Kesehatan

Yoga Mata, Solusi Untuk Mata Lelah

/

by Shaffi Kareem


Mens sana in corpore sano. Sebuah frasa Latin populer yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Seringkali, frasa ini digunakan untuk menyampaikan pentingnya berolahraga, sebab tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat melainkan jiwa dan pikiran juga menjadi sehat.

Olahraga biasanya hanya melibatkan aktivitas fisik seperti halnya jogging, berenang, berkuda, bersepeda, dan sebagainya yang dapat membakar beratus kalori dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat. Seringkali, olahraga khusus juga dimasukan ke dalam program penurunan berat badan atau weightloss.

Meskipun demikian, siapa sangka bahwa olahraga juga diperuntukan untuk kedua mata kita. Dua benda mungil berbentuk bulat yang berfungsi sebagai organ penglihatan dapat melakukan olahraga meskipun tidak seberat olahraga dengan aktivitas fisik lainnya. Simak pembahasan tentang olahraga mata di bawah ini ya!

Yoga Mata

Mata sebagai organ penglihatan digadan-gadang menjadi panca indera paling kuat. Di antara panca indera yang lain, mata memiliki kontribusi yang lebih besar dalam proses penyerapan informasi karena sebagian besar otak dikhususkan untuk memproses informasi secara visual.

Namun, kerap kali mata mengalami berbagai gangguan, salah satunya adalah mata lelah. Eye fatigue atau kelelahan mata menjadi salah satu ancaman bagi mata, terlebih lagi di tengah gempuran kemajuan teknologi dan informasi saat ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat terlepas dari gadget atau gawai. Pasalnya, berbagai aktivitas berbasis teknologi seperti pencarian informasi, pengiriman pesan, bahkan pengiriman uang, sangat erat kaitannya dengan peran teknologi dan informasi.

Selain itu, sebagian besar orang juga diharuskan menatap layar komputer atau laptop karena tuntutan pekerjaan mereka. Contohnya adalah akuntan yang mengatur dan membuat laporan keuangan menggunakan software yang tersedia pada komputer atau laptop.

Apabila mata dipaksa untuk terus menerus berkonsentrasi dan menatap layar gadget atau komputer, maka akan menimbulkan berbagai gangguan pada mata antara lain mata lelah, mata merah, mata kering, mata gatal, bahkan dapat menimbulkan efek lebih parah.

Yoga mata adalah solusinya. Olahraga ini diperuntukan khusus untuk mata supaya mata terhindar dari mata lelah sehingga mata lebih rileks dan tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada mata yang lebih parah. Untungnya, yoga mata dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Prosedur Yoga Mata

Yoga mata bermula dari seorang professor dalam bidang opthalmology bernama Dr. W. H. Bates yang mengungkap kembali tentang suatu rahasia pada buku kuno mengenai menjaga mata agar tetap sehat. Kemudian, beliau melakukan penelitian selama 38 tahun.

Selama 38 tahun, Dr. Bates meneliti setidaknya 30.000 mata hewan dan manusia. Pada tahun 1886, beliau menulis sebuah buku yang berjudul Better Eyesight Without Glasses yang kemudian menjadi bestseller pada tahun 1919. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa ada keterkaitan antara mata dan pikiran.

Butuh puluhan tahun supaya olahraga mata dapat berkembang menjadi seperti saat ini. Dalam sebuah studi berjudul Yoga Ocular Exercises to Maintain Eye Health During Work and Distance Learning in the New Normal Era disebutkan bahwa ada tujuh jenis olahraga mata yang dapat dilakukan, yaitu

1. Eye Movement

Eye movement atau gerakan mata adalah teknik pada yoga mata yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot-otot di sekitar mata. Jenis olahraga mata ini mengharuskan kita untuk menggerakan mata ke berbagai arah.

Prosedur olahraga mata ini diulang sebanyak 6-8 kali pada setiap gerakan mata. Dalam teknisnya, pergerakan mata dilakukan ke arah atas, bawah, kanan, kiri, diagonal, dan gerakan memutar searah jarum jam dan kebalikannya.

2. Eye Focusing

Eye focusing atau dapat disebut dengan memfokuskan mata adalah jenis olahraga mata yang dilakukan dengan memindahkan fokus mata dari dekat ke jauh dan kembali lagi ke fokus dekat. Gerakan ini dilakukan pengulangan sebanyak 6-8 kali.

Jenis olahraga mata ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu memandang jauh-dekat dan memandang mengikuti ibu jari. Pertama, memandang jauh-dekat dilakukan dengan meluruskan tangan kemudian fokuskan pandangan ke ibu jari selama beberapa detik.

Setelah itu, pandanglah benda yang lebih jauh,, lalu kembali lagi fokuskan pandangan ke ibu jari. Kedua, memandang dengan mengikuti ibu jari dilakukan dengan memfouskan mata ke ibu jari dan gerakkan ibu jari menjauhi dan mendekati mata secara perlahan.

3. Palming

Istilah palming berasal berasal dari kata palm yang berarti telapak tangan. Hal itu dikarenakan dalam pelaksanaanya kita akan menggunakan telapak tangan. Caranya adalah kita usapkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat.

Setelah telapak tangan hangat, maka letakkan kedua telapak tangan kita di atas mata yang tertutup selama beberapa menit. Sensasi hangat dapat membuat mata lebih rileks dan melancarkan peredarah pada pembuluh darah mata.

4. Blinking

Blinking berasal dari kata blinkberasal dari kata blink yang berarti mengedipkan mata yang manamerupakan jenis olahraga mata paling sederhana. Olahraga mata ini dilakukan hanya dengan mengedipkan mata secara bergantian.

Beberapa orang dengan penglihatan yang buruk kehilangan kemampuan untuk sering mengedipkan mata. Sehingga, olahraga mata ini dapat membantu mata Anda lebih rileks dan memudahkan mata untuk mengalihkan pandangan dari satu objek dengan yang lain secara perlahan.

Blinking dilakukan dengan cara membuka mata secara perlahan dan kedipkan mata secara perlahan. Apabila mata kiri tertutup, mata kanan berkedip. Pastikan dahi tidak berkerut saat berkedip. Lalu, pijatlah dahi di atas mata kanan dan kiri secara bergantian menggunakan jari tangan.

5. Sunning

Sunning berasal dari kata sun yang berarti matahari. Olahraga mata sunning melibatkan matahari dalam pelaksanaan teknisnya dan diperuntukan bagi orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya berada di dalam ruangan.

Seringkali, orang-orang yang lama berada di dalam ruangan akan mengeluhkan matanya silau dan tidak nyaman apabila terkena cahaya alami dari matahari. Sehingga, jenis olahraga mata ini dapat membantu mata lebih rileks saat terkena sinar.

Caranya adalah dengan berdiri di luar rumah (contoh: halaman) atau di depan jendela yang terbuka langsung ke luar rumah. Kemudian, tutup mata dan gerakkan kepala ke samping kanan dan kiri secara perlahan dan tahan selama beberapa detik.

6. Shifting

Shifting berarti memindahkan. Istilah ini digunakan karena jenis olahraga mata yang satu ini melibatkan perpindahan fokus mata yang dibantu oleh makula, salah satu bagian pada mata yang bertugas untuk mengatur ketajaman dan fokus mata.

Cara melakukan olahraga mata ini adalah dengan memindahkan fokus mata pada satu objek ke objek yang lain. Dimana teknik ini menyerupai saccadic movement atau pergerakan saccadic yang merupakan gerakan alami mata untuk memfokuskan penglihatan pada objek tertentu.

7. Skying

Skying berasal dari kata sky yang berarti langit. Secara teknis, jenis olahahraga mata ini menyerupai sunning yang mana jenis olahraga mata ini melibatkan langit dalam pelaksanaannya. Hal ini akan memuat mata lebih rileks dan terhindar dari mata lelah.

Teknik skying dilakukan dengan cara menatap jauh ke langit dari luar ruangan. Pertama, tutuplah mata lalu buka mata secara perlahan dan lihat langit selama beberapa detik dengan rileks sehingga mata tidak menjadi semakin tegang. Sebelum melakukannya, pastikan cahaya matahari tidak terlalu kuat.

Apakah Yoga Mata Aman Dilakukan Oleh Semua Usia?

Jawabannya adalah, benar. Yoga mata merupakan perawatan non-medis yang tidak menggunakan bahan obat-obatan sehingga sangat aman dilakukan oleh orang-orang di segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Yoga mata juga dinilai sebagai olahraga mata paling simpel karena hanya mencakup beberapa gerakan sederhana seperti mengedipkan mata. Ditambah lagi, yoga mata dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, kantor, taman, dan lain-lain.

Selain itu, yoga mata termasuk yoga yang paling murah daripada jenis yoga yang lain karena tidak membutuhkan equipment atau alat apapun dalam pelaksanaan teknisnya. Olahraga mata ini hanya melibatkan berbagai jenis gerakan mata sederhana.

Manfaat Olahraga Mata

Manfaat yoga mata adalah untuk membantu mata lelah menjadi lebih rileks. Dalam sebuah studi berjudul Effect of Yoga Ocular Exercises on Eye Fatigue disebutkan bahwa yoga ocular atau yoga mata memiliki hasil yang signifikan untuk merilekskan otot mata dan mengatasi mata lelah.

Hasil ini juga ditemukan dalam studi lain yang berjudul Yoga Ocular Exercises to Maintain Eye Health During Work and Distance Learning in The New Normal Era bahwa yoga mata dapat meredakan mata lelah, serta mengurangi prevalensi terjadinya mata lelah.

Disarankan untuk melakukan yoga mata secara rutin selama 6 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, suplemen mata juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi mata lelah serta menjaga kesehatan mata, seperti Eyebost.

Eyebost terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu alami, ekstrak wortel, blueberry, bilberry, dan bunga marigold. Semua bahan tersebut dikenal mengandung komponen atau zat yang baik untuk mata, sehingga Eyebost dapat menjadi alternatif untuk mengobati mata lelah. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi