih, ngeri kan?

Glaukoma diartikan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata atau intraocular pressure yang kemudian menekan saraf mata hingga akhirnya terjadi kerusakan pada saraf mata tersebut.

Gangguan mata glaukoma bisa disembuhkan nih, teman mata, asalkan pengobatan langsung dilakukan begitu terdeteksi. Semakin dini, maka akan semakin baik.

For your information, glaukoma merupakan penyebab kebutaan terbesar nomor dua di dunia setelah katarak. Hilangnya penglihatan pada penderita glaukoma terjadi secara bertahap, dimulai dari penglihatan tepi (peripheral vision).

Jadi, kita harus selalu waspada dan alangkah lebih baik kalau kamu melakukan pemeriksaan mata secara rutin sesuai yang disarankan oleh ahli medis.

4. Katarak

Pada mata normal, lensa mata merupakan bagian mata yang berfungsi untuk membelokkan cahaya dan memfokuskannya ke retina sehingga kita bisa melihat dengan jelas.

Nah, terjadinya katarak membuat penglihatan kita berangsur keruh nih, teman mata.

Katarak merupakan penyebab mata kabur dan berbayang yang diakibatkan oleh penggumpalan lemak atau protein pada lensa mata. Gumpalan pada katarak nampak seperti awan putih pada penglihatan kita.

Perlu kamu tahu, katarak adalah penyebab kebutaan nomor satu di dunia. Hal ini menjadi alasan mengapa Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI menggalakkan program pencegahan katarak.

Meskipun menyebabkan kebutaan, katarak bisa disembuhkan. Pengobatannya pun bisa ditanggung oleh BPJS, lho.

5. Keratitis

Keratitis didefinisikan sebagai peradangan kornea, bagian mata berbentuk kubah transparan yang lokasinya berada di mata bagian depan.

Kornea menyelimuti iris dan pupil mata. Gangguan mata ini mengakibatkan mata kabur dan berbayang.

Penyebab keratitis bermacam-macam, ada yang menular dan tidak menular. Keratitis tidak menular disebabkan oleh cedera mata akibat masuknya benda asing di dalam mata atau terlalu lama menggunakan softlens.

Sementara itu, keratitis menular disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, parasit, dan mikroorganisme lainnya. Keratitis jenis ini bisa kamu ‘peroleh’ dari air yang terkontaminasi di danau, sungai, laut, bahkan kolam renang.

Cara Mengatasi Mata Kabur Dan Berbayang

Mata kabur dan berbayang pasti terasa sangat tidak nyaman, bahkan untuk beraktivitas pun sulit. Kondisi yang demikian tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab bisa menyebabkan pusing, mual, hingga kehilangan penglihatan.

Untuk mencegahnya terjadi, mata kabur dan berbayang harus diatasi berdasarkan penyebabnya. Adapun beberapa cara mengatasi mata kabur dan berbayang yang disarankan oleh ahli medis, di antaranya meliputi:

  • Hindari mengucek mata. Mengucek mata memang terasa nyaman, namun akan menyebabkan gangguan mata bertambah parah. Terlebih lagi, mengucek mata dengan tangan kotor berisiko mengakibatkan kontaminasi bakteri, virus, dan lain-lain.
  • Istirahatkan mata dari gadget. Terlalu lama menggunakan gadget memicu terjadinya mata kering dan mata lelah. Batasi penggunaan gadget dan jangan lupa lakukan aturan 20-20-20, ya.
  • Konsumsi makanan tinggi vitamin A. Dari zaman dahulu kala, vitamin A identik dengan kesehatan mata. Pada salah satu studi disebutkan kalau vitamin A mampu mengatasi mata kering dan menjaga kesehatan kornea mata.
  • Gunakan pelindung mata saat di luar ruangan. Penggumpalan protein atau lemak pada permukaan mata penyebab katarak disebabkan salah satunya oleh paparan sinar biru dari matahari. Untuk mengatasinya, gunakan selalu pelindung mata atau sunglasses, akan lebih baiknya lagi dilengkapi dengan fitur blue-ray.
  • Koreksi penglihatan dengan kacamata atau lensa. Kelainan refraksi penyebab mata kabur dan berbayang bisa diatasi dengan menggunakan lensa koreksi berupa kacamata atau softlens. Keduanya bisa kamu dapatkan dengan mudah di optik mata.
  • Minum air putih. Kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab mata kabur dan berbayang berupa mata kering. Cukupilah asupan cairan harian yaitu setidaknya 8 gelas atau 2 Liter sehari.
  • Operasi. Pada kasus tertentu, operasi dibutuhkan untuk mengatasi mata kabur dan berbayang, misalnya katarak. Operasi katarak dilakukan dengan mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa mata buatan yang baru untuk mengembalikan penglihatan.

Nggak terasa sudah di akhir pembahasan aja, nih. Teman mata sudah semakin tercerahkan mengenai mata kabur dan berbayang, bukan?

Yang kita anggap remeh selama ini ternyata lumayan serius kalau digali, bahkan sampai katarak dan glaukoma.

Nah, selain mengetahui cara mengatasinya, kita juga perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Cara menjaga kesehatan mata pun tidak sulit, kok. Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana tetapi berdampak, mulai dari mengonsumsi whole-food, mengurangi makanan olahan, penuhi asupan cairan, berolahraga rutin, dan minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost merupakan vitamin mata yang diformulasikan khusus untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah gangguan mata.

Vitamin mata Eyebost terbuat dari 4 bahan berkhasiat tinggi seperti madu hutan asli, ekstrak bilberry, bunga marigold, dan wortel.

Terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, madu Eyebost aman dikonsumsi oleh segala usia.

Anak-anak dijamin suka karena madu Eybost dipadukan dengan flavor blueberry sehingga rasanya manis dan segar.

Selain itu, vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena terbuat dari madu hutan asli dengan petunjuk pemakaian khusus, ya.

Manfaat Eyebost untuk kesehatan mata tidak diragukan lagi, bahkan sudah ribuan orang di Indonesia merasakan manfaatnya. Nah, sekarang giliran kamu!

Yuk, langsung pesan madu Eyebost yang asli hanya di website resminya sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi