Lifestyle

Apa Penyebab Mata Sembab Setelah Menangis? Ketahui Alasannya dan 6 Cara Mengatasinya!

/

by Shaffi Kareem


Setiap manusia bisa merasakan emosi, baik itu senang, sedih, kecewa, khawatir, dan masih banyak lagi. Emosi semacam ini harus dikeluarkan dengan cara yang baik agar tidak memicu depresi, gangguan kecemasan, dan stres. Salah satu caranya adalah menangis.

Sayangnya, sebagian orang merasa malu untuk menangis, padahal menangis merupakan cara yang sehat untuk meluapkan emosi nih, teman mata. Terlebih, efek mata sembab yang ditimbulkan setelahnya terlihat sangat menonjol sehingga menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Eitsss, kamu tidak perlu khawatir!

Mata sembab bukan menjadi masalah lagi setelah kamu mengetahui cara mengatasi mata sembab yang akan kita rangkum pada artikel kali ini. Seperti biasa, kita juga akan mengulas secara singkat terlebih dahulu mengenai fenomena mata sembab berikut penyebabnya.

Jadi, jangan kemana-mana dan stay tuned!

Fenomena Mata Sembab

Pada saat dilahirkan, bayi akan menangis sebagai tanda paru-parunya berfungsi dengan baik. Seiring bertambahnya usia, menangis menjadi suatu cara untuk meluapkan emosi yang sehat, baik itu saat kita terlampau bahagia maupun sedih.

Kendati demikian, banyak orang zaman dahulu yang beranggapan bahwa laki-laki tidak diperbolehkan menangis sebagai tanda kejantanan. Anggapan semacam ini tentu salah kaprah dan justru bisa memicu permasalahan di kemudian hari.

Bahkan, dalam Islam, menangis dianggap sebagai cara untuk membersihkan hati. Ketika kita sulit atau jarang menangis, bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda kotornya hati.

Satu hal yang pasti, sebagian dari kita kurang percaya diri sebab efek yang ditimbulkan setelah menangis. Mata sembab salah satunya. Iya atau iya?

Untuk memahami tentang mata sembab, tidak ada ruginya kita mengulik lebih dalam mengenai jenis-jenis air mata. Melansir dari laman Healthline, setidaknya ada tiga jenis air mata, yaitu:

  • Air mata basal. Jenis air mata yang satu ini tidak menyebabkan mata sembab. Air mata basal adalah cairan air mata yang dikeluarkan oleh mata setiap saat untuk melumasi permukaan mata.
  • Air mata refleks. Air mata refleks keluar dalam jumlah yang banyak dan secara tiba-tiba untuk membersihkan iritan yang mengiritasi mata. Salah satu contohnya adalah air mata yang keluar saat mengiris bawang.
  • Air mata emosional. Sesuai dengan sebutannya, air mata emosional berkaitan erat dengan emosi manusia yang kuat, misalnya kebahagiaan dan kesedihan yang teramat sangat.

Perlu kita ketahui bersama, jenis air mata yang seringkali menjadi penyebab mata sembab adalah air mata emosional. Pada dasarnya, air mata jenis ini membantu kita membangun hubungan dengan orang lain.

Contohnya, air mata emosional merupakan pertanda bahwa seseorang memerlukan bantuan. Selain itu, hormon yang berperan dalam menghilangkan stres pun terkandung di dalamnya. Tidak heran kalau kita merasa lebih tenang setelah menangis.

Penyebab Mata Sembab

Sebetulnya, mata sembab bukanlah aib. Namun, apakah kalian penasaran bagaimana mata sembab terjadi?

Baca Juga: Kantung Mata Kendur di Usia Muda Bikin Nggak Pede, Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Melansir dari laman My Vision, ada dua alasan kenapa menangis menyebabkan mata sembab, meliputi:

1. Air Mata Terlalu Banyak

Menurut ahli, mata sembab setelah menangis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh penumpukan cairan di di bawah kulit sekitar mata. Biasanya, jenis air mata ini adalah air mata emosional.

Saat menangis, air mata yang dikeluarkan tidak dapat terkuras sepenuhnya oleh sistem drainase mata karena jumlahnya yang terlalu banyak.

Air mata tersebut akan tertahan oleh tubuh dan terserap ke jaringan di bawah mata sehingga terjadilah pembengkakan atau yang dikenal dengan sebutan mata sembab.

2. Mengandung Sedikit Garam

For your information, apabila dibandingkan dengan air mata basal dan refleks, air mata emosional mengandung lebih sedikit garam atau sodium.

Air mata akan terserap ke jaringan sekitarnya yang mengandung konsentrasi garam tinggi ketika air mata menetes. Fenomena inilah yang kemudian menjadi penyebab mata sembab setelah menangis.

Cara Mengatasi Mata Sembab

Basically, mata sembab bukanlah pembengkakan mata yang perlu dikhawatirkan. Kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa waktu tanpa tindakan khusus sekalipun.

Akan tetapi, mereka yang mengalaminya mungkin kekurangan percaya diri untuk bertemu orang lain atau melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang.

Jangan khawatir! Kamu bisa ikuti cara mengatasi mata sembab di bawah ini untuk mempercepat proses pemulihan seperti yang dilansir dari laman Healthline, yaitu:

1. Kompres Dingin

Kompres dingin berfungsi untuk meredakan mata sembab setelah menangis. Caranya terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kain bersih dan air es.

Caranya adalah celup kain ke dalam air es, peras, dan letakkan kain tersebut di atas mata tertutup. Biarkan selama beberapa saat dan ulangi hingga mata sembab membaik.

2. Kompres Kantung Teh atau Mentimun

Teh mengandung kafein yang membantu meredakan mata bengkak atau sembab. Begitu pula dengan mentimun yang mengandung tanin sebagai astringent alami yang membantu meredakan mata sembab akibat penumpukan cairan di bawah mata.

Untuk kompres kantung teh, kamu harus merendam kantung teh ke dalam air selama beberapa menit, kemudian dinginkan di dalam kulkas sebelum diaplikasikan menjadi kompresan di atas mata sembab.

Untuk kompres mentimun, potonglah mentimun dingin yang telah dicuci menjadi irisan-irisan tipis. Aplikasikan beberapa di antaranya di atas mata tertutup dan biarkan selama beberapa menit.

3. Pijat Area Mata

Memijat area sekitar mata dengan lembut membantu melancarkan peredaran darah serta mengurangi penumpukan cairan di sekitar mata.

Lakukan gerakan mengetuk dan menyapu di sekitar kontur atas dan bawah mata dengan menggunakan bagian lembut dari ujung jari. Kamu juga bisa menggunakan krim mata agar kulit lebih licin saat dipijat.

4. Gunakan Witch Hazel

Witch hazel adalah semacam astringent yang digunakan untuk meredakan kemerahan dan peradangan pada mata sembab setelah menangis.

Namun, penting untuk diketahui bahwa witch hazel tidak direkomendasikan untuk digunakan di area sekitar mata. Oleh karenanya, teteskan witch hazel di atas kapas dan tap secara lembut dan perlahan pada area pipi bagian atas menjauhi kelopak mata.

5. Pakai Alat Pijat

Alat seperti gua sha dan roller wajah bisa digunakan untuk memijat area mata. Untuk memudahkannya, kamu bisa menambahkan serum atau minyak wajah nih, teman mata.

Tujuan penggunaan alat semacam ini di antaranya adalah melancarkan peredaran darah, membantu penyerapan produk skincare, dan mengurangi bengkak akibat mata sembab berkat efek dingin yang diperoleh dari alat tersebut.

6. Aplikasikan Serum atau Krim Dingin

Kalau kamu memasukkan serum dan krim ke dalam rangkaian skincare, kamu wajib coba cara yang satu ini.

Mengaplikasikan serum atau krim wajah yang telah dimasukkan ke dalam kulkas akan membantu mengempiskan mata sembab yang kamu alami. Namun, pastikan bahwa produk yang digunakan aman untuk dipakai di area sekitar mata, ya.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami mata sembab setelah menangis, jangan malu lagi, ya. Kamu bisa coba cara mengatasi mata sembab di atas dan lakukan secara konsisten hingga bengkak mereda.

Selain itu, kamu juga harus pastikan mata bebas dari iritasi mata untuk mencegah bengkak semakin parah. Untuk itu, jagalah kesehatan mata dengan nutrisi yang baik untuk mata. Minum vitamin mata Eyebost salah satunya.

Vitamin mata Eyebost  terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari tanpa ketergantungan dan efek samping. Manfaatnya pun tidak main-main, mulai dari meningkatkan kualitas penglihatan, mencegah gangguan mata, serta meringankan iritasi mata.

Semua manfaat tersebut diperoleh dari bahan unggulan dan berkualitas, seperti madu asli, ekstrak buah bilberry, bunga marigold, dan wortel yang mengandung vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan antosianin.

Izin edar dari BPOM dan sertifikat HALAL MUI semakin meyakinkan kita semua bahwa vitamin mata ini tidak hanya berkhasiat, melainkan juga aman dikonsumsi.

Yang mau punya mata sehat, yuk minum Eyebost aja!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi