Kesehatan

11 Penyebab Mata Buram dan Cara Menjernihkan Mata Secara Alami yang Low Effort Banget!

/

by Shaffi Kareem


Agaknya, semua orang setuju dengan pernyataan “Mata adalah kamera terbaik”. Bagaimana tidak, mata telah didesain sedemikian rupa untuk menangkap gambar dengan sempurna, baik itu dari segi presisi, tone, setajaman, kefokusan, kejernihan, dan masih banyak lagi.

Belum lagi, keunggulan mata yang dapat menangkap jutaan warna kian membuat takjub. Dengan fungsinya yang sangat sempurna, akan sangat tersiksa ketika mata mendadak buram. Kalau sudah begitu, cara menjernihkan mata seperti apakah yang paling tepat untuk dilakukan?

Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus pada isu cara menjernihkan mata. Eitsss tenang, kita juga akan mengupas apa saja sih penyebab mata buram agar kita lebih peduli dengan kesehatan mata kita sendiri.

Tanpa banyak intro, yuk kita langsung saja masuk ke pembahasan pertama mengenai mata buram!

Mengalami Mata Buram

Cara Menjernihkan Mata

Lagi asik marathon drama Korea, tiba-tiba mata buram? Duh, ganggu banget sih pastinya!

By the way, semua orang pasti pernah mengalami mata buram, tidak terkecuali anak-anak dan orang lanjut usia. Namun, tahukah kamu apa itu mata buram?

Baca Juga: 4 Kiat Membeli Kacamata Minus Agar Tetap Stylish Meskipun Berkacamata

Mata buram adalah suatu kondisi di mana mata tidak mampu melihat suatu benda dengan jelas dan sulit untuk dapat melihat detail pada setiap benda. Biasanya, kamu akan cenderung menyipitkan mata agar dapat melihat dengan lebih jelas.

Pada beberapa kasus, mata buram akan terus berkembang lebih parah kalau tidak ditangani dengan baik, bahkan berisiko mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen. Bagaimanapun, kemunculannya pun seringkali tiba-tiba.

Sebenarnya, kondisi ini terbilang umum terjadi dan tidak berbahaya selama intensitasnya tidak terlalu sering dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Pun, kondisi ini banyak dialami oleh kalangan usia lanjut akibat penurunan fungsi penglihatan.

Di samping itu, kemajuan teknologi membuat kasus mata buram makin melonjak. Terlalu lama menatap layar gawai tanpa istirahat berpotensi mengakibatkan mata menjadi buram.

Namun, jika kamu mengalami kejanggalan pada penglihatanmu seiring dengan terjadinya mata buram, segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata guna menadapatkan diagnosa serta penanganan lebih lanjut.

Penyebab Mata Buram yang Dapat Diobati Secara Alami

Meskipun membaik dengan sendirinya, kita perlu melakukan observasi atau pemantauan mandiri guna mengetahui seberapa parah mata buram yang dialami.

Bagaimanapun, kita juga tidak seharusnya khawatir berlebihan sebab di antara banyak penyebabnya, ada beberapa faktor penyebab yang dapat diobati secara alami, seperti:

1. Mata kering

Mata kering adalah suatu kondisi ketika permukaan mata tidak terhidrasi dengan baik. Umumnya, kamu mengalami mata kering saat bangun tidur. Tidur menggunakan kipas angin atau tinggal di daerah dengan iklim kering dapat memperparah kondisi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengalami mata kering ketika terlalu lama menggunakan lensa kontak maupun menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama tanpa berkedip. Hal tersebut berpotensi menyebabkan mata kering dan mata buram.

Kamu bisa menerapkan cara menjernihkan mata kering secara alami dengan mengistirahatkan mata dari layar gawai dan jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan cairan harian.

2. Alergi

Mata iritasi dan gatal yang ditimbulkan akibat paparan zat alergen dapat mengakibatkan munculnya mata buram. Mata alergi disebut juga dengan konjungtivitis alergi.

Adapun gejala lain yang ditimbulkan ketika kamu mengalami alergi, yaitu bersin, hidung berair, dan keluarnya lendir dari hidung. Cara menjernihkan mata akibat alergi bisa dilakukan dengan memastikan area mata tetap bersih.

Kalau diperlukan, mengonsumsi antihistamin dapat membantu meredakan gejala yang kamu alami.

3. Mata lelah

Kebanyakan nonton drama Korea bisa bikin mata lelah, lho. Kok bisa?

Jadi, sebenarnya mata lelah adalah suatu gangguan mata yang muncul setelah menatap layar komputer atau gawai terlalu lama tanpa istirahat. Kasus ini sangat umum terjadi, terlebih lagi di era serba teknologi seperti sekarang ini.

Bukan hanya mata buram, mata lelah menunjukkan gejala lainnya seperti mata kering, berair, merah, hingga pusing, mual, dan muntah. Siapapun bisa terkena mata lelah, termasuk anak-anak.

Cara menjernihkan mata lelah dapat dilakukan secara alami tanpa perawatan medis sekalipun. Bahkan, kondisi ini akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa saat.

4. Abrasi kornea

Kornea adalah bagian mata yang berupa kubah transparan pada bagian depan mata.  Abrasi kornea merupakan sebutan lain dari kornea yang tergores atau mengalami cedera.

Adapun beberapa faktor yang memicu abrasi kornea, yaitu goresan dari kuku, brush makeup, maupun ranting pohon. Kamu mungkin akan merasakan sensasi masuknya benda asing pada mata selain mengalami mata buram.

5. Cuaca dingin

Cuaca dingin ekstrem dapat memicu mata buram akibat penyusutan pembuluh darah pada mata. Selain itu, mata buram pun tak terelakkan sebab udara dingin cenderung lebih kering (kelembaban udara rendah) daripada udara hangat.

Kondisi tersebut mungkin relatif sering menyerang orang-orang yang tinggal pada daerah beriklim subtropis di mana musim dingin dipenuhi dengan salju dengan udara yang sangat dingin.

Penyebab Mata Buram yang Dapat Diobati Secara Medis

Ketika kita membicarakan mata buram, tidak semua penyebab mata buram bisa diobati dengan cara alami. Ada beberapa faktor lain yang mengharuskan kita untuk memperoleh pengobatan medis guna meringankan gejalanya dan mencegah perkembangannya.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa penyebab mata buram yang hanya bisa diobati secara medis, di antaranya meliputi:

1. Kelainan refraksi

Kelainan refraksi merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi ketika cahaya yang masuk ke dalam mata tidak berhasil difokuskan di retina, namun justru jatuh di depan, belakang, atau tak beraturan.

Ada empat jenis kelainan refraksi, yaitu mata minus (miopi), mata plus (hipermetropi), mata silinder (astigmatisme), dan mata tua (presbiopi).

Cara menjernihkan mata akibat kelainan refraksi dilakukan melalui prosedur medis, seperti halnya penggunaan kacamata, softlens, maupun operasi.

2. Konjungtivitis

Konjungtiva merupakan bagian mata berupa selaput atau membran tipis menyelimuti bagian mata berwarna putih yang disebut dengan sklera. Sementara itu, konjungtivitis adalah istilah medis yang merujuk pada peradangan konjungtiva. 

Seringkali disebut sebagai mata belekan, konjungtivitis memunculkan gejala seperti mata buram, gatal, nyeri, merah, berair, dan keluarnya belek atau kotoran mata. Gangguan mata yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun alergi.

Menggunakan obat tetes mata antibiotik merupakan salah satu cara menjernihkan mata akibat konjungtivitis agar infeksi tidak semakin parah.

3. Diabetes

Ketika kadar gula dalam darah tinggi selama jangka waktu yang lama, maka hal tersebut berpotensi menyebabkan penyakit kronis diabetes.

Tidak berhenti sampai di situ, diabetes yang tidak terkendali mengakibatkan komplikasi, salah satunya retinopati diabetik. Penyakit mata yang satu ini merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa di Amerika.

Retinopati diabetik mengakibatkan kerusakan pembuluh darah retina. Jika tidak segera ditangani, mata buram dikhawatirkan kian memburuk hingga menyebabkan kebutaan.

4. Penyakit Graves

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan tubuh memproduksi hormon tiroid terlalu banyak atau yang dalam istilah medis disebut dengan hipertiroidisme.

Kalau dibiarkan begitu saja, penyakit Graves menyebabkan berbagai permasalahan pada mata seperti mata buram, penglihatan ganda, dan masih banyak lagi.

5. Tekanan darah tinggi

Efek tekanan darah tinggi menyebar hingga ke seluruh tubuh, tidak terkecuali pembuluh darah kecil pada mata.

Tekanan darah tinggi menyebabkan penyempitan pembuluh darah mata di retina sehingga aliran darah pun terhambat hingga mengakibatkan pembengkakan.

Lema kelamaan, kerusakan pembuluh darah dan munculnya masalah penglihatan pun tak terhindarkan. Kondisi ini disebut dengan istilah retinopati hipertensi atau hypertensive retinopathy.

6. Penyakit mata

Selain yang penyebab mata buram yang telah di sebutkan di atas, masih ada banyak penyakit mata yang berisiko menyebabkan penglihatan buram bahkan kebutaan sekalipun.

Berikut di bawah ini deretan penyakit mata penyebab mata buram yang perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Glaukoma
  • Katarak
  • Age-related Macular Degeneration 
  • Strabismus atau mata juling
  • Sindrom mata kering
  • Ablasio retina
  • Kerusakan pada saraf mata

Cara Menjernihkan Mata Secara Alami

Cara Menjernihkan Mata Secara Alami

Mengalami gangguan mata tidak selalu mengkhawatirkan. Ada beberapa kasus yang memerlukan penanganan medis, namun banyak juga yang bisa ditangani menggunakan cara menjernihkan mata secara alami, lho.

Healthline telah merangkum cara menjernihkan mata yang buram agar kembali berfungsi dengan baik, di antaranya:

  • Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20
  • Lumasi permukaan mata
  • Tingkatkan kualitas udara
  • Berhenti merokok
  • Hindari zat alergen
  • Konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3
  • Pakai pelindung mata
  • Penuhi asupan vitamin A
  • Bersihkan kontak lensa

Bagaimanapun, cara menjernihkan mata di atas harus diimbangi juga dengan penerapan pola hidup sehat ya, teman mata, salah satunya adalah makanlah makanan yang bergizi tinggi, misalnya vitamin A dan antioksidan lutein.

Oh iya, selain dari makanan, kamu bisa memenuhi nutrisi tersebut dengan minum vitamin mata Eyebost. Vitamin mata yang satu ini diformulasikan khusus untuk memelihara penglihatan tetap sehat, fokus, tajam, dan jernih.

Jadi, bisa dikatakan kalau vitamin mata Eyebost merupakan salah satu cara menjernihkan mata buram secara alami, berkat bahan-bahan alaminya, mulai dari ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli.

Tidak heran kamu mendapatkan semua kebaikan Eyebost dari nutrisinya yang kompleks seperti vitamin A, C, E, serta antioksidan berupa lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Buat kamu yang mencari cara menjernihkan mata dan menjaga kesehatan mata, kamu bisa banget konsumsi Eyebost yang dibuat hanya dari bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan.

Yuk, pesan di website resminya sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi