Lifestyle

Mengapa Mata Kering Saat Puasa Bisa Terjadi? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

/

by Shaffi Kareem


Permukaan mata ibarat rantai yang harus selalu diberi oli agar pergerakan rantai lancar sehingga motor dapat bergerak dengan gesit. Permukaan mata harus selalu dilumasi dengan cairan air mata sehingga mata terasa nyaman dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kendati demikian, ancaman gangguan mata akan selalu ada, terutama selama bulan Ramadan. Perlu kita ketahui bersama bahwa banyak kasus mata kering saat puasa nih, teman mata.

Sebenarnya, apa alasan yang melatar belakangi mata kering saat puasa?

Pada artikel di bawah ini, kita akan ulas bersama mengenai alasan mata kering saat puasa, serta cara mengatasi dan mencegahnya. Ingin tau selengkapnya? Baca artikel ini sampai titik terakhir, ya!

Mengalami Mata Kering Saat Puasa, Kenapa Ya?

Umumnya, permukaan mata harus terhidrasi dengan baik dengan pelumas alami yaitu cairan air mata. Cairan tersebut diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di sudut atas pada setiap mata.

Tidak selalu berjalan lancar, terkadang ada beberapa kendala yang memicu mata kering. Secara umum, mata kering terjadi akibat dua hal, yaitu produksi air mata berkurang dan penguapan air mata yang terlalu cepat.

Akibatnya, permukaan mata terasa kering sehingga mengakibatkan munculnya gejala mata iritasi seperti mata merah, berair, gatal, perih, sensitif terhadap cahaya (fotofobia), dan lain sebagainya.

Tahukah kamu bahwa banyak orang yang mengeluhkan mata kering saat puasa?

Tidak hanya bibir dan kulit saja yang kering, selama berpuasa, kamu juga berisiko mengalami mata kering nih, teman mata.

Hal ini dipicu oleh suatu kondisi yang dinamakan dengan dehidrasi, di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Sebetulnya, berpuasa otomatis mengurangi asupan cairan karena kita diharuskan untuk menahan segala bentuk hawa napsu, termasuk makan dan minum.

Parahnya, kekurangan cairan parah mengakibatkan dehidrasi dan pada akhirnya memicu mata kering saat puasa. Meskipun bukan gangguan mata serius, kamu akan merasakan ketidaknyamanan selama berpuasa nih, teman mata.

Dalam studi penelitian berjudul Adult Dehydration dikatakan bahwa dehidrasi memicu keringnya selaput lendir, termasuk konjungtiva yang melapisi bagian permukaan mata dan kelopak mata.

Studi lain yang berjudul Tear Osmolarity in the Diagnosis of Systemic Dehydration and Dry Eye Disease menyebutkan bahwa dehidrasi dikaitkan dengan tingginya kadar garam pada air mata atau yang dalam istilah medis disebut dengan hyperosmolarity.

For your information, kadar garam yang tinggi dalam air mata merupakan salah satu indikator yang berguna pada proses diagnosis dehidrasi maupun mata kering.

Bagaimanapun, asupan cairan tubuh harian yang ideal adalah sebanyak 2 Liter per hari atau setara dengan 8-10 gelas. Jadi, tugas kita adalah memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi selama puasa untuk mencegah mata kering sehingga ibadah pun lancar jaya tanpa hambatan.

Stay hydrated, teman mata!

Cara Mengatasi Mata Kering Saat Puasa, Pahami!

Mata kering saat puasa mungkin menjadi salah satu hambatan dalam beraktivitas selama bulan Ramadan. Padahal, bulan Ramadan ibarat ajang untuk memperbanyak amalan dan memupuk keimanan.

Karenanya, mata kering tidak boleh dibiarkan agar tidak berlarut-larut dan mengembalikan semangat kita dalam beribadah. Adapun berikut di bawah ini cara mengatasi mata kering saat puasa, di antaranya yaitu:

1. Kompres Mata

Cara mengatasi mata kering saat puasa tidak selalu membutuhkan obat-obatan. Kita juga dapat mencoba perawatan rumahan, misalnya kompres mata.

Teman mata, cobalah untuk memberikan kompres mata dengan air hangat. Tujuan prosedur ini adalah untuk meredakan gejala mata iritasi yang kamu alami.

Selain itu, kompres hangat juga bertujuan untuk melancarkan sumbatan pada kelenjar minyak atau meibom. Bisa jadi, mata kering saat puasa yang kamu alami diperparah oleh sumbatan pada kelenjar minyak yang berlokasi di kelopak mata.

2. Air Mata Buatan

Pemberian air mata buatan merupakan cara mengatasi mata kering yang paling umum. Pada dasarnya, air mata buatan berperan seperti air mata yang akan membantu mengembalikan kelembaban permukaan mata.

Meskipun begitu, banyak dari kita yang bertanya-tanya, “Apakah penggunaan obat tetes mata membatalkan puasa?

Jangan khawatir, MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa antara mata dan tenggorokan, terutama perut, tidak ada lubang penghubung sehingga obat tetes mata tidak membatalkan puasa.

Jadi, mengatasi mata kering saat puasa dengan menggunakan air mata buatan atau tetes mata tidak mempengaruhi puasa kamu selama Ramadan, ya.

3. Obat-Obatan

Selain kedua cara di atas, mata kering saat puasa juga dapat diatasi dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, lho.

Kelompok obat-obatan bernama cholinergics seperti pilocarpine dan cevimeline membantu merangsang produksi air mata. Obat semacam ini tersedia dalam berbagai bentuk, meliputi gel, pil, maupun tetes mata.

Bagaimanapun, obat tersebut mungkin memunculkan efek samping berupa berkeringat.

4. Perawatan Kelopak Mata

Untuk mata kering saat puasa yang terbilang parah, kamu mungkin membutuhkan perawatan khusus pada kelopak mata nih, teman mata.

Perawatan mudah dan sederhana seperti pijat ringan pada kelopak mata akan membantu memperlancar kelenjar air mata dan aliran darah di sekitar mata.

Tips Mencegah Mata Kering Saat Puasa

Ramadan menjadi kesempatan kita untuk memperbaiki amalan, baik wajib maupun sunnah. Bagaimana tidak, Allah menjamin akan melipatgandakan pahala dari amalan yang kita lakukan selama bulan puasa.

Akan tetapi, mata kering saat puasa berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan bahkan mengganggu ibadah kita. Jadi, kita harus melakukan segala upaya untuk mencegah mata kering saat puasa, seperti:

  • Minum air cukup. Penuhi asupan cairan harian sebanyak 2 Liter sehari selama berpuasa. Terapkanlah aturan 2-2-2-2 yaitu dengan minum air sebanyak 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.
  • Gunakan kacamata di luar ruangan. Kacamata membantu melindungi permukaan mata dari cuaca berangin pemicu mata kering.
  • Konsumsi makanan kaya akan asam lemak omega 3. Tambahkanlah jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ke dalam menu sahur atau berbuka, misalnya ikan.
  • Gunakan humidifier di dalam ruangan. Menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan kelembaban udara rendah seperti ruangan ber-AC dapat memicu mata kering saat puasa. Penggunaan humidifier akan membantu meningkatkan kelembaban udara, nih.
  • Konsumsi Vitamin Mata. suplemen mata dapat membantu kondisi mata kamu menjadi lebih segar dan lebih jernih. Seperti madu eyebost yang merupakan vitamin mata terbaik untuk teman puasa kamu.

In conclusion, mata kering saat puasa dapat dicegah dengan empat cara di atas. Kendatipun, kamu juga dapat mencegah mata kering dengan mengonsumsi Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang diformulasikan untuk memastikan penglihatan tetap jernih, fokus, dan tajam, serta terbebas dari gangguan penglihatan seperti mata kering.

Di dalam satu botol Eyebost, kamu akan memperoleh kebaikan dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli yang mengandung antioksidan lutein, antosianin, flavonoid, polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Buat kamu yang ingin menjaga kesehatan mata selama bulan puasa, pastikan selalu untuk minum Eyebost, ya. Terlebih lagi, Eyebost aman dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping.

Yuk, pesan Eyebost sekarang juga agar ibadah selama bulan Ramadan semakin gacor!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi