Lifestyle

9 Kebiasaan Merusak Kondisi Mata yang Perlu Dihindari Untuk Mata yang Lebih Sehat

/

by Shaffi Kareem


Terkadang kita tidak sadar melakukan kebiasaan merusak kondisi mata, padahal menjaga kesehatan mata bukanlah hal yang sulit apabila kita mengetahui ilmunya.

Pasalnya, terjadinya gangguan mata seringkali diakibatkan oleh ulah kita sendiri, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Salah satu contoh nyatanya adalah kebiasaan merusak kondisi mata yang umumnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berdampak pada mata saja, kebiasaan semacam ini tidak menutup kemungkinan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya nih, teman mata.

Kamu mau tau apa sajakah kebiasaan merusak kondisi mata yang seharusnya tidak kita lakukan?

Ikuti terus pembahasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Mata Rusak Akibat Kebiasaan Buruk, Mungkinkah?

Kemajuan teknologi dan informasi sangat memudahkan aktivitas kita. Segala sesuatunya terkesan lebih cepat, efisien, praktis, dan terukur. Pun, hiburan sangat mudah diperoleh hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Bagaimanapun, seringkali kita terlena dengan segala kemudahan ini. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa bermain smartphone atau gawai terlalu lama mengakibatkan munculnya masalah kesehatan terutama pada mata.

Isu ini sudah menjadi perhatian bagi ahli medis, mengingat dampak yang ditimbulkan kian meluas, termasuk mengganggu prestasi akademik anak di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi penelitian yang berjudul Hubungan Kelainan Refraksi dengan Prestasi Belajar Anak di SMP Kristen Eben Haezar 2 Manado.

Honestly, bermain gawai berlebihan hanyalah satu dari sekian banyak kebiasaan merusak kondisi mata nih, teman mata. Agaknya, kita akan terkejut saat mengetahui bahwa masih ada  banyak kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan kerusakan pada mata tanpa kita sadari.

Oleh karenanya, dengan mengetahui kebiasaan semacam ini, diharapkan akan ada upaya preventif, khususnya dari diri sendiri, demi mewujudkan mata yang sehat dan masa depan yang gemilang.

Kebiasaan Merusak Kondisi Mata

Tidak terbantahkan, beberapa gangguan mata memang diturunkan dalam keluarga, misalnya mata minus, katarak, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, sebagian yang lain berpotensi muncul akibat perawatan mata yang tidak baik, lho.

Berikut di bawah ini merupakan sembilan kebiasaan merusak kondisi mata yang wajib kamu tau, di antaranya adalah:

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Mudik Agar Mata Sehat dan Selamat Sampai Tujuan

1. Merokok

Merokok masuk ke dalam salah satu kebiasaan merusak kondisi mata. Kenapa demikian?

Merokok tidak hanya menyebabkan iritasi pada, namun juga meningkatkan risiko perkembangan Age-related Macular Degeneration (AMD) yang umumnya banyak dialami oleh orang yang berusia di atas 55 tahun.

Selain itu, studi penelitian yang dipublikasikan oleh Clinical Interventions in Aging menyebutkan bahwa perokok berisiko terkena AMD 2-4 kali lipat apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

2. Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

Seperti yang sudah kita bahas di pembahasan pertama, mereka yang menghabiskan waktu lama di depan layar gawai terancam terkena gangguan penglihatan seperti mata lelah.

Parahnya, kebiasaan merusak kondisi mata yang satu ini telah banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah. Seharusnya, aturan pembatasan screen time diberlakukan oleh kedua orang tua mengingat efek yang ditimbulkan tidak main-main nih, teman mata.

3. Tidak Memakai Pelindung Mata

Bukan gaya-gayaan, memakai sunglasses berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan. Fitur anti ultraviolet membantu meminimalisir paparan sinar ultraviolet ke dalam mata. Pasalnya, sinar semacam ini dapat menyebabkan kerusakan sel pemicu berbagai gangguan mata, seperti katarak dan kanker mata.

Selain itu, gunakan pelindung mata saat melakukan pekerjaan atau aktivitas berisiko, seperti mengelas atau berkontak langsung dengan cairan kimia.

4. Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Umumnya, lensa kontak digunakan untuk mengoreksi kelainan refraksi yang dialami oleh seseorang, baik itu minus maupun plus. Tidak hanya itu, lensa kontak kian digemari untuk menambah nilai keindahan pada mata sebab motif dan warnanya apik dan beragam.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa lensa kontak tidak boleh digunakan untuk tidur. Hal ini merusak kondisi mata sebab permukaan mata cenderung menjadi lebih kering dan gangguan mata seperti abrasi kornea hingga infeksi sangat mungkin terjadi.

5. Mengucek Mata

Ketika mata terasa tidak nyaman, kita cenderung untuk langsung mengucek mata. Iya atau iya?

Perlu kita ketahui, mengucek mata merupakan kebiasaan buruk penyebab mata rusak yang seharusnya tidak boleh dihindari. Hal ini dapat memicu mata iritasi akibat goresan berulang pada permukaan mata, lho.

Selain itu, berbagai jenis mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit terancam menginfeksi mata apabila tangan berada dalam kondisi tidak bersih.

6. Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

Siapa nih di sini yang kebiasaan tidur tanpa membersihkan makeup?

Bukan hanya soal kebersihan kulit wajah, tidur tanpa membersihkan makeup adalah kebiasaan merusak kondisi mata, nih.

Ketika partikel-partikel makeup masuk ke dalam mata, hal tersebut memungkinkan iritasi mata terjadi. Di samping itu, penyumbatan pada saluran kelenjar air mata atau kelenjar minyak pun sangat mungkin terjadi. Akibatnya, peradangan mata pun tak terhindarkan.

7. Minum Alkohol Berlebihan

Minum alkohol lebih dari 1 gelas untuk wanita dan 2 gelas untuk pria sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli medis. Bukan tanpa alasan, kadar alkohol dalam darah yang beracun dapat merusak saraf optik dan penglihatan pusat secara permanen.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2021 pada Journal of Ophthalmic and Vision Research disebutkan bahwa terjadi peningkatan risiko penyakit mata seperti AMD, katarak, diabetik retinopati, dan berbagai jenis neuropati optik akibat konsumsi alkohol berlebihan.

8. Mengabaikan Nutrisi untuk Mata

Untuk memperoleh tubuh yang sehat, kita juga harus peduli pada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, tak terkecuali mata. Demi memperoleh mata yang sehat, kita harus memastikan bahwa tubuh memerlukan nutrisi khusus, misalnya vitamin A, C, E, maupun antioksidan antosianin, lutein, dan zeaxanthin.

Yang sangat disayangkan adalah kenapa saat ini banyak dari kita yang abai terhadap nutrisi untuk tubuh. Kita lebih memilih untuk mengonsumsi junkfood dan fastfood ketimbang realfood itu sendiri. Kebiasaan merusak kondisi mata yang satu ini harus dihentikan ya, teman mata.

9. Tidak Melakukan Pemeriksaan Mata

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesadaran untuk melakukan pemeriksaan mata masih sangat kurang. Padahal, pemeriksaan semacam ini dapat membantu mendeteksi gejala awal penyakit mata sehingga kemungkinan pencegahan perkembangannya pun masih sangat tinggi.

Idealnya, pemeriksaan mata wajib dilakukan setidaknya 1-2 tahun sekali. Dengan kondisi tertentu, pemeriksaan mata harus dilakukan lebih sering guna mengetahui perkembangannya.

Pada akhirnya, kebiasaan merusak kondisi mata harus segera disudahi demi kebaikan diri dan masa depan kita. Tidak hanya itu, kita juga perlu melakukan beberapa upaya untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya adalah minum vitamin mata Eyebost.

Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan khusus untuk memelihara kesehatan mata dan menjaga penglihatan tetap jernih, fokus, dan tajam. Terbuat dari 100% bahan alami, vitamin ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia tanpa efek samping.

Komposisinya pun tidak main-main. Kamu akan mendapatkan kebaikan dari madu hutan asli, ekstrak wortel, buah bilberry, dan bunga marigold yang mengandung vitamin A, C, E, dan antioksidan lutein, antosianin, flavonoid, dan polifenol.

Buat kamu yang ingin menjaga kesehatan mata, yuk mulai rutin minum Eyebost mulai hari ini!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi