Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat untuk Deteksi Kesehatan Mata? Ini 4 Kriterianya, Catat!

/

by Shaffi Kareem


Kalau kita membicarakan mengenai medical check-up, ini bukanlah hal yang baru untuk kita. Umumnya, pemeriksaan semacam ini dilakukan secara rutin, setidaknya satu tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Akan tetapi, belum banyak orang yang melek untuk melakukan pemeriksaan semacam itu. Akibatnya, penyakit “keburu muncul tanpa ada pencegahan terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk gangguan mata, nih. Jadi, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata?

Bagaimanapun, topik ini belum banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat secara umum. Namun, ketahuilah bahwa mengetahui waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata sangat berarti bagi masa depanmu.

Nggak perlu kebanyakan pengantar, yuk langsung aja kita masuk ke pembahasan yang pertama!

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Sebagaimana makhluk ciptaan Tuhan, sudah sepatutnya kita menjaga pemberian Tuhan dengan sebaik-baiknya, tidak terkecuali tubuh kita. Menjaga tubuh merupakan bagian dari rasa syukur kita juga nih, teman mata.

Akan tetapi, terkadang kita lalai sehingga mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan kesehatan. Kemudian, barulah kita menyadari bahwa kesehatan adalah nikmat dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Salah satu case nya adalah terjadinya gangguan mata.

Pada tahap awal, gangguan mata seringkali tidak dianggap serius. Bahkan, segelintir orang menganggap bahwa munculnya gejala gangguan mata merupakan hal yang wajar dan tak perlu dirisaukan.

Perlu diketahui, penanganan yang terlambat sangat berisiko mengakibatkan gangguan mata tersebut bertambah parah. Hal ini sangat miris mengingat bahwa sebenarnya gangguan mata dapat dicegah perkembangannya, nih.

Inilah mengapa pemeriksaan mata rutin sangat penting untuk dilakukan oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi baru lahir (newborn baby) sampai usia lanjut sekalipun.

Kendati demikian, kenyataan di lapangan sangat memprihatinkan. Kebanyakan orang hanya melakukan pemeriksaan mata ketika akan membutuhkan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak saja.

Pemeriksaan mata rutin masih menjadi hal yang tabu. Maka dari itu, sudah menjadi tugas kita untuk mengubah stigma di masyarakat bahwa pemeriksaan mata bukan hanya dilakukan saat mata terasa tidak nyaman saja.

Baca Juga: Berikut 10 Pilihan Makanan untuk Kesehatan Mata Saat Puasa untuk Meraih Keberkahan Ramadan

Pemeriksaan mata sebaiknya dijadikan sebagai aktivitas rutin tahunan guna memastikan kondisi kesehatan mata secara menyeluruh dan mendeteksi dini berbagai penyakit mata serius, seperti:

  • Katarak
  • Glaukoma
  • Retinopati diabetik
  • Ablasio retina
  • Penyakit degenerasi makula
  • Tumor mata
  • Keratokonus 

Nantinya, hasil pemeriksaan akan digunakan sebagai tolak ukur apakah perawatan khusus perlu dilakukan atau tidak. Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan mata rutin dan ajak orang tersayang ya, teman mata!

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Deteksi Kesehatan Mata?

waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata

Setelah kita membahas mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan mata rutin, selanjutnya kita akan mengupas mengenai kapan waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata.

Mengetahui waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata dapat menjadi acuan buat kamu yang ingin melakukan pemeriksaan mata. Melansir dari laman ayosehat.kemkes.go.id, setidaknya ada empat waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata, yaitu:

1. Ada Riwayat Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis berisiko mengakibatkan munculnya gangguan mata, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, maupun adanya riwayat berkacamata dalam keluarga.

Perlu kita ketahui bersama, diabetes berpotensi memicu komplikasi berupa retinopati diabetik. Begitupun juga dengan tekanan darah tinggi yang berisiko mengakibatkan kerusakan pembuluh darah mata.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata adalah ketika kamu memiliki riwayat penyakit kronis yang berisiko mengakibatkan permasalahan mata.

2. Mengalami Gejala Gangguan Penglihatan

Bukan lagi, waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata adalah ketika mengalami gejala gangguan penglihatan, misalnya mata merah, mata buram, mata buram, dan sebagainya.

Gangguan semacam ini harus segera dicari tahu penyebabnya agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan permasalahan serius di kemudian hari. Harapannya, permasalahan mata yang dialami dapat segera ditangani, misalnya lensa koreksi seperti kacamata atau lensa kontak.

3. Berisiko Namun Tidak Bergejala

Bukan hanya bagi yang mengalami gejala gangguan mata saja, orang yang berisiko mengalami gangguan mata juga diharuskan melakukan deteksi permasalahan mata, lho.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi mengharuskan kita untuk hidup berdampingan dengan gawai, termasuk di dalamnya ponsel, laptop, dan TV. Bagaimanapun, terjadinya gangguan mata bagi kelompok berisiko dipengaruhi juga oleh kebiasaan atau gaya hidup.

4. Metode MELIHAT

Selanjutnya, waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata adalah ketika hasil pemeriksaan melalui metode MELIHAT menunjukkan adanya gangguan penglihatan.

For your information, MELIHAT adalah metode yang dilakukan untuk mendeteksi dini adanya gangguan penglihatan. Cara ini terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memerlukan alat bantu.

Ada beberapa tahap pada metode MELIHAT, yaitu:

  • Ambil jarak sebesar 20 langkah atau sekitar 6 meter antara orang yang diperiksa dan yang memeriksa. Keduanya berdiri berhadapan.
  • Orang yang diperiksa menutup salah satu mata menggunakan telapak tangan dan menebak berapa banyak jari yang ditunjukkan oleh pemeriksa.
  • Hitunglah berapa banyak jawaban yang benar dan salah selama pemeriksaan.  

Misalnya, pemeriksa melontarkan 3 pertanyaan. Apabila berhasil menjawab 3 pertanyaan dengan benar, maka disimpulkan bahwa tidak ada gangguan mata. Namun, ketika ada salah satu jawaban yang salah, maka hasil pemeriksaan menunjukkan adanya gangguan penglihatan.

Jenis Pemeriksaan Untuk Deteksi Dini Gangguan Mata

waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata

Pemeriksaan mata seharusnya dilakukan secara rutin untuk mendeteksi secara dini permasalahan mata. Usia dan kondisi kesehatan setiap orang mempengaruhi jenis pemeriksaan yang akan dilakukan.

Namun, tahukah kamu apa saja jenis pemeriksaan yang umumnya dilakukan oleh ahli medis? Adapun berikut di bawah ini jenis pemeriksaan untuk deteksi dini gangguan mata, di antaranya adalah:

  • Pemeriksaan fisik mata. Pemeriksaan semacam ini fokus pada bentuk fisik mata, seperti apakah ada perubahan pada anatomi atau struktur mata. Slit lamp merupakan alat menyerupai mikroskop yang digunakan untuk menerangi dan memperbesar mata bagian depan.
  • Tes visus mata. Tes visus mata dilakukan untuk mengukur seberapa tajam penglihatan pada berbagai jarak. Umumnya, dokter atau fasilitator menggunakan bagan Snellen dan lensa dengan berbagai macam ukuran selama pemeriksaan.
  • Tes lapang pandang. Tujuan tes lapang pandang adalah untuk mengetahui kualitas penglihatan tepi (peripheral vision) tanpa menggerakkan mata sedikitpun. Jenis pemeriksaan ini membantu mendeteksi penyakit mata seperti penyakit retina, saraf optik, maupun glaukoma.
  • Tonometri. Tonometri merupakan jenis pemeriksaan yang bertujuan untuk mengukur tekanan di dalam bola mata (intraocular pressure). Pemeriksaan yang satu ini digunakan sebagai deteksi dini gangguan mata glaukoma.

Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat

waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata

Bukan hanya waktu yang tepat untuk deteksi kesehatan mata saja, kita juga perlu perlu mengetahui tips merawat mata agar tetap sehat nih, teman mata.

To be honest, ada begitu banyak cara merawat mata yang dapat kita lakukan, mulai dari mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata, stay hydrated, berolahraga rutin, istirahatkan mata dari gawai, memakai pelindung mata di luar ruangan, hingga lakukan pemeriksaan mata rutin.

Namun, semua itu tak lengkap apabila tidak didukung oleh vitamin mata Eyebost. Eitsss, vitamin mata Eyebost itu apa sih?

Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang diformulasikan untuk memelihara penglihatan tetap fokus, tajam, dan jernih, serta bebas dari berbagai permasalahan mata. Vitamin mata yang satu ini terbuat dari 100% bahan herbal dengan bahan utama berupa madu asli.

Eyebost membantu kamu dalam memenuhi nutrisi untuk mata sebab Eyebost mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, serta antioksidan lutein, polifenol, flavonoid, dan antosianin yang diperoleh dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan tentunya… madu asli!

Jangan khawatir, Eyebost sudah dinyatakan aman oleh BPOM dan mengantongi sertifikat Halal MUI, jadi aman dikonsumsi baik dari segi agama maupun kesehatan.

Yang lebih mengejutkan, kamu berkesempatan memperoleh hampers senilai Rp700.000 selama pembelian bulan Ramadan, lho!

Yuk, langsung check-out Eyebost di website resminya detik ini juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi