Kesehatan

Obat Tetes Mata vs Vitamin Mata, Lebih Unggul Mana?

/

by Shaffi Kareem


Buat kamu yang sering beraktivitas di depan layar gadget atau banyak melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, maka gangguan mata seperti mata merah, mata iritasi, dan mata kering mungkin sudah langganan mampir ke kedua matamu, ya. 

Kalau mata sudah terlanjur mengalami gangguan, obat tetes mata seringkali menjadi pilihan untuk solusi yang cepat. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau vitamin mata juga memberikan manfaat yang sama lho, teman mata!

Nah, obat tetes mata vs vitamin mata menjadi obrolan yang kian menarik nih sebab beberapa dari kalian pasti penasaran mana dari keduanya yang lebih unggul, kan?

Nggak perlu banyak prolog deh, kita langsung mulai aja yuk pembahasan mengenai obat tetes mata vs vitamin mata!

Bagaimana Dengan Obat Tetes Mata?

Untuk sampai pada pembahasan obat tetes mata vs vitamin mata, kita perlu membahas terlebih dahulu apa itu obat tetes mata.

Kalian pasti sudah sering dengar istilah obat tetes mata. Tapi, obat tetes mata itu apa sih?

So, obat tetes mata adalah obat yang digunakan untuk meringankan gejala gangguan mata ringan hingga serius. Cara menggunakannya pun terbilang mudah, yaitu dengan meneteskan 1-2 tetes saja ke permukaan mata sesuai dengan dosis yang disarankan.

Perlu kamu tahu, nggak semua obat tetes mata terjual bebas di pasaran, lho. Biasanya, obat tetes mata yang terjual bebas atau disebut juga dengan over-the-counter eye drops hanya digunakan untuk mengatasi gangguan mata ringan saja.

Sementara itu, gangguan mata dengan derajat keparahan tinggi, dokter spesialis mata akan meresepkan obat tetes mata dengan kandungan khusus, misalnya steroid.

Meskipun demikian, obat tetes mata tidak dianjurkan untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama sebab berisiko memunculkan efek samping pada kesehatan. Ih ngerinya

Baca Juga: Obat Tetes Mata Membatalkan Puasa, Hoax atau Bukan? Ini Kata Para Ulama dan Ahli

Efek Samping Obat Tetes Mata

Banyak orang yang memilih obat tetes mata karena cara kerjanya yang lumayan cepat kalau dibandingkan dengan obat mata lainnya.

Kendati demikian, kamu harus berhati-hati dalam penggunaannya. Pemakaian jangka panjang akan menimbulkan efek samping yang mengganggu kenyamanan mata karena obat mata yang satu ini mengandung berbagai zat kimia.

Selain itu, efek samping ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memutuskan keunggulan obat tetes mata vs vitamin mata nih, teman mata.

Adapun beberapa efek samping obat tetes mata yang perlu kamu tahu nih, di antaranya adalah:

1. Alergi

Meskipun efek samping obat tetes mata berupa alergi terbilang jarang dialami, tapi waspadalah karena penggunaanya berisiko mengakibatkan alergi atau anaphylaxis. Saat alergi muncul, hentikan penggunaan obat tetes mata agar tidak semakin parah, ya.

Adapun beberapa gejala alergi obat tetes mata, antara lain seperti:

  • Bercak kemerahan atau rash
  • Gatal atau bengkak, terutama pada bagian wajah, lidah, tenggorokan
  • Kesulitan bernapas
  • Pusing yang teramat sangat

2. Iritasi

Bukannya mengatasi mata iritasi, obat tetes mata justru berpotensi menyebabkan iritasi mata bertambah parah kalau digunakan dalam jangka waktu lama.

Maka, inilah pentingnya berkonsultasi dengan dokter supaya kamu tahu berapa dosis yang kamu butuhkan dalam sehari. Contohnya, obat tetes mata dengan pengawet tidak boleh digunakan lebih dari 4 dosis dalam satu hari.

Penggunaan obat tetes mata tanpa pengawet bisa menjadi alternatif, namun dengan catatan, selektiflah dalam memilihnya.

3. Penglihatan Terganggu

Munculnya gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur merupakan salah satu indikasi efek samping obat tetes mata.

Selain kenyamanan mata terganggu, fungsi penglihatan pun terpengaruh dan berdampak pada kegiatan sehari-hari. Inilah salah satu bahan pertimbangan dalam memutuskan obat tetes mata vs vitamin mata.

Jadi, misalkan kamu mengalami mata buram setelah menggunakan obat tetes mata, hindari kegiatan seperti berkendara dan mengoperasikan mesin sampai penglihatan benar-benar kembali stabil, ya.

Baca Yuk: Jangan Sepelekan Benda Asing pada Mata, Pesan Untuk Riders Sejati

Apa Itu Vitamin Mata?

Selain obat tetes mata, kita juga akan mengulas sedikit mengenai vitamin mata pada pembahasan obat tetes mata vs vitamin mata.

Suplemen atau vitamin adalah asupan nutrisi tambahan yang dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Ada begitu banyak jenis vitamin yang tersedia, salah satunya adalah vitamin mata.

Secara Umum, mata sama dengan organ tubuh lain yang membutuhkan nutrisi tertentu agar bisa berfungsi dengan baik, contoh vitamin mata yang harus dipenuhi adalah seperti vitamin A, C, E, antioksidan, lutein dan zeaxanthin, dan sebagainya.

Memang, makanan merupakan sumber utama nutrisi, tetapi tidak bisa dipungkiri kalau kita tidak selalu bisa memenuhi jumlah asupan nutrisi harian yang direkomendasikan. Dan, disinilah peran vitamin mata.

Cara kerja vitamin mata memang agak berbeda dengan obat tetes mata nih, teman mata. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengurangi gejala gangguan mata, namun vitamin mata lebih cenderung pada menjaga kesehatan mata dari dalam.

Maksudnya?

Duh, semakin pelik ya pembahasan kita mengenai obat tetes mata vs vitamin mata.

Jadi gini lho, teman mata ku sayang. Kita membutuhkan nutrisi untuk memelihara kesehatan mata, terutama bagi orang-orang yang berisiko mengalami gangguan mata, seperti penderita diabetes. Nah, inilah mengapa vitamin mata penting untuk dikonsumsi.

Tidak seperti obat tetes mata, vitamin jenis ini sangat aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang tanpa efek samping asalkan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.            

Lebih bagusnya lagi, pilihlah vitamin mata yang mengandung bahan-bahan alami atau yang tertera istilah natural ingredients pada kemasannya. Agaknya, ini adalah poin penting untuk menentukan keunggulan obat tetes mata vs vitamin mata.

Tapi, kenapa harus pakai bahan alami, sih?

Disclaimer, menggunakan bahan alami bukan berarti meremehkan bahan kimia, ya.

Tapi, penggunaan bahan-bahan kimia untuk jangka panjang sangat tidak disarankan sebab bisa memicu berbagai penyakit, seperti fungsi hati memburuk, iritasi, dan lain-lain.

Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu mulai beralih ke vitamin mata untuk menjaga kesehatan mata dan tubuhmu, terutama yang mengandung bahan-bahan alami di dalamnya.

Obat Tetes Mata vs Vitamin Mata, Pilih Yang Mana Nih?

Perihal keputusan untuk menggunakan obat tetes mata atau vitamin mata, semua itu tergantung dengan preferensi mu ya, teman mata.

Tapi, kamu harus memikirkan dengan matang nih, sebab keduanya akan berdampak langsung pada tubuhmu, terutama mata.

Jadi, obat tetes mata vs vitamin mata, mana yang lebih unggul? Dan mana nih yang bakal kamu pilih?

Bisa dibilang vitamin mata lebih disarankan. Bukan tanpa alasan, vitamin mata tidak hanya menyembuhkan gangguan penglihatan yang kamu alami, tetapi membantu menjaga kesehatan matamu secara keseluruhan.

Bahkan, vitamin mata bisa dikonsumsi bulanan hingga tahunan tanpa efek samping karena mengandung bahan-bahan alami yang membantu menyokong nutrisi untuk tiap bagian mata.

Sehingga, bisa disimpulkan kalau obat tetes mata vs vitamin mata ‘dimenangkan’ oleh vitamin mata.

Vitamin Mata Yang Direkomendasikan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, vitamin mata ‘memenangkan’ perdebatan obat tetes mata vs vitamin mata dengan mempertimbangkan efek samping jangka panjangnya.

Tapi, kamu tidak bisa asal-asalan memilih vitamin mata. !!!!

Kalau masih bingung mau minum vitamin mata apa, Eyebost hadir untuk menyudahi kebingungan kalian!

Eyebost itu apa sih?

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan dari 100% bahan alami, mulai dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, madu asli, dan flavour blueberry.

Selain itu, kamu nggak perlu khawatir lagi perihal memelihara kesehatan mata karena di dalam Eyebost terkandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, E, antioksidan, dan yang paling penting adalah lutein eye complex.

Kamu harus tahu kalau lutein adalah senyawa yang sangat dibutuhkan oleh mata agar fungsi setiap bagiannya berjalan dengan baik.

Kandungan lutein merupakan salah satu alasan kenapa vitamin mata berhasil unggul dalam tajuk obat tetes mata vs vitamin mata.

Dalam sebuah studi berjudul The effect of Lutein on Eye and Extra-Eye Health disebutkan kalau lutein tidak hanya baik untuk mata saja, tetapi juga untuk kesehatan tubuh seperti menurunkan risiko kanker dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca: Bunga Marigold pada Eyebost, Mengandung Lutein, Memiliki Khasiat Baik Bagi Mata dan Tubuh

Ditambah Eyebost aman dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak di atas usia dua tahun hingga kalangan lanjut usia bahkan untuk penderita diabetes sekalipun.

Kamu ingin mata sehat bebas gangguan? Yuk, minum Eyebost sekarang juga!
Ingat mata, ingat Eyebost!

Vitamin mata Eyebost paket ampuh


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi