Kesehatan

2 Jenis Lemak dan Pengaruh Makanan Berlemak Bagi Mata, Anak Muda Juga Berisiko!

/

by Shaffi Kareem


Siapa sih yang nggak suka gorengan?

Makanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan masyarakat sebab memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Cocok menjadi teman makan atau sekedar menjadi cemilan saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat.

Meski begitu, kamu harus tau bahwa makanan semacam ini tidak boleh terlalu sering dikonsumsi. Pengaruh makanan berlemak pada tubuh sangat tidak baik sehingga pengonsumsiannya pun tidak boleh terlalu sering dan banyak.

Tinggi kolesterol, tahukah kamu apa saja pengaruh makanan berlemak bagi tubuh?

Kabar baik, artikel ini akan mengangkat topik mengenai pengaruh makanan berlemak pada tubuh, khususnya mata, berikut pembahasan singkat mengenai lemak dan fungsinya bagi tubuh serta pilihan makanan untuk kesehatan mata.

Let’s have a seat and we will start our discussion!

Lemak dan Jenisnya

pengaruh makanan berlemak

Lemak bak musuh bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Jangan salah persepsi, lemak tidak selalu jahat kok, teman mata.

Perlu kita ketahui bersama, lemak pada makanan sangat penting bagi kesehatan tubuh seiring bertambahnya usia. Bahkan, seorang peneliti di Departemen Gizi T.H. Chan School of Public Health Harvard mengatakan bahwa tubuh kita membutuhkan asupan rutin lemak.

Untuk memudahkan kita memahami tentang lemak, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis lemak. Melansir dari laman Harvard Health Publishing, secara umum ada dua jenis lemak, yaitu:

1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh dikenal juga dengan istilah “lemak jahat” sebab dapat mempengaruhi kadar kolesterol pada tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Pengaruh makanan berlemak bagi tubuh memang tidak main-main ya, teman mata.

Lemak semacam ini umumnya ditemukan pada produk yang berasal dari hewan, seperti babi, sapi, kambing, unggas (dengan kulit), dan makanan yang mengandung tinggi susu, meliputi margarine, mentega, keju, dan krim.

Perlu menjadi catatan, makanan seperti gorengan, hamburger, pizza, es krim, pastri, dan biskuit merupakan deretan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. 

Fun fact, lemak jenuh disebut juga lemak padat atau solid fat sebab bentuknya akan memadat ketika berada di suhu ruang.

2. Lemak Tak Jenuh

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai lemak jenuh, jenis lemak selanjutnya adalah lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh yang memiliki nama lain unsaturated fat adalah jenis lemak yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh membawa banyak kebaikan bagi tubuh.

Para ahli mengkategorikan lemak jenuh menjadi dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat).

Lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan pada selai kacang, alpukat, jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, hazelnut, almond, pecan, dan biji-bijian, meliputi biji bunga matahari, biji labu, dan wijen.

Selain itu, beberapa sumber lemak tak jenuh juga berasal dari minyak yang berasal dari tumbuhan, seperti minyak zaitun, kanola, wijen, kacang, dan safflower.

Meanwhile, lemak tak jenuh ganda termasuk asam lemak omega 3 dan omega 6. Adapun sumber lemak tak jenuh ganda, yaitu biji bunga matahari, walnut, biji flaks, salmon, tuna, herring, trout, serta minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak jagung, safflower, dan kedelai.

Manfaat Lemak Bagi Tubuh

pengaruh makanan berlemak

Memiliki stereotip negatif, nyatanya lemak tidak selalu buruk, kok. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan lemak agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan semestinya.

Akan tetapi, tahukah kamu apa sajakah manfaat lemak bagi tubuh?

Berikut di bawah ini merupakan manfaat lemak bagi tubuh menurut para ahli, di antaranya yaitu:

  • Memberikan energi bagi tubuh
  • Mendukung pertumbuhan sel
  • Melindungi organ tubuh
  • Menstabilkan kadar kolesterol dan tekanan darah
  • Membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh, misalnya vitamin A, D, E, dan K
  • Memastikan tubuh selalu hangat
  • Membantu memproduksi hormon

Bagaimanapun, mengonsumsi makanan berlemak tidak dilarang. Namun, yang harus diingat adalah bahwa makanan semacam ini tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak maupun terlalu sering.

Terlalu banyak asupan lemak jenuh berpotensi meningkatkan kadar trigliserida dan LDL (Low Density Lipoprotein) dan memicu adanya penumpukan lemak pada jaringan tubuh, termasuk di arteri. Imbasnya, terjadi peningkatan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

American Academy for Family Physicians mengungkapkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kadar LDL tinggi.

Inilah alasan mengapa banyak ahli medis menyarankan untuk mengurangi makanan berlemak yang diiringi dengan peningkatan asupan makanan lemak tak jenuh.

Baca Juga: Benarkah Kacamata Bikin Penyakit Myopia Bertambah?

Pengaruh Makanan Berlemak pada Mata

pengaruh makanan berlemak

Perlu kita ketahui bersama, pengaruh makanan berlemak bukan hanya berdampak pada bagian tubuh tertentu saja seperti jantung. Siapa sangka, pengaruh makanan berlemak juga berimbas pada kesehatan mata, lho.

Kok bisa?

Para ahli dari University of Southampton menemukan bahwa makanan tinggi lemak jenuh berisiko menyebabkan perkembangan penyakit mata seperti Age-related Macular Disease (AMD) yang mengakibatkan penurunan kualitas penglihatan pada kalangan usia lanjut.

AMD mempengaruhi penglihatan sentral yang membantu kita untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti membaca, berkendara, bahkan mengenali wajah orang lain.

Di Inggris, kasus AMD mencapai 600.000 dan menjadi penyebab utama hilangnya penglihatan atau kebutaan.

Di samping itu, ketahuilah bahwa ada beberapa gangguan mata yang muncul sebagai akibat dari pengaruh makanan berlemak, seperti:

  • Arcus senilis. Arcus senilis merupakan lengkungan putih atau abu-abu menyerupai cincin yang muncul pada bagian atas dan bawah kornea mata. Biasanya, kondisi seperti ini terjadi pada anak muda dengan kadar kolesterol tinggi.
  • Xanthelasma. Xanthelasma adalah tumpukan berwarna kuning pada ujung mata bagian dalam. Tumpukan tersebut merupakan tanda tingginya kadar LDL pada tubuh. Xanthelasma tidak dapat hilang dengan sendirinya, melainkan harus menjalani pengobatan khusus seperti operasi, liquid nitrogen cryotherapy, dan lain-lain.

Pilihan Makanan untuk Kesehatan Mata

Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang kurang menyadari akan kesehatan tubuh, termasuk mata. Seringkali kita masih egois untuk memanjakan lidah dengan mengabaikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, ada sebuah ungkapan yang berbunyi: “We are what we eat”.

Sebelum semakin terlambat, inilah saat yang tepat untuk memulai hidup sehat dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat, nutrisi menjadi prioritas utama, kita akan menuai hasilnya dalam wujud tubuh yang sehat.

Perlu kamu tau, nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap bagian tubuh berbeda nih, mata misalnya. Mata membutuhkan nutrisi khusus, seperti vitamin A, C, E, zinc, asam lemak omega 3, lutein dan zeaxanthin.

Nggak usah bingung, berikut di bawah ini merupakan pilihan makanan untuk kesehatan mata yang dapat kamu masukkan ke dalam menu harianmu, di antaranya adalah:

  • Ikan (tuna, salmon, mackerel, herring, sarden, trout)
  • Legum dan kacang-kacangan (kacang mete, kacang tanah, lentil, walnut)
  • Biji-bijian (biji chia dan biji flaks)
  • Buah sitrus (jeruk, lemon, grapefruit)
  • Sayuran berdaun hijau (bayam, kale, collard)
  • Ubi jalar
  • Wortel
  • Telur
  • Daging merah

Fiuh, akhirnya selesai juga pembahasan mengenai pengaruh makanan berlemak. Melalui pembahasan singkat ini, diharapkan kesadaran kita akan pengaruh makanan berlemak semakin meningkat mengingat efek yang ditimbulkan pada kemudian hari sangat serius.

Memilah dan memilih makanan yang bernutrisi untuk mata akan membantu meningkatkan kualitas penglihatan. Tidak hanya dari makanan, vitamin atau suplemen boleh dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan nutrisi, lho. Salah satunya adalah Eyebost.

Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan dari bahan-bahan 100% alami untuk memastikan mata tetap jernih, fokus, tajam, bebas gangguan mata, serta meringankan gejala iritasi mata.

Komposisi Eyebost tidak main-main. Terbuat dari bahan berkualitas seperti ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat kompleks, mulai dari antioksidan lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, dan vitamin A, C, E.

Yang membuat Eyebost semakin istimewa adalah vitamin mata herbal ini tidak menimbulkan ketergantungan dan efek samping meski diminum setiap hari. Tetapi, harus sesuai dengan aturan minum ya, teman mata.

Mata sehat bukan lagi khayalan belaka dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi