Lifestyle

Waspadai 4 Tanda Operasi Katarak Gagal, Bisa Sebabkan Kebutaan!

/

by Shaffi Kareem


Seiring bertambahnya usia, setiap organ tubuh mengalami penurunan fungsi, tak terkecuali mata. Tidak heran, banyak orang tua yang mengalami gangguan mata padahal sebelumnya sehat wal afiat, bahkan tanpa minus sekalipun.

Katarak merupakan salah satu gangguan mata yang umum terjadi di kalangan usia lanjut. Penyakit mata yang satu ini hanya bisa diobati melalui operasi katarak. Pada segelintir kasus, tanda operasi katarak gagal muncul.

Agar tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut, penting bagi kita untuk mengetahui tanda operasi katarak gagal guna mengetahui tindakan seperti apakah yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Mau tahu selengkapnya mengenai tanda operasi katarak gagal?

Simak terus pembahasan berikut ya, teman mata!

Mata Katarak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tanda operasi katarak gagal. Kita akan membahas terlebih dahulu mengenai katarak.

Istilah katarak diartikan sebagai keruhnya lensa mata. Alih-alih penglihatan jernih, penglihatan pada penderita katarak buram menyerupai jendela yang berkabut.

Menurut WHO, katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di dunia. Mengingat angkanya cukup fantastis, organisasi kesehatan internasional dan nasional seperti World Health Organization dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia rutin melakukan kampanye peduli katarak setiap tahunnya.

Sebenarnya, kebutaan akibat katarak tidak terjadi begitu saja. Perkembangannya berjalan perlahan-lahan hingga akhirnya penglihatan hilang sepenuhnya. Tentu, hal ini diakibatkan karena tidak adanya tindakan pengobatan katarak dan kurangnya kesadaran akan gejala katarak.

Saat membahas mengenai katarak, mengetahui gejalanya merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh terlewatkan. Melansir dari laman Mayo Clinic, adapun beberapa gejala katarak, yaitu:

  • Penglihatan buram
  • Mata sensitif terhadap cahaya
  • Kesulitan untuk melihat di malam hari
  • Membutuhkan cahaya terang saat beraktivitas, terutama membaca
  • Penglihatan ganda pada salah satu mata
  • Penglihatan berubah menjadi lebih kuning
  • Perubahan kekuatan optik sering terjadi
  • Terdapat lingkaran terang di sekeliling cahaya

Pada tahap awal katarak, gumpalan putih mungkin hanya mempengaruhi sebagian kecil dari lensa mata. Seiring perkembangannya, gumpalan atau keruhnya lensa akan semakin melebar hingga mempengaruhi keseluruhan lensa.

Operasi Mata Katarak

Operasi katarak adalah satu-satunya cara untuk mengobati katarak. Jadi, kalau ada metode pengobatan atau obat-obatan yang mengklaim bisa menyembuhkan katarak, hal ini sama sekali tidak benar ya, teman mata.

Operasi katarak harus segera dilakukan setelah dokter memberikan diagnosis katarak, terutama apabila katarak mengganggu pengobatan penyakit mata lainnya. Misalnya, katarak menghalangi proses pemeriksaan bagian belakang mata dalam pengobatan retinopati diabetik atau Age-Related Macular Degeneration.

Pada kebanyakan kasus, menunda operasi katarak sementara tidak akan membahayakan kondisi mata sehingga kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan keputusanmu.

Mengenai apakah operasi harus dilakukan sesegera mungkin ataupun sebaliknya, itu sepenuhnya tergantung pada keputusan dokter spesialis mata yang didasarkan pada kondisi masing-masing pasiennya.

Saat mempertimbangkan mengenai operasi katarak, ingatlah beberapa pertanyaan berikut di bawah ini:

  • Bisakah kamu melihat dengan jelas untuk melakukan pekerjaan dan berkendara?
  • Apakah sulit untuk memasak, menaiki tangga, minum obat, maupun berbelanja?
  • Apakah pancaran cahaya mempersulit penglihatan?
  • Apakah ada masalah saat membaca atau menonton televisi?
  • Apakah gangguan mata mempengaruhi kemandirianmu?

Namun, jika persoalan biaya yang menjadi pertimbanganmu, maka jangan khawatir. Di Indonesia, pemerintah telah menetapkan bahwa operasi katarak bisa sepenuhnya dicover oleh BPJS, asalkan pasien terdaftar pada keanggotaan JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat).

Kamu hanya perlu mengurus dokumen yang diperlukan untuk proses administrasi, meliputi melakukan pemeriksaan mata menyeluruh di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Apabila dirasa memerlukan pemeriksaan ke bagian spesialis mata, maka surat rujukan akan diberikan oleh dokter ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Selanjutnya, hasil pemeriksaan visus pun harus memenuhi syarat yaitu kurang dari 18. Visus mata lebih dari 18 dinyatakan tidak gawat darurat dan dianggap tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Mengenali Tanda Operasi Katarak Gagal

Operasi katarak merupakan harapan satu-satunya bagi penderita katarak. Bagaimana tidak, untuk memutuskannya pun tidak mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan di dalamnya.

Oleh sebab itu, operasi katarak gagal bak mimpi buruk bagi mereka yang menjalani prosedur tersebut. Kendati demikian, angka terjadinya operasi katarak gagal tidak banyak, kok.

Namun, bagaimana sih cara mengenali tanda operasi katarak gagal?

1. Kehilangan Penglihatan

Operasi katarak adalah pengobatan katarak yang paling aman dan paling banyak dilakukan saat ini. Tindakan ini melibatkan penggantian lensa keruh dengan lensa buatan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi penglihatan.

Operasi berlangsung selama 30-45 menit dengan pemberian anestesi lokal. Pada proses pengangkatan lensa katarak, komplikasi jarang sekali terjadi.

Perdarahan mungkin saja terjadi pasca operasi katarak. Kehilangan banyak darah berisiko memicu hilangnya penglihatan permanen.

Selain itu, tanda operasi katarak gagal juga bisa ditandai dengan infeksi pada mata. Infeksi dapat berkembang akibat kontaminasi alat bedah maupun penutupan luka yang tidak.

Tanda operasi katarak gagal akibat infeksi yaitu penglihatan kabur, kemerahan, dan mata sensitif terhadap cahaya. Mengeluarkan cairan seperti gel vitreous akan dilakukan oleh dokter pada kasus yang parah.

Bagaimanapun, penglihatan kabur juga dialami oleh beberapa pasien. Hal ini disebabkan karena kelainan refraksi yang tidak terkoreksi, kornea yang membengkak, ataupun masalah mata serius seperti keruhnya kapsul posterior atau dislokasi lensa.

Kemunculan katarak lanjutan atau disebut juga dengan katarak sekunder merupakan tanda operasi katarak gagal. Fragmen katarak yang tertinggal menjadi pemicu munculnya katarak sekunder beberapa bulan hingga tahun setelah operasi dilakukan.

2. Dislokasi Lensa Intraokular

Operasi katarak dilakukan dengan mengganti lensa yang keruh dengan lensa buatan atau implan. Prosedur ini disebut-sebut sebagai prosedur bedah paling populer yang dilakukan untuk mengatasi katarak.

Tingkat keberhasilan yang tinggi masih dibayangi dengan terjadinya komplikasi atau dalam kata lain operasi katarak gagal, salah satunya adalah dislokasi lensa intraokular.

Lensa intraokular atau lensa buatan yang dimasukkan ke dalam mata berpindah akibat tipisnya kantung kapsuler atau pecahnya serat yang menahannya.

Tanda operasi katarak gagal yang satu ini mengakibatkan penglihatan kabur serta penurunan ketajaman pada bagian tepi objek. Ketika mengalaminya, segera periksakan ke dokter spesialis mata, ya.

3. Ablasio Retina

Retinal detachment atau yang disebut juga dengan ablasio retina adalah suatu kondisi ketika retina terlepas dari lapisan dasarnya. Apabila tidak segera diatasi, sangat mungkin ablasio retina mengakibatkan kebutaan.

Menjadi salah satu tanda operasi katarak gagal, proses pemulihan dari ablasio retina tergantung pada lokasi, tingkat keparahan, dan seberapa cepat pengobatan dilakukan.

4. Perdarahan

Pasca operasi, kunjungan atau pemeriksaan setelah prosedur dilakukan terbilang sangat penting sebab dapat membantu meminimalisasi terjadinya komplikasi. Tetapi, selancar apapun proses pembedahan, komplikasi tidak dapat dihindari.

Pada kasus operasi katarak, perdarahan menjadi salah satu tanda operasi katarak gagal yang tergolong serius. kemunculannya biasanya terjadi dalam kurun waktu 72 jam pasca operasi akibat pecahnya kornea maupun kontaminasi obat tetes mata.

Cara Mengatasi Operasi Katarak yang Gagal

Operasi katarak seharusnya menjadi awal kebahagiaan bagi penderita katarak. Namun, takdir berkata lain seiring dengan kemunculan tanda operasi katarak gagal.

Jangan panik, ahli medis akan memberikan tindakan yang tepat untuk mengatasinya supaya komplikasi tidak berakibat fatal, misalnya kebutaan atau kehilangan penglihatan.

Umumnya, ada beberapa prosedur yang dijalankan oleh dokter untuk mengatasi operasi katarak yang gagal, di antaranya seperti penggunaan obat tetes mata hingga prosedur bedah.

Tentu, hal ini akan sia-sia apabila tidak dibarengi dengan penerapan pola hidup sehat, mulai dari tidur cukup, makan makanan bergizi tinggi, stay hydrated, bijak dalam penggunaan gawai, dan jangan lupa untuk selalu minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost diformulasikan khusus untuk memelihara kesehatan mata dengan bahan aktif berupa lutein eye complex. Eyebost terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Eyebost terbuat dari ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, serta madu asli yang kaya akan vitamin A, C, E, serta beragam jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Semua kebaikan dari bahan Eyebost akan menunjang kesehatan bagian mata dan fungsi penglihatan agar senantiasa jernih, fokus, dan tajam. Jadi, kalau kamu ingin mata selalu sehat, Eyebost adalah pilihan yang tepat!

Tunggu apalagi, yuk buruan check-out di website sekarang juga untuk memperoleh penawaran menarik setiap harinya!
Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost untuk mencegah mata katarak
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi