Lifestyle

5 Makanan Untuk Mata Kering Yang Kaya Gizi, Solusi Mata Lembab Secara Alami

/

by Shaffi Kareem


Pernah nggak sih mata kamu terasa perih, merah, dan berair?

Waspadai, barangkali kamu mengalami mata kering nih, teman mata.

Meskipun terdengar sepele, mata kering tidak boleh dibiarkan begitu saja. Gangguan penglihatan yang satu ini layak memperoleh perhatian khusus agar tidak berlarut-larut.

Dari sekian banyak tindakan yang dapat dilakukan, mengonsumsi makanan untuk mata kering boleh jadi salah satu pilihan untuk mengatasi mata kering secara alami.

Tetapi, makanan untuk mata kering itu apa aja sih?

Buat kamu yang sedang atau sering mengalami mata kering, kamu wajib baca artikel ini sampai habis sebab artikel ini sarat akan informasi mengenai mata kering, mulai dari pengertian mata kering, cara mengatasinya, hingga makanan untuk mata kering yang kaya gizi.

Nggak perlu banyak pengantar, yuk kita masuk ke pembahasan yang pertama!

Seputar Mata Kering

Sebelum kita membahas mengenai makanan untuk mata kering, kita akan terlebih dahulu mengulas apa itu mata kering sebab gangguan penglihatan semacam ini bukan hanya sekedar sensasi mata terasa kering saja, melainkan lebih dari itu.

Dalam dunia medis, mata kering didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana permukaan mata tidak dapat terhidrasi oleh cairan air mata dengan baik. Akibatnya, permukaan air mata cenderung kering dan memicu munculnya gejala mata iritasi, meliputi:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Mata lelah dan buram
  • Keluarnya lendir berserabut di sekitar area mata
  • Gatal dan sensasi terbakar pada permukaan mata
  • Sensitif terhadap cahaya atau fotofobia
  • Sensasi masuknya benda asing di dalam mata
  • Kesulitan untuk menggunakan lensa kontak
  • Kesulitan untuk berkendara pada malam hari

Pada dasarnya, cairan air mata dihasilkan oleh kelenjar lakrimal yang dikeluarkan setiap kali mata berkedip. Tidak hanya air, cairan air mata mengandung minyak yang berfungsi untuk memperlambat penguapan air mata tersebut.

Perlu kita ketahui bersama, secara umum mata kering disebabkan oleh dua hal, yaitu penguapan air mata yang terlalu cepat dan produksi air mata yang menurun. Keduanya memicu peradangan bahkan kerusakan permukaan mata.

To be honest, gangguan mata kering sangat lazim terjadi. Setiap orang pasti pernah mengalaminya setidaknya sekali seumur hidup sehingga sebagian dari mereka memilih untuk tidak ambil pusing.

Meskipun pada beberapa kasus kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya, mata kering tidak boleh disepelekan terlebih lagi apabila kondisinya tidak kunjung membaik.

Kunjungilah dokter spesialis mata guna memperoleh perawatan sesegera mungkin sebelum mata kering berkembang dan mengakibatkan munculnya komplikasi yang lebih serius, misalnya abrasi kornea dan ulkus kornea.

Cara Mengatasi Mata Kering

Seperti yang sudah kita diskusikan sebelumnya, mata kering harus segera ditangani untuk mencegah komplikasi di masa mendatang.

Perawatannya pun beragam, mulai dari perawatan medis hingga perawatan non-medis yang dapat dilakukan sendiri di rumah, misalnya mengonsumsi makanan untuk mata kering yang kaya gizi.

Baca Juga: 5 Buah Untuk Mata Kabur Agar Mata Tetap Sehat Bebas Gangguan Mata

Melansir dari laman Cleveland Clinic, ada beberapa upaya mengatasi mata kering yang direkomendasikan oleh para ahli, di antaranya adalah:

  • Menghindari penyebabnya. Cara mengatasi mata kering yang paling mudah adalah menghindari penyebabnya, misalnya asap rokok. Penggunaan pelindung mata disarankan untuk menghindari paparan asap rokok pada permukaan mata.
  • Menggunakan pelembab udara. Berada di dalam ruangan dengan kelembaban udara rendah merupakan faktor risiko terjadinya kering. Gunakan pelembab udara atau humidifier untuk menstabilkan kelembaban udara di dalam ruangan, khususnya ruangan ber-AC.
  • Kompres hangat. Kompres hangat meringankan mata kering dengan membiarkan kelenjar meibom (kelenjar penghasil minyak pada mata) untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini akan membantu memperlambat penguapan cairan air mata, lho.
  • Istirahatkan mata dari gawai. Terlalu fokus dengan gawai mengakibatkan intensitas berkedip menurun drastis. Oleh karenanya, istirahatkan mata secara berkala, setidaknya setiap 20 menit sekali dengan melakukan aturan 20-20-20, yaitu dengan melihat benda sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • Mengonsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi makanan untuk mata kering sangat direkomendasikan untuk meringankan gejalanya, contohnya wortel, jeruk, ikan, dan masih banyak lagi.
  • Tetes mata. Tetes mata berupa air mata buatan atau artificial tears merupakan tetes mata yang paling umum digunakan untuk mengembalikan kelembaban permukaan mata dengan cepat. Jangan khawatir, kamu dapat dengan mudah membelinya di apotik terdekat tanpa resep dokter.
  • Lensa kontak khusus. Penggunaan lensa kontak khusus mungkin disarankan oleh dokter untuk melindungi permukaan mata yang teriritasi akibat mata kering sekaligus melumasi permukaan mata dengan baik.
  • Punctal occlusion. Prosedur ini melibatkan proses pemberian sumbatan pada punctum atau lubang drainase air mata pada kelopak mata bagian bawah. Prosedur ini sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Tujuannya adalah agar ada lebih banyak cairan air mata yang mengisi permukaan mata.

Makanan Untuk Mata Kering

Finally, kita sampai juga pada pembahasan utama artikel kali ini yaitu makanan untuk mata kering. Merupakan salah satu gangguan penglihatan yang paling banyak terjadi, sudah semestinya kita membekali diri dengan pengetahuan mengenai makanan untuk mata kering.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang memilih untuk melakukan tindakan medis untuk mengatasi gangguan atau penyakit yang mereka alami, begitu pun juga dengan kasus mata kering.

Oleh sebab itu, ahli medis juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan untuk mata kering guna meredakan gejalanya, mencegah perkembangannya, sekaligus mencegah mata kering “mampir” lagi.

Berikut di bawah ini adalah lima makanan untuk mata kering yang dapat dengan mudah diperoleh, baik itu di pasar tradisional hingga swalayan, di antaranya adalah:

1. Wortel

Sudah bukan sekali dua kali kita mendengar tentang manfaat wortel untuk kesehatan mata. Dalam kasus ini, mengonsumsi wortel sangat baik untuk mengatasi mata kering.

Makanan untuk mata kering yang satu ini kaya akan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Peran vitamin A adalah menjaga kelembaban permukaan mata sehingga mata kering pun kian membaik.

2. Sayuran Hijau

Cocok diolah menjadi makanan maupun minuman, sayuran hijau mengandung vitamin C, E, serta lutein dan zeaxanthin yang baik untuk meredakan gejala mata kering.

Tidak hanya itu, makanan untuk mata kering semacam ini dapat melindungi sel mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru atau blue light yang berbahaya bagi kesehatan mata.

Adapun beberapa contoh sayuran hijau, yaitu brokoli, bayam, pokcoy, kale, dan masih banyak lagi.

3. Melon

Memiliki rasa yang manis dan kandungan air tinggi, melon masuk ke dalam deretan makanan untuk mata kering yang kaya gizi. Buah yang satu ini sangat cocok dijadikan cemilan maupun diolah menjadi aneka es, jus buah, dan masih banyak lagi.

Melon dengan daging berwarna kekuningan mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko degenerasi makula, dan mencegah mata kering dengan memastikan permukaan mata senantiasa lembab. 

4. Hati

Hati adalah organ hewan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sudah sejak dahulu hati dikonsumsi sebab kandungan gizinya yang tinggi, salah satunya adalah asam lemak omega 3.

Perlu kita ketahui bersama, asam lemak omega 3 berfungsi meningkatkan kualitas penglihatan, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga kelembaban permukaan mata. Jadi, makanan untuk mata kering yang satu ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, bukan?

5. Sitrus

Sitrus merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Tidak hanya rasanya yang segar, sitrus kaya akan vitamin C yang berperan dalam mengatasi mata kering nih, teman mata.

Pada kasus ini, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi mata dari bahaya radikal bebas. Selain itu, memastikan asupan vitamin C harian berarti kamu trut menghindari risiko terjadinya mata kering, lho.

In the end, kita tidak dapat melepaskan peranan makanan bergizi dalam memastikan kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya kesehatan mata. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan untuk mata kering agar permukaan mata senantiasa lembab dan sehat.

What’s more, kamu juga dapat memenuhi asupan nutrisi untuk mata kering dari vitamin mata Eyebost yang mengandung nutrisi kompleks untuk mata, mulai dari vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan antosianin.

Manfaat tersebut diperoleh berkat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli. Semuanya 100% alami sehingga tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Bukan hanya penderita mata kering, Eyebost dapat dikonsumsi setiap hari sebagai vitamin mata harian yang berfungsi memastikan penglihatan selalu jernih, tajam, fokus, dan bebas gangguan mata.Yuk, pastikan mata tetap sehat dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi