Lifestyle

Ini 7 Manfaat Alpukat dan Resep Avocado Smoothies yang Enak dan Sehat

/

by Shaffi Kareem


Siapa sih yang nggak tau alpukat?

Alpukat merupakan buah yang terbilang populer di seluruh belahan dunia. Buah yang satu ini umumnya dimakan langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, baik yang memiliki cita rasa manis atau gurih.

Di Indonesia, biasanya diolah menjadi minuman manis, salah satunya avocado smoothies. Minuman menyegarkan yang satu ini perlu kamu coba sebagai menu sehat berbuka puasa nih, teman mata.

Selain membahas mengenai resep avocado smoothies, kita juga akan mengupas secara tuntas mengenai alpukat, nutrisinya, dan manfaat alpukat untuk kesehatan.

So, stay tuned!

Alpukat dan Nutrisinya

Alpukat memiliki nama latin Persea americana merupakan buah tropis dan subtropis yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Bagaimanapun, kini alpukat telah dibudidayakan di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya Indonesia.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Deteksi Kesehatan Mata? Ini 4 Kriterianya, Catat!

Di Amerika Serikat, ada sebuah negara bagian yang menjadi produsen utama alpukat dan menjadi rumah bagi 5000 perkebunan alpukat, yaitu California. Wilayah ini menghasilkan lebih dari 400 juta pound alpukat setiap tahunnya.

Buah yang satu ini merupakan bagian penting dalam makanan tradisional Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Umumnya, mereka mengolah alpukat menjadi berbagai jenis makanan seperti taco, salad, guacamole, dan masih banyak lagi.

Dalam studi penelitian yang berjudul The Odyssey of Bioactive Compounds in Avocado (Persea americana) and Their Health Benefits disebutkan bahwa secara botanik, sebetulnya alpukat dipertimbangkan menjadi dalam keluarga berries. Buah yang satu ini merupakan bagian dari keluarga Lauraceae.

Alpukat adalah buah yang kaya akan sumber nutrisi, termasuk di dalamnya serat dan lemak. Eitssss, lemak yang terkandung di dalam alpukat adalah lemak sehat, jadi kamu tidak perlu khawatir, deh.

Selain serat dan lemak, kamu juga dapat menemukan komponen nutrisi lainnya nih, teman mata. Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture, adapun nutrisi yang terkandung dalam setiap 201 gram alpukat, yaitu:

  • Kalori : 322
  • Lemak : 30 gram
  • Protein : 4 gram
  • Serat :14 gram
  • Karbohidrat : 17 gram
  • Vitamin B2 : 20% dari asupan harian
  • Vitamin B3 : 22% dari asupan harian
  • Vitamin B5 : 56% dari asupan harian
  • Vitamin B6 : 30% dari asupan harian
  • Vitamin C : 22% dari asupan harian
  • Vitamin E : 28% dari asupan harian
  • Vitamin K : 35% dari asupan harian
  • Potassium : 21% dari asupan harian
  • Mangan : 12% dari asupan harian
  • Magnesium : 14% dari asupan harian
  • Tembaga : 42% dari asupan harian

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Sebelum membahas mengenai avocado smoothies, kita akan terlebih dahulu mengupas mengenai apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan, ya.

Tidak bisa dipungkiri, alpukat dikenal baik akan nutrisinya yang membawa banyak kebaikan untuk kesehatan. Melansir dari laman Healthline, adapun 7 manfaat alpukat untuk kesehatan yang perlu kita ketahui, di antaranya adalah:

1. Sumber Nutrisi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alpukat dipenuhi dengan komponen nutrisi penting. Bukan hanya serat dan lemak sehat saja, alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, lho.

Let’s say, potassium. Mineral yang satu ini disebut sebagai “nutrient of public concern” atau nutrisi yang menjadi perhatian masyarakat oleh U.S Department of Health and Human Service sebab potassium menjadi salah satu mineral yang jarang dikonsumsi oleh orang Amerika.

Padahal, peran potassium dalam tubuh adalah untuk mengatur tekanan darah dan fungsi sistem saraf. Mengonsumsi potassium yang cukup akan menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke dan hipertensi. 

2. Baik untuk Pencernaan

Kaya akan serat, alpukat merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan sebab serat akan membantu pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus.

Dalam sebuah studi yang berjudul Avocado Consumption Alters Gastrointestinal Bacteria Abundance and Microbial Metabolite Concentrations among Adults with Overweight of Obesity: A Randomized Controlled Trial disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat sebanyak 175 gram (pria) dan 140 gram (wanita) setiap hari memiliki konsentrasi asam empedu tinja yang lebih rendah dan terjadi pula peningkatan keragaman bakteri apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

Perlu kita ketahui bersama, tingginya konsentrasi asam empedu memicu terjadinya peradangan pada usus dan berkaitan juga dengan pertumbuhan mikroba yang berhubungan dengan masalah kesehatan seperti kanker usus.

Jadi, tidak ada salahnya menjadikan avocado smoothies sebagai minuman wajib setiap hari nih, teman mata.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Alpukat merupakan makanan padat nutrisi yang telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, lho.

Kandungan serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalam alpukat berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Studi penelitian yang berjudul Dose-Response Relationship Between Dietary Magnesium Intake, Serum Magnesium Concentration and Risk of Hypertension: A Systematic Review and Meta-Analysis of Prospective Cohort Study menunjukkan bahwa tingginya kandungan magnesium dan potassium di dalam alpukat berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Dengan menjaga tekanan darah tetap sehat, itu menjadi salah satu langkah pencegahan penyakit jantung, nih.

4. Kaya Akan Antioksidan dan Antiinflamasi

Selain serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral, avocado smoothies baik dikonsumsi sebab di dalamya terkandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, E, karotenoid, dan senyawa fenolik di mana zat tersebut memiliki aktivitas antioksidan neuroprotektif, dan kardio protektif.

Studi penelitian berjudul Oxidative Stress, Aging, and Disease menyebutkan bahwa karotenoid yang ditemukan dalam alpukat seperti lutein, alfa karoten, dan beta karoten, memiliki efek antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

For your information, kerusakan oksidatif berkaitan dengan berbagai jenis penyakit kronis dan gangguan mata seperti katarak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa rutin minum avocado smoothies membantu memelihara kesehatan mata.

5. Membantu Memperoleh Berat Badan Sehat

Meskipun ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang merupakan salah satu poin penting dalam memperoleh berat badan yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya serat akan membantu menurunkan berat badan. Terlebih lagi, mereka yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang lebih sehat daripada mereka yang mengonsumsi sedikit serat.

Jadi, buat kamu yang sedang melaksanakan program penurunan berat badan, kamu perlu memasukkan avocado smoothies ke dalam menu diet kamu, nih. Alpukat akan membuatmu kenyang lebih lama dan mengurangi lemak perut.

6. Baik Dikonsumsi Selama Hamil dan Menyusui

Fase hamil dan menyusui merupakan fase di mana tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi dari biasanya, misalnya asam folat, vitamin C, dan potassium.

Misalnya, kebutuhan asam folat meningkat selama masa kehamilan, namun masih banyak ibu yang mengonsumsi asam folat lebih sedikit dari jumlah yang direkomendasikan. Perlu kita ketahui bersama, hal tersebut akan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, lho.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture, satu buah alpukat membantu memenuhi 27% dari jumlah keseluruhan asam folat selama masa kehamilan.

What’s more, kandungan serat yang tinggi dalam alpukat membancu mencegah sembelit atau konstipasti yang lazim terjadi pada orang hamil.

Buat ibu yang sedang hamil dan menyusui, alpukat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari sebagai cemilan, makanan, maupun minuman seperti avocado smoothies.

7. Serbaguna dan Lezat

Selain dipenuhi dengan nutrisi, alpukat dapat disulap menjadi berbagai jenis makanan dan minuman lezat. Rasanya yang creamy membuatnya cocok untuk dijadikan olahan makanan dan minuman dengan cita rasa gurih ataupun manis.

Di Indonesia sendiri, alpukat kerap kali dikonsumsi menjadi minuman manis, mulai dari jus alpukat, es teler, es buah, dan tak lupa avocado smoothies.

Resep Avocado Smoothies

Finally, sampai juga kita pada akhir pembahasan yaitu resep avocado smoothies. Bukan hanya segar, minuman yang satu ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Umumnya, olahan minuman alpukat di Indonesia cenderung tinggi gula sehingga tidak baik apabila dikonsumsi setiap hari. Jangan khawatir, resep avocado smoothies yang satu ini dijamin sehat dan tak kalah lezat dari jus alpukat pada umumnya, dan tentunya anti ribet!

Adapun bahan-bahan dan cara membuat avocado smoothies yang perlu kamu siapkan dan ikuti langkahnya, yaitu:

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat (dipotong dadu)
  • 2 buah pisang (dibekukan dan dipotong)
  • 400 ml susu

Cara membuat:

  • Masukkan alpukat, pisang, dan susu ke dalam blender. Blend hingga halus sempurna.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan avocado smoothies siap dinikmati.

Oh iya, kamu bebas menggunakan susu pilihan kamu, misalnya susu sapi, susu kambing, susu almond, susu oat, dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu menambahkan pemanis sebab rasa manis pada avocado smoothies diperoleh dari pisang.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam avocado smoothies adalah Kalori: 412 kkal, Karbohidrat: 45,5 gram, Lemak: 23,8 gram, Serat: 23,8 gram, Protein: 9,8 gram, Kalsium: 27 mg, Zat Besi: 5 mg, Kolesterol: 17 mg, Potassium: 1028 mg, Sodium: 104 mg, Gula: 23,8 gram, Vitamin A: 5 IU, Vitamin C: 34 mg.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alpukat membawa begitu banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata berkat aktivitas antioksidan yang terkandung di dalamnya, seperti lutein dan karotenoid.

Buat kamu yang ingin memelihara kesehatan mata, bukan hanya alpukat, kamu juga dapat mengonsumsi vitamin mata Eyebost, nih.

Eyebost adalah vitamin mata herbal yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan, seperti ekstrak bunga marigold, wortel, buah bilberry, dan madu asli yang mengandung antioksidan lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Mengonsumsi Eyebost setiap hari aman untuk semua kalangan usia dan tidak menimbulkan ketergantungan sama sekali. Jadi, buat kamu yang ingin penglihatan selalu fokus, jernih, tajam, dan bebas gangguan mata, yuk rutin minum Eyebost!

Ayo check-out di website resminya sekarang juga untuk memperoleh promo menarik selama bulan Ramadan berupa hampers senilai Rp700.000!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi