Lifestyle

Hal yang Harus Dihindari Saat Mata Kelilipan dan 5 Cara Mengatasinya

/

by Shaffi Kareem


Fun fact, organ tubuh manusia memiliki jam kerja atau yang disebut juga dengan jam biologis, misalnya jam biologis jantung berkisar antara jam 23:00–01:00. Contoh lain adalah mata yang bekerja setiap waktu kecuali saat kita tertidur.

Selalu dalam kondisi terbuka, tidak heran mata kerap kali mengalami gangguan penglihatan. Salah satunya adalah mata kelilipan akibat masuknya benda asing ke dalam mata.

Jangan anggap mata kelilipan hal sepele ya, teman mata. Kejadian tersebut dapat memicu terjadinya masalah penglihatan yang lebih parah apabila tidak ditangani dengan baik.

Adapun hal yang harus dihindari saat mata kelilipan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pun, cara mengatasi mata kelilipan tidak boleh sembarangan untuk menghindari komplikasi yang lebih serius.

Kamu mau tau lebih jauh tentang mata kelilipan? Ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!

Kamu Mengalami Mata Kelilipan?

Baik itu melakukan aktivitas di dalam maupun di luar ruangan tidak menutup kemungkinan kamu mengalami mata kelilipan sebab kondisi mata yang selalu terbuka kecuali saat tertidur.

Mata kelilipan diakibatkan oleh masuknya benda asing ke dalam mata. Benda tersebut seringkali berada di permukaan mata, bersembunyi di bawah kelopak mata, ataupun masuk ke dalam mata. 

Konjungtiva dan kornea menjadi bagian mata yang paling sering terdampak ketika mengalami mata kelilipan. Perlu kita ketahui bersama, konjungtiva adalah selaput atau membran tipis yang menyelimuti bagian putih mata (sklera).

Sementara itu, kornea merupakan bagian mata berbentuk kubah bening yang terletak di area permukaan mata. Tugas kornea adalah sebagai tempat masuknya cahaya yang akan diteruskan ke dalam mata menuju retina di bagian belakang mata.

Sebetulnya, benda asing tersebut tidak mungkin hilang ke bagian belakang bola mata. Akan tetapi, hal tersebut mungkin mengakibatkan goresan pada kornea. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut juga dengan abrasi kornea.

Jangan khawatir, umumnya goresan pada permukaan mata masuk ke dalam kategori cedera mata ringan. Bagaimanapun, infeksi dan kerusakan penglihatan mungkin terjadi akibat benda asing jenis tertentu.

Melansir dari laman Healthline, ketika mengalami mata kelilipan, biasanya kamu juga merasakan beberapa gejala, di antaranya seperti:

  • Mata perih
  • Mata merah
  • Mata berair berlebih
  • Sering berkedip
  • Rasa tidak nyaman pada mata
  • Sensasi masuknya benda asing ke dalam mata
  • Mata nyeri ketika melihat cahaya

For your information, ada sebuah istilah yang dinamakan dengan intraocular foreign body. Kondisi ini terjadi ketika ada benda asing yang berhasil menembus ke dalam mata akibat pergerakan yang intens dan berkecepatan tinggi, contohnya tembakan atau ledakan.

Gejala tambahan pada intraocular foreign body adalah keluarnya cairan atau darah dari dalam mata. Tetapi, kasus ini terbilang jarang kok, teman mata.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Mata Kelilipan

Actually, mata kelilipan tidak membutuhkan penanganan medis asalkan tidak disertai dengan gejala serius seperti nyeri mata berkepanjangan atau keluarnya darah atau cairan dari dalam mata. Meski begitu, bukan berarti benda asing di dalam mata boleh dibiarkan begitu saja, nih. 

Baca Juga: Benarkah Merokok Meningkatkan Risiko Katarak?

Apabila ada benda masuk ke dalam mata, tindakan sederhana sangat berarti untuk menghindari kerusakan penglihatan dan infeksi. Sebelum itu, please take a note mengenai hal yang harus dihindari saat mata kelilipan, seperti:

  • Hindari mengucek mata
  • Hindari menyentuh area mata dengan tangan tanpa mencuci tangan
  • Hindari menggunakan alat tertentu pada permukaan mata, seperti cotton bud
  • Hindari melepas lensa kontak langsung, kecuali terjadi cedera akibat paparan zat kimia atau terjadi pembengkakan
  • Hindari membersihkan mata dengan air sungai atau danau

Cara Mengatasi Mata Kelilipan

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika mengalami mata kelilipan. Sebenarnya, hal ini terbilang umum terjadi dan dapat membaik dengan sendirinya setelah benda asing dikeluarkan dari mata.

Kendatipun, mata kelilipan tidak boleh dianggap enteng sebab berisiko mengarah pada kondisi yang lebih serius, misalnya infeksi. Namun, tahukah kamu bagaimana cara mengatasi mata kelilipan yang baik dan benar?

Mungkin kamu dapat menerapkan beberapa cara mengatasi mata kelilipan seperti yang dicukil dari laman Siloam Hospitals di bawah ini.

1. Mengedipkan Mata

Mengedipkan mata merupakan refleks alami tubuh yang biasanya muncul ketika mata terasa tidak nyaman, seperti yang terjadi saat mata kelilipan.

Selain gerakan refleks, kamu juga dapat melakukan kedipan mata sukarela atau sengaja (voluntary blinking) berkali-kali. Tujuannya adalah untuk menggerakkan dan mengeluarkan cairan air mata guna mengeluarkan benda asing dari dalam mata.

2. Membilas Mata dengan Air Bersih

Mengatasi mata kelilipan dapat dilakukan dengan cara membilas mata menggunakan air mengalir yang terjamin kebersihannya. Hindari membilas mata menggunakan air menggenang atau air yang berpotensi mengandung bakteri, seperti air sungai, danau, dan lain sebagainya.

Oh iya, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum membilas mata. Tangan yang terkontaminasi bakteri atau kuman akan memperburuk kondisi mata.

3. Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata berupa air mata buatan (artificial tears) adalah obat tetes yang sama fungsinya dengan cairan mata kita. Umumnya, air mata buatan digunakan juga untuk mengatasi mata kering.

Sudah jelas, pemakaian air mata buatan bertujuan untuk mengeluarkan benda atau partikel asing yang masuk ke dalam mata. Pilihlah air mata buatan tanpa pengawet agar lebih aman untuk mata.

4. Menarik Kelopak Mata

Mata terasa kemasukan benda asing tetapi tidak terlihat? Barangkali, benda asing tersebut bersembunyi di belakang kelopak mata atas atau bawah nih, teman mata.

Menarik kelopak mata akan membantu mengeluarkan benda asing tersebut. Jangan lupa, lakukan cara ini sembari memutar bola mata atau berkedip, ya.

5. Memeriksakan Mata ke Dokter

Honestly, mata kelilipan akan membaik hanya dengan melakukan penanganan sederhana seperti di atas. Apabila tidak kunjung membaik bahkan efeknya semakin parah, maka segera periksakan mata ke dokter spesialis mata.

Penanganan yang tepat dan cepat membantu mencegah komplikasi yang mengancam gangguan penglihatan. Jadi, selalu pantau kondisi matamu secara berkala, ya.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami mata kelilipan. Ironisnya, tidak banyak yang tau bagaimana cara mengatasi mata kelilipan yang baik dari sisi medis.

Kondisi ini memang dapat diatasi dengan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam mata, namun biasanya kamu masih mengalami gejalanya selama beberapa saat, misalnya mata merah dan berair.

Jangan panik!

Ada vitamin mata Eyebost yang siap membantu kamu meringankan gejala iritasi mata, termasuk akibat mata kelilipan, lho. Tidak hanya itu, vitamin mata yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga penglihatan selalu fokus, tajam, dan jernih.

Berkat bahan unggulan berupa madu asli serta ekstrak bunga marigold, buah bilberry, dan wortel, mata memperoleh banyak nutrisi penting, seperti vitamin A, C, E, dan antioksidan lutein, flavonoid, antosianin, dan polifenol.

Terlebih, Eyebost aman dikonsumsi setiap hari oleh semua kalangan usia sebab telah memperoleh sertifikat HALAL MUI dan izin edar yang dikeluarkan langsung oleh BPOM.

Hari gini masih ragu dengan manfaat Eyebost?

Yuk, saatnya kamu buktikan sendiri dengan minum Eyebost mulai hari ini!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi