Kesehatan

6 Menu Makanan Buka Puasa Sehat untuk Mata Agar Lebaran Lebih Berwarna

/

by Shaffi Kareem


Bulan ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Tapi, jujur aja deh, sebenarnya yang paling ditunggu adalah momen buka puasa kan? Saat-saat itulah ketika kita akhirnya bisa membasahi tenggorokan setelah hampir seharian berpuasa.

Beragam jenis makanan buka puasa mulai dari gorengan, es buah, es dawet, kebab, dan lain sangat menggugah selera dan tak jarang kita kalap dibuatnya. Imbasnya, berat badan naik dan kesehatan tubuh terganggu, tak terkecuali kesehatan mata.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mulai membahas tentang serba-serbi ramadan dimulai dari makanan buka puasa yang sehat agar tubuh tetap fit hingga hari lebaran tiba. Gak usah basa-basi lagi, let’s jump to the discussion!

Makanan Buka Puasa Agar Selalu Sehat

Makanan Buka Puasa Menyehatkan Mata

Siapa yang tidak excited saat tiba saatnya buka puasa? Sepertinya tidak ada ya. Momen buka puasa yang ditandai oleh kumandang adzan maghrib membuat siapapun senang sekaligus lega. Setiap dari kita langsung memburu makanan buka puasa yang telah disediakan di atas meja.

Eyeducation: Ketahui Jenis Penyakit Mata Yang Menyebabkan Buta Total

Saking enaknya menyantap makanan buka puasa, jangan sampai kamu makan berlebihan dan hanya mementingkan perut yang harus terisi penuh. Penting bagi kamu untuk memperhatikan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak dapat dipungkiti bahwa makanan buka puasa identik dengan gorengan dan berbagai jenis es seperti es campur, es buah, es kuwut, dan sebagainya.

Namun, tahukah kalian bahwa jenis makanan tersebut tidak boleh terlalu sering dikonsumsi terutama saat berbuka puasa?

Dilansir dari laman UGM, ahli gizi UGM mengatakan bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa seperti makanan dengan lemak tinggi seperti gorengan, serta makanan atau minuman yang mengandung santan.

Menghindari makanan tersebut bukan berarti tidak boleh mengonsumsi ya, teman. Kamu tetap bisa mengonsumsi asal dibatasi, misalnya cukup 2 biji saja sehari. Selain itu, santan yang dicampurkan pada makanan atau minuman tertentu, usahakan jangan terlalu kental.

Di samping itu, tidak direkomendasikan untuk makan makanan berat saat berbuka puasa agartidak menimbulkan gangguan lambung.

Usahakan makanan berat dikonsumsi usai tarawih saat lambung sudah siap diisi dengan makanan berat seperti nasi, lauk, sayur, dan sebagainya.

Makanan Buka Puasa Sehat untuk Mata

Makanan Buka Puasa Menyehatkan Mata

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah ngabuburit. Buat kamu yang belum tahu, ngabuburit adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan saat kita mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa dengan berjalan-jalan.

Banyaknya penjaja makanan di sepanjang jalan, ngabuburit seringkali juga menjadi ajang mencari makanan buka puasa atau yang disebut juga dengan takjil. Mulai dari beragam jenis es, cilok, gorengan, kebab, dan jajanan basah tumpah ruah di jalanan.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama mata. Mengapa mata? Karena apabila mata mengalami gangguan, momen lebaran bersama keluarga menjadi kurang berkesan. Oleh karenanya, ada nih beberapa rekomendasi makanan buka puasa sehat untuk mata, seperti:

1. Kurma

Kurma identik sekali dengan makanan buka puasa yang wajib ada di meja karena kurma adalah makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ada sebuah hadits yang berbunyi:

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ


Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak didapati kurma, maka berbukalah dengan air karena itu mensucikan.”

Selain rasanya yang manis, kurma mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk mata, seperti antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gangguan atau penyakit mata, misalnya katarak. Adapun beberapa nutrisi dalam kurma, yaitu:

  • Flavonoid. Ini adalah jenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah diabetes karena mengandung efek antidiabetes, sehingga mencegah terjadinya retinopati diabetik yang merupakan komplikasi diabetes pada mata.
  • Karotenoid. Jenis antioksidan yang satu ini dikenal dengan perannya dalam memelihara kesehatan mata. Lutein merupaka salah satu matu senyawa karotenoid yang memiliki peran dalam mencegah gangguan mata, khususnya katarak.
  • Vitamin A. Vitamin jenis ini identik dengan kesehatan mata yang bermanfaat untuk mencegah mata dari rabun senja dan mata kering sebagai akibat dari kekurangan atau defisiensi vitamin A.

2. Es Buah

Salah satu jenis es yang tidak bisa lepas dari momen buka puasa adalah es buah. Jenis es yang satu ini terbuat dari beragam jenis buah-buahan potong yang ditambahkan sirup, susu kental manis, dan es batu. Rasanya jangan ditanya lagi. Beuhhhh…. seger!

Terbuat dari banyak jenis buah, membuat es buah menjadi salah satu minuman atau makanan buka puasa sehat untuk mata. Di bawah ini adalah beberapa jenis buah yang dikombinasikan dalam semangkuk es buah beserta nutrisinya, yaitu:

  • Buah naga. Dragon fruit atau buah naga adalah buah yang rasanya manis dan dibungkus oleh kulit yang menyerupai sisik naga. Buah naga merah lebih umum digunakan dalam es buah, yang mana mengandung antioksidan pencegah katarak.
  • Melon. Melon memiliki daging buah yang mengandung banyak air sehingga rasanya manis dan segar. Buah melon ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin yang menjaga kesehatan mata sekaligus mencegahnya dari hilangnya penglihatan.
  • Alpukat. Alpukat sangat baik untuk mata sebab mengandung antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin, vitamin A, dan E yang dapat menurunkan risiko mata terkena katarak dan degenerasi makula.
  • Anggur. Anggur adalah buah yang memiliki rasa manis dan asam segar yang baik untuk mata karena lutein dan zeaxanthin (mencegah penyakit mata), serta zat resveratrol (mengurangi garis halus pada area mata).
  • Apel. Diperkaya oleh vitamin A, C, lutein dan zeaxanthin, membuat apel menjadi salah satu buah yang patut dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan amata kamu. Mengkombinasikannya dalam es buah kamu dapat memperkaya nutrisi di dalamnya.
  • Nanas. Buah nanas memiliki rasa manis dan asam yang membuat rasanya segar apabila dimakan langsung atau diolah menjadi es buah. Kandungan vitamin  C yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata kamu.

3. Pecel

Pecel adalah makanan tradisional yang terbuat dari beragam jenis sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Selain rasanya yang lezat, pecel menjadi salah satu makanan buka puasa sehat untuk mata.

Dalam satu piring pecel, umumnya terdapat sayur-mayur seperti bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, timun, dan bumbu kacang yang mana sayuran tersebut mengandung nutrisi yang baik utnuk mata, seperti:

  • Lutein dan zeaxanthin
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Omega-3
  • Asam kafeat (untuk mengurangi penumpukan air di mata)
  • Antioksidan

4. Bubur Kacang Hijau

Makanan Buka Puasa Menyehatkan Mata

Bubur kacang hijau menjadi salah satu menu yang wajib ada dalam deretan sajian berbuka puasa. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dari gula jawa, gurih dari santan, dan wangi dari daun pandan.

Siapa sangka, selain rasanya yang lezat, nyatanya bubur kacang hijau sangat baik untuk kesehatan mata, lho! Kacang hijau mengandung vitamin A dan karotenoid yang sangat baik untuk memelihara mata kamu tetap sehat.

Di samping itu, mengonsumsi kacang hijau secara rutin juga dapat mencegah terjadinya degeneradsi makula yang dapat mengganggu fungsi penglihatan kamu. Namun, sebaiknya, santan yang diberikan jangan terlalu kental ya, teman!

5. Jus buah

Tidak ada yang dapat mengalahkan segarnya jus buah pada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang segar, jus buah juga menyehatkan badan sebab terbuat dari buah-buahan asli tanpa pengawet buatan.

Alangkah baiknya apabila kamu membuat jus buah sendiri di rumah supaya dapat menyesuaikan jumlah gula yang ditambahkan dan menghindari pemberian pengawet seperti halnya pada jus buah kemasan.

Di samping itu, jus buah menjadi salah satu minuman atau makanan buka puasa sehat untuk mata sebab terbuat dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C, antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin seperti jeruk, strawberry, alpukat, melon, dan sebagainya.

6. Kolak

Kolak menempati urutan pertama dalam ‘hirarki’ makanan buka puasa saat ramadan. Makanan yang satu ini terbuat dari pisang, kolang kaling, singkong, dan ubi jalar yang ditambah dengan kuah gula jawa dan santan yang manis, gurih, dan wangi.

Dimakan dalam kondisi hangat atau dingin tidak mengurangi kenikmatannya. Namun, tahukah kalian bahwa kolak baik untuk mata? Ubi jalar oranye memiliki kandungan betakaroten yang tinggi sehingga dapat membantu kamu menjaga kesehatan mata.

Makanan Yang Dihindari Saat Buka Puasa

Makanan Buka Puasa Menyehatkan Mata

Berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa hampir 12 jam lamanya. Akan tetapi, jangan sampai momen berbuka menjadi ajang ‘balas dendam’ untuk makan semua yang ingin kita makan.

Mulai dari makanan berminyak, pedas, hingga bersantan memang menggiurkan. Namun, kamu harus tahu bahwa makanan tersebut akan membawa efek yang menyakitkan bagi tubuh, terutama lambung.

Dilansir dari laman kompas, beberapa jenis minuman dan makanan yang harus dihindari saat buka puasa, seperti:

1. Makanan Pedas

Selama berpuasa, lambung kita kosong dari makanan. Untuk mengisi lambung pun harus berhati-hati sebab makanan pedas dapat memicu perut mulas bahkan diare akibat adanya zat bernama capsaicin.

Di samping itu, diare akibat makanan pedas dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan selama berpuasa. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan pada kasus yang parah dapat mengancam nyawa.

2. Makanan Berminyak

Tidak dapat dipungkiri bahwa gorengan merupakan primadona saat bulan ramadan. Namun, makanan buka puasa satu ini nyatanya tidak baik untuk kesehatan tubuh apabila terlalu banyak dan terlalu sering dikonsumsi

Perlu adanya pembatasan, setidaknya cukup 2 biji saja sehari. Alangkah lebih baiknya apabila gorengan tidak dikonsumsi setiap hari.

3. Makana Dan Minuman Asam

Makanan atau minuman asam tidak baik dikonsumsi saat buka puasa. Rasa asam yang mengenai lambung akan menyebabkan lambung bereaksi sehingga meningkatnya asam lambung disertai dengan rasa perih, mual, dan tidak nyaman.

Seperti halnya makanan pedas, makanan asam dapat mengakibatkan diare karena memicu tekanan akibat gas dalam perut sehingga mengganggu sistem pencernaan.

4. Kopi

Maraknya minuman kopi kekinian seperti sekarang ini, tidak heran apabila es kopi menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan dahaga saat buka puasa. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kopi mengandung kafein.

Kandunga kafein pada kopi akan mengakibatkan mual, perut ulas, naiknya asam lambung, hingga pencernaan terganggu. Bahkan, meminumnya saat perut kosong seperti pada saat berbuka akan merusak lapisan perut oleh zat asam kopi.

5. Minuman Dingin Atau Es

Tidak disarankan buat kamu mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa. Meskipun menyegakan, minuman tersebut dapat memicu kerusakan selaput lendir dan menyebabkan kontraksi pada lambung.

Minum es tidak dilarang, namun sebaiknya dahulukan dengan minum air ptih dengan suhu normal tubuh untuk menghindari terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.

Jangan sampai hanya karena berlebih-lebihan pada saat berbuka puasa, kesehatan jadi terganggu, terutama mata.

Demi lebaran yang lebih berwarna, yuk kita jaga asupan makanan buka puasa! Selan itu, jangan lupa mengonsumsi vitamin mata untuk mendapatkan efek proteksi tambahan.

Salah satu vitamin mata yang direkomendasikan adalah Eyebost. Madu asli digunakan sebagai bahan utama yang mengandung antioksidan, serta dikombinasikan dengan ekstak bilberry, wortel, dan bunga marigold yang kaya akan vitamin A, C, dan senyawa lutein serta zeaxanthin.

Konsumsilah Eyebost setiap hari sebanyak 2 sendok di waktu sahur atau berbuka dan kamu akan mendapatkan mata yang jernih, fokus, tajam, dan sehat. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi