Lifestyle

3 Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang, Bukannya Untung Malah Buntung

/

by Shaffi Kareem


Seiring dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan, sebagian masyarakat memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami atau organik, mulai dari sabun, obat-obatan, hingga makanan dan minuman.

Seperti halnya kutipan oleh Hippocrates, “Our food should be our medicine, and our medicine should be our food”.

Salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pewarna alami adalah bunga telang. Bunga ini mengeluarkan warna biru yang cantik ketika direndam air hangat.

Sering dikonsumsi sebagai minuman, tapi tahukah kamu tentang bahaya cuci mata menggunakan bunga telang?

Meskipun bahan organik atau alami, tidak berarti semua hal bisa digunakan tanpa panduan ya, teman mata.

Maka dari itu, kali ini kita akan fokus membahas tentang apa itu bunga telang, bahaya cuci mata menggunakan bunga telang, serta cara memanfaatkan bunga telang yang aman.

Stay tuned, teman mata!

Apa Itu Bunga Telang?

Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang

Lihat kebunku, penuh dengan bunga. Ada yang putih, dan ada yang merah

Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi?

Hanya disebutkan bunga putih dan merah, ternyata ada juga bunga berwarna biru yang sering nangkring di kebun. Ya, apalagi kalau bukan bunga telang.

Bunga telang atau yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea adalah bunga yang tumbuhan asli dari Asia. Bunga ini dikaruniai warna yang mencolok yaitu biru terang.

Bunga telang atau yang disebut juga dengan butterfly pea flower mengandung antioksidan berupa antosianin yang tinggi. Klaim ini sudah dibuktikan di dalam jurnal penelitian berjudul Butterfly Pea (Clitoria ternatea), a Cyclotide-Bearing Plant With Applications in Agriculture and Medicine.

Oleh karenanya, banyak pengusaha yang memanfaatkan warna unik bunga telang sebagai bahan kosmetik atau warna alami untuk tekstil, makanan, maupun minuman.

Bunga yang satu ini juga umum dijadikan sebagai bahan seduhan teh herbal, yang kerap kali dikombinasikan juga dengan sereh, madu, dan lemon. Fun fact, seduhan biru bunga telang akan berubah menjadi ungu ketika diberikan perasan lemon, lho.

Pemanfaatan bunga telah juga populer di kalangan ahli mixologi sebagai bahan untuk membuat cocktail. Namun, pemanfaatan ini dilakukan ketika tingkat keasaman teh bunga telang berubah.

Manfaat Bunga Telang

Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang – Ini Manfaat Bunga Telang

Bagaimanapun, potensi obat dalam bunga telang tidak diragukan lagi sehingga tidak heran kalau bunga telang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang potensial.

Mengingat bahaya cuci mata dengan bunga telang, ada tiga manfaat utama bunga telang untuk kesehatan seperti yang dilansir dari laman Healthline, yaitu:

1. Menunjang Kesehatan Rambut dan Kulit

Para produsen kosmetik begitu membanggakan efektivitas bunga telang, mulai dari perawatan rambut seperti shampo dan serum untuk perawatan kulit sebab kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dalam studi penelitian berjudul Cosmetic and Dermatological Properties of Selected Ayurvedic Plant Extract mengatakan bahwa penggunaan ekstrak bunga telang dapat meningkatkan kelembaban kulit hingga 70% setelah satu jam penggunaannya.

Selain itu, jurnal penelitian berjudul 5α-Reductase Inhibition and Hair Growth Promotion of Some Thai Plants Traditionally Used for Hair Treatment pemberian ekstrak bunga telang juga dinilai efektif untuk menumbuhkan rambut daripada minoxidil, produk yang umumnya digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

2. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik, ternyata bunga telang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan nih, teman mata.

Dalam studi penelitian yang berjudul Clitoria ternatea Flower Petal Extract Inhibits Adipogenesis and Lipid Accumulation in 3T3-L1 Preadipocytes by Downregulating Adipogenic Gene Expression, pembentukan sel lemak dapat diperlambat oleh ekstrak bunga telang dengan cara mengatur jalan tertentu yang terlibat langsung dalam pembentukan sel.

Penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan dalam bunga telang bernama ternatin berpotensi menghambat proses sintesis sel lemak di dalam tubuh.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bunga telang baik untuk penderita diabetes. Bukan tanpa alasan, statement tersebut telah dibuktikan dalam sebuah jurnal penelitian berjudul Acute Effect of Clitoria ternatea Flower Beverage on Glycemic Response and Antioxidant Capacity in Healthy Subjects: A Randomized Crossover Trial.

Studi tersebut dilakukan pada 15 pria dan memperoleh hasil bahwa meminum minuman bunga telang meningkatkan kadar antioksidan sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan insulin walaupun minuman tersebut mengandung gula.

Dalam studi penelitian lain berjudul Inhibitory Effect of Clitoria ternatea Flower Petal Extract on Fructose-Induced Protein Glycation and Oxidation-Dependent Damages to Albumin in Vitro menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam bunga telah membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

Baca Juga: Waspadai 4 Tanda Operasi Katarak Gagal, Bisa Sebabkan Kebutaan!

Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang

Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang – Pahami Bahayanya

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat bunga telang untuk kesehatan mata. Jadi, kalau ada klaim yang menyebutkan manfaat bunga telang misalnya untuk mencuci mata, maka hal tersebut sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya ya, teman mata.

Lantas, mengapa cuci mata menggunakan bunga telang berbahaya?

Berikut di bawah ini beberapa bahaya cuci mata menggunakan bunga telang yang harus diwaspadai, di antaranya adalah:

1. Mata iritasi

Senyawa alkali yang terkandung di dalam bunga telang berisiko mengakibatkan iritasi pada mata. Inilah salah satu bentuk bahaya cuci mata menggunakan bunga telang.

Sesaat setelah mata berkontak langsung dengan air bunga telang, kamu mungkin akan merasakan gejala iritasi mata seperti peradangan, merah, serta sensasi terbakar pada mata.

Jadi, berhati-hatilah dalam memanfaatkan bunga telang terutama jika harus berkontak langsung dengan organ atau bagian tubuh tertentu, seperti halnya pada mata.

2. Infeksi

Mengompres mata dengan air bunga telang masuk ke dalam salah satu bahaya cuci mata menggunakan bunga telang. Bagaimanapun, kompres mata melibatkan kontak langsung dengan mata.

Risiko terjadinya infeksi sangat tinggi sebab air bunga telang tidak terjamin higienis dan bebas dari mikroorganisme, sehingga pastikan agar bunga telang dan alat-alat yang digunakan higienis, ya.

3. Alergi 

Bagi kamu yang memiliki alergi, harap berhati-hati ketika memanfaatkan bunga telang, ya. Serbuk sari dan kandungan lain pada bunga telang berisiko memicu reaksi alergi.

Ketika kontak langsung dengan mata, bunga telang mungkin akan menimbulkan reaksi alergi seperti mata merah, berair, gatal, bengkak, hingga bersin-bersin. Bukannya membawa kebaikan untuk tubuh, justru menjadi bumerang tersendiri, bukan?

Cara Memanfaatkan Bunga Telang yang Benar dan Aman

Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang – Cara Memanfaatkan Bunga Telang

Bunga telang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. It can’t be denied. Berbagai penelitian pun sudah berhasil membuktikan akan manfaat-manfaatnya.

Kendati demikian, cara memanfaatkannya pun harus diperhatikan supaya kandungan bunga telang dapat diserap dan dirasakan oleh tubuh. Pertama, infused water. Teh seduhan bunga telang ini berwarna biru dan kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, teh bunga telang juga bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin yang disesuaikan dengan seleramu. Tambahkanlah madu sebagai pemanis dan bahan-bahan lain seperti perasan lemon agar terasa lebih segar.

Kedua, kompres bunga telang. Dikenal baik untuk menjaga kelembaban kulit, kamu bisa melakukan kompres air telang atau menjadikannya sebagai masker. Namun, hindari area mata untuk menghindari risiko infeksi dan alergi, ya.

Nah, pembahasan bunga telang kali ini cukup lengkap ya, teman mata. Kita telah membedah bersama mengenai apa itu bunga telang, manfaatnya, bahaya cuci mata menggunakan bunga telang, serta bagaimana cara memanfaatkan bunga telang yang benar dan aman.

Penting bagi kita untuk melakukan konsultasi dengan ahli medis sebelum memanfaatkan suatu bahan untuk mata mengingat peran mata dalam hidup sangat esensial.

Tidak hanya bahaya cuci mata menggunakan bunga telang, ada banyak bahaya lainnya yang mengancam kesehatan mata. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mata.

Karena sudah tahu Bahaya Cuci Mata Menggunakan Bunga Telang, ini cara yang benar untuk menjaga mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, seperti olahraga rutin, berhenti merokok, makan makanan bergizi, tidur cukup, istirahatkan mata dari gawai, dan tidak lupa untuk minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan khusus untuk memastikan penglihatan senantiasa jernih, fokus, tajam, dan sehat bebas dari gangguan mata.

Eyebost disebut juga sebagai vitamin mata herbal karena terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, seperti madu asli, ekstrak wortel, bunga marigold, dan buah bilberry yang mengandung antioksidan lutein, flavonoid, antosianin, polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Itulah alasan kenapa Eyebost aman dikonsumsi setiap hari oleh semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, lanjut usia, bahkan penderita diabetes sekalipun.

Jadi tahu yaa bahwa bahaya cuci mata menggunakan bunga telang itu banyak efek sampingnya, daripada coba-coba untuk mata, langsung check-out Eyebost aja, yuk!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi