Kesehatan

7 Cara Mengatasi Mata Iritasi Saat Binge Watching Agar Menonton Semakin Syahdu

/

by Shaffi Kareem


Zaman sekarang, siapa sih yang nggak suka nonton?

Ada begitu banyak platform penyedia film dan series mulai dari tontonan lokal, Barat, hingga Korea. Tidak heran kalau banyak di antara kita yang rela binge watching karena tidak ingin ketinggalan setiap episode-nya.

Tapi, kamu harus tahu nih teman mata, binge watching tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering karena dapat berimbas pada kesehatan, salah satunya adalah mata iritasi saat binge watching.

Niat ingin merilekskan badan di hari libur, justru membawa dampak negatif bagi mata. Kamu penasaran bagaimana binge watching bisa mengiritasi mata? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Binge Watching?

Buat kamu generasi millenial dan Z, kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah binge watching. Tapi, binge watching itu apa sih?

Menurut Cambridge Dictionary, binge watching diartikan sebagai kegiatan menonton beberapa episode dari series TV atau program secara beruntun. Misalnya, kamu melakukan binge watching semua episode Bridgerton (series asal Inggris) pada hari Minggu.

Yang membuat binge watching berbeda dengan menonton film atau series pada umumnya adalah beberapa episode langsung dibabat habis dalam sekali duduk.

Bahkan, dalam sebuah studi penelitian berjudul Binge-Watching: Development and Validation of the Binge-Watching Addiction Questionnaire disebutkan kalau binge watching merupakan perilaku adiktif yang dapat menimbulkan ketergantungan dan perubahan perilaku.

Kalau dilakukan sesekali mungkin tidak masalah ya, teman mata. Kendati demikian, jangan sampai kamu kecanduan dan terbiasa untuk menonton series atau drama berpuluh-puluh episode dalam satu kali menonton.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Mata Iritasi Saat Binge Watching Agar Menonton Semakin Syahdu

Adapun beberapa masalah kesehatan akibat binge watching yang harus kamu waspadai, seperti depresi, disabilitas fisik, fungsi kognitif terganggu, masalah tidur, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker sekalipun.

Dengan mengetahui risiko yang dihadapi, teman mata semua diharapkan lebih bijak dalam melakukan sesuatu ya, terutama untuk hal-hal yang memberikan efek kurang baik bagi tubuh.

Mata Iritasi Saat Binge Watching

Kegiatan binge watching pada hari libur memang mengasyikkan, tapi kalau dilakukan terlalu sering bisa memicu terjadinya masalah kesehatan, contohnya saja mata iritasi.

Mata iritasi saat binge watching merupakan keluhan yang paling umum. Bagaimana tidak, mata dipaksa untuk fokus menatap layar TV atau gawai selama berjam-jam lamanya. Lama kelamaan, kamu akan mulai mengeluhkan mata tidak nyaman bahkan iritasi.

Mata iritasi saat binge watching disebut juga dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Pada dasarnya, CVS diartikan sebagai gangguan mata yang disebabkan akibat terlalu lama menatap layar gawai.

CVS menyebabkan kamu mengalami berbagai masalah kesehatan pada mata seperti mata lelah, mata kering, hingga pusing kepala. Kalau kamu mengalami mata iritasi saat binge watching, kamu mungkin akan mengalami beberapa gejala di antaranya adalah:

  • Mata lelah
  • Sakit kepala
  • Penglihatan buram
  • Penglihatan ganda
  • Mata kering
  • Mata merah
  • Mata berair
  • Mata gatal
  • Sakit leher
  • Sakit pundak

Penyebab Mata Iritasi Saat Binge Watching

Tidak lain dan tidak bukan, mata iritasi saat binge watching disebabkan oleh terlalu lama menatap layar TV atau gawai tanpa jeda.

Satu episode berlanjut ke episode selanjutnya, dan tidak terasa hingga episode terakhir. Lalu, kamu akan mulai menyadari kalau mata terasa kering, merah, gatal, pegal, hingga penglihatan buram.

Tapi, kondisi semacam ini dipicu oleh beberapa kondisi atau faktor risiko yang mungkin tidak kamu sadari, seperti:

  • Pencahayaan ruangan kurang
  • Menatap layar gawai setiap hari
  • Layar gawai terlalu silau
  • Kelainan refraksi yang tidak terkoreksi (mata minus atau silinder)
  • Resep lensa kacamata yang tidak tepat
  • Angle atau jarak pandang yang tidak tepat
  • Postur buruk ketika duduk 

Cara Mengatasi Mata Iritasi Saat Binge Watching

Mata iritasi saat binge watching akan sangat membuat mata terasa tidak nyaman. Kamu pasti tidak mau dong kalau mata iritasi hingga berujung pada terganggunya aktivitas sehari-hari?

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa cara mengatasi mata iritasi saat binge watching atau Computer Vision Syndrome (CVS), di antaranya adalah:

1. Sesuaikan Posisi Komputer Atau Gawai

Kamu yang menggunakan komputer, posisikan layar komputer setidaknya 20-28 inchi atau 50-70 cm dari mata. Ternyata, duduk terlalu dekat dengan layar gawai atau komputer dapat  meningkatkan risiko mata lelah, lho.

Beberapa hal yang perlu diingat adalah posisikan layar di bawah level mata sekitar 10-12 cm. Kemudian, miringkan bagian atas layar sekitar 10-20 derajat. Pastikan kamu tidak memiringkan leher ke atas atau ke bawah untuk melihat layar.

2. Sering Berkedip

Berkedip adalah suatu mekanisme luar biasa yang bertujuan untuk melumasi mata dengan cairan mata sehingga mata kita terhindar dari gangguan mata kering atau dry eyes.

Saat sedang fokus menatap layar, intensitas berkedip cenderung berkurang sehingga terjadilah mata iritasi saat binge watching.

Jadi, jangan lupa berkedip saat binge watching, ya!

3. Kurangi Kesilauan Layar

Layar yang silau merupakan akibat dari refleksi cahaya yang memantul ke layar gawai. Biasanya, cahaya semacam ini berasal dari jendela ruangan atau cahaya lampu atas kepala kita.

Dalam usaha mengurangi tingkat kesilauan layar, kamu bisa melakukan beberapa cara, seperti:

  • Gunakan bola lampu dengan watt yang lebih rendah
  • Tutup tirai, korden, atau jendela untuk meminimalisasi kesilauan layar
  • Redupkan lampu
  • Tambahkan filter kesilauan layar pada gawai atau komputermu

4. Gunakan Kacamata Yang Tepat

Buat teman mata yang menggunakan kacamata, pastikan kamu menggunakan kacamata dengan resep lensa yang tepat, ya.

Kacamata dengan resep lensa yang tidak tepat akan membuat mata sulit untuk fokus sehingga meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala dan mata lelah.

Lebih baiknya lagi, gunakan kacamata dengan lensa khusus seperti blue-ray yang baik untuk menangkal sinar ultraviolet dan sinar biru yang dipaparkan langsung dari layar gawai.

5. Perbaiki Postur Tubuh

Terdengar sepele, ternyata postur yang buruk bisa meningkatkan risiko mata iritasi saat binge watching, lho, teman mata!

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan postur tubuh, baik dari posisi duduk maupun dari segi penempatan ruang kerja, misalnya meja dan kursi.

Ada beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan postur tubuh yang baik saat duduk di depan komputer, meliputi:

  • Duduk tegak
  • Jagalah pundak tetap rileks
  • Posisikan layar sedikit di bawah level mata
  • Gunakan kursi dengan tinggi yang tepat
  • Gunakan kursi yang menyangga punggung dengan baik

6. Istirahatkan Mata Dan Tubuh

Untuk mengatasi dan mencegah mata iritasi saat binge watching, kamu disarankan untuk berkedip saat menonton dan istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20.

Aturan 20-20-20 artinya setelah menatap layar 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda sejauh 20 kaki. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi mata lelah.

Tidak hanya itu, setelah 2 jam menggunakan gawai, istirahatkan mata selama 15 menit. Beranjak lah dari tempat dudukmu dan fokuskan mata dengan hal lain seperti menatap pohon-pohon hijau di luar rumah, atau semacamnya.

Selain itu, manfaatkan waktu istirahatmu dengan kegiatan yang tidak melibatkan gawai, misalnya berjalan kaki, memasak, dan lain sebagainya.

7. Konsumsi Vitamin Mata Terbaik

Vitamin mata adalah salah satu dari sekian banyak cara mengatasi mata iritasi saat binge watching.

Gejala mata lelah, kering, merah, gatal, dan berair bisa diredakan dengan mengonsumsi vitamin mata seperti Eyebost.

Obat tetes mata memang memberikan efek yang lebih instan, namun obat tetes mata tidak boleh digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama sebab penggunaan semacam itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Eyebost merupakan solusinya. Berbahan dasar madu hutan asli yang dikombinasikan dengan bahan-bahan 100% alami seperti ekstrak buah bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry, Eyebost sangat aman dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping.

Berkat kandungannya yang luar biasa, kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan mata, mulai dari vitamin A, C, E, dan berbagai jenis antioksidan seperti lutein, phenol, dan flavonoid.

Tidak diragukan lagi, ribuan orang di Indonesia telah merasakan manfaat Eyebost yang satu ini. Tunggu apalagi? Yuk, pesan Eyebost di website resminya dan rasakan sendiri manfaatnya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi