Lifestyle

Berikut 10 Pilihan Makanan untuk Kesehatan Mata Saat Puasa untuk Meraih Keberkahan Ramadan

/

by Shaffi Kareem


10 hari pertama puasa memang sangat menyenangkan ya, teman mata. Segala sesuatu terasa begitu bersemangat, terlebih lagi soal mencari takjil. Selain aneka bubur dan kolak, gorengan menjadi salah satu makanan paling favorit untuk disantap saat berbuka puasa.

Kendati demikian, para ahli medis tidak menyarankan berbuka puasa dengan gorengan, nih. Setelah berpuasa selama 12 jam lebih, seharusnya kita mengonusmsi makanan sehat dan bergizi, misalnya makanan untuk kesehatan mata saat puasa.

Tapi, apa sih yang melatarbelakangi pentingnya mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata saat puasa?

Okay, topik inilah yang akan menjadi pembahasan utama pada artikel kali ini. Kita juga akan mengulas apa saja makanan untuk kesehatan mata saat puasa serta bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama berpuasa. 

Jangan kemana-mana, ya! Stay tuned, teman mata!

Pentingnya Mengonsumsi Makanan untuk Kesehatan Mata Saat Puasa

Kaum muslim diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadan. Menahan segala bentuk hawa napsu, termasuk makan dan minum tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Di Indonesia, kita mulai berpuasa selama 12 jam lebih, dimulai dari adzan subuh hingga adzan maghrib berkumandang. Dengan kata lain, jendela makan menjadi sangat sempit, yaitu sekitar pukul 18.00 sampai pukul 04.00 pagi.

Bagaimanapun, keterbatasan waktu ini harus diakali sebisa mungkin untuk memaksimalkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Setidaknya, kita harus memastikan bahwa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat memenuhi energi selama 12 jam berpuasa.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari mengonsumsi karbohidrat kompleks (nasi merah, singkong, ubi, roti gandum, dan jagung), protein, lemak sehat, berolahraga rutin, serta penuhi asupan cairan harian at least 2 Liter sehari atau setara dengan 8 gelas.

Penting untuk kita ketahui bersama, makanan untuk kesehatan mata saat puasa juga menjadi highlight di sini. Potensi kekurangan asupan cairan atau dehidrasi selama berpuasa meningkat selama berpuasa sehingga memicu terjadinya gangguan mata, misalnya mata kering.

Sebenarnya, mata kering atau dry eyes merupakan gangguan mata yang lazim terjadi. Hal ini terjadi saat permukaan mata tidak dapat terlumasi dengan baik akibat kurangnya asupan cairan saat berpuasa.

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus sekalipun, mata kering parah dapat berkembang menjadi gangguan mata yang lebih serius, seperti abrasi kornea dan ulkus kornea. Ancaman hilangnya penglihatan pun kian meningkat nih, teman mata.

Di samping memenuhi asupan cairan, mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata saat puasa tidak kalah penting. Beberapa jenis makanan mengandung komponen nutrisi yang baik untuk mencegah mata kering dan gangguan mata lainnya.

Yuk, mulai perhatikan asupan makanan untuk kesehatan mata saat puasa agar puasa lancar jaya hingga hari kemenangan tiba!

Pilihan Makanan untuk Kesehatan Mata Saat Puasa

As we discussed before, makanan untuk kesehatan mata penting untuk dikonsumsi selama bulan puasa untuk mencegah terjadinya gangguan mata kering. Kamu dapat mengkombinasikan atau mengolahnya menjadi menu takjil sehat, lho.

What’s more, makanan semacam ini dapat dengan mudah kita temukan di sekeliling kita, nih. Melansir dari laman Siloam Hospitals, adapun pilihan makanan untuk kesehatan mata saat puasa, di antaranya yaitu:

1. Wortel

Tidak diragukan lagi, wortel merupakan salah satu jenis sayuran paling dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Sayur yang satu ini memiliki rasa manis dan berwarna terang, mulai dari oranye, kuning, merah, dan ungu.

Wortel mengandung beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, di mana vitamin A berfungsi untuk mencegah terjadinya mata kering atau xerophthalmia.

Selain itu, wortel kaya akan antioksidan bernama lutein yang dibutuhkan oleh mata untuk mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet di dalam mata. 

2. Telur

Selama ini, telur dikenal sebagai sumber protein hewani yang menjanjikan. Tetapi, tahukah kamu kalau telur masuk ke dalam pilihan makanan untuk kesehatan mata yang baik untuk dikonsumsi selama bulan puasa?

Telur mengandung komponen nutrisi yang cukup kompleks, mulai dari zinc, protein, riboflavin, selenium, dan vitamin B12.

Di samping itu, dalam jurnal penelitian berjudul Lutein and Zeaxanthin Status and Risk of Age-related Macular Degeneration disebutkan bahwa telur kaya akan lutein dan zeaxanthin yang menurunkan risiko gangguan mata, seperti Age-related Macular Degeneration atau AMD.

3. Sayuran Hijau

Umumnya, sayuran hijau diolah menjadi berbagai jenis menu makanan, mulai dari salad, sayur tumis, cah, sup, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya warnanya yang cantik, sayuran hijau kaya akan nutrisi, seperti vitamin C dan E serta antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar biru atau ultraviolet.

Makanan untuk kesehatan mata saat puasa berupa sayuran hijau yang dapat kamu olah menjadi menu buka puasa dan sahur kamu, di antaranya adalah brokoli, bayam, pokcoy, kale, dan masih banyak lagi.

4. Daging Ayam dan Sapi

Bukan hanya dari kelompok sayur mayur dan buah-buahan saja, daging-dagingan juga tergolong makanan untuk kesehatan mata saat puasa nih, teman mata.

Daging ayam dan sapi kaya akan kandungan berupa zinc atau seng yang bermanfaat dalam membantu tubuh dalam mengolah vitamin A yang kemudian akan dibawa ke retina.

Lebih dari itu, zinc juga membantu melindungi mata dari bahaya yang ditimbulkan dari paparan cahaya berlebih, seperti pterygium, katarak, degenerasi makula, kerusakan pada kornea, hingga tumbuhnya sel kanker pada mata.

5. Jeruk

Memiliki rasa manis dan asam, jeruk dikenal akan manfaatnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Nyatanya, jeruk merupakan salah satu makanan untuk kesehatan mata saat puasa yang disarankan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan, lho.

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk masuk ke dalam antioksidan yang membawa manfaat untuk kesehatan mata, seperti menjaga kolagen pada kornea. Begitu pun juga dengan kandungan vitamin A pada jeruk yang membantu memelihara kesehatan mata nih, teman mata.

Adapun menu olahan jeruk untuk berbuka yang dapat kamu coba di rumah, yaitu es jeruk selasih. Kamu juga dapat menambahkan air dan parutan kelapa untuk menambah kesegarannya.

6. Alpukat 

Alpukat dapat dengan mudah dijumpai di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Bukan hanya rasanya yang enak, nutrisi dalam alpukat luar biasa hebat, lho.

Alpukat kaya akan lutein yang sudah dikenal baik dapat mencegah berbagai permasalahan mata, mulai dari degenerasi makula hingga katarak.

Di samping itu, alpukat mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL. Oleh karenanya, alpukat juga disebut sebagai makanan untuk kesehatan jantung.

Ada banyak olahan menu buka puasa berbahan dasar alpukat, yaitu jus alpukat, es teler, salad, atau toast.

7. Ubi Jalar

Sebagian orang menganggap bahwa mengonsumsi ubi jalar sangat ketinggalan zaman, padahal nutrisinya tidak main-main, lho.

Ubi jalar adalah makanan untuk kesehatan mata saat puasa yang tinggi akan beta karoten dan vitamin C yang berperan dalam memelihara kesehatan mata serta sistem imunitas tubuh.

Kendati demikian, kita perlu memperhatikan cara mengolah ubi jalar untuk mempertahankan nutrisi di dalamnya. Selama bulan puasa, ubi jalar cocok dijadikan sebagai kolak yang ditambahkan dengan potongan pisang, labu, dan kolang kaling.

8. Ikan

Asam lemak omega 3 adalah kandungan utama dalam ikan yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh, tak terkecuali mata.

Makanan untuk kesehatan mata saat puasa yang satu ini berperan dalam proses perkembangan retina dan organ visual lainnya. Memasukkan ikan ke dalam menu buka puasa atau sahur sangat direkomendasikan nih, teman mata.

9. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang membawa banyak manfaat bagi tubuh. Memiliki rasa asam, yogurt mengandung vitamin A dan zinc yang berfungsi untuk memelihara kesehatan mata, nih.

Mengonsumsi yogurt selama bulan puasa juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga kamu dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

Bagaimanapun, rasa asam dari yogurt sangat lezat dan segar apabila dikombinasikan dengan potongan buah-buahan untuk dijadikan sebagai menu buka puasa kamu di rumah.

10. Kacang-kacangan 

Ancaman mata kering saat puasa dapat ditekan dengan mengonsumsi jenis makanan untuk kesehatan mata saat puasa yang tepat, misalnya kacang-kacangan.

Kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E, kacang-kacangan menurunkan risiko mata kering dan melindungi mata dari kerusakan sel akibat sinar biru pemicu radikal bebas di dalam mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama Berpuasa

Mengetahui ancaman gangguan mata saat puasa seperti mata kering membuat kita memahami akan pentingnya menjaga kesehatan mata selama berpuasa. Bagaimanapun, mata yang sehat mendukung kualitas ibadah kita selama bulan Ramadan.

Adapun cara menjaga kesehatan mata selama berpuasa agar Ramadan mu semakin bermakna, di antaranya yaitu:

  • Memakai sunglasses ketika di luar ruangan
  • Mencuci tangan sebelum menyentuh area mata
  • Berhenti merokok
  • Bijak dalam menggunakan gawai
  • Memakai lensa kontak sesuai dengan anjuran ahli medis
  • Penuhi asupan cairan 2 Liter atau 8 gelas sehari
  • Konsumsi makanan untuk kesehatan mata saat puasa

Nyatanya, menjaga kesehatan mata selama berpuasa tidak banyak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Padahal, hal semacam ini sangat berpengaruh pada kelancaran ibadahmu selama bulan Ramadan, misalnya membaca Al Quran, dan masih banyak lagi.

Selain cara-cara di atas, kamu juga direkomendasikan untuk minum vitamin mata Eyebost untuk memelihara kesehatan mata selama bulan Ramadan nih, teman mata.

Eyebost merupakan vitamin mata terbaik yang diformulasikan khusus untuk memastikan penglihatan senantiasa jernih, fokus, dan tajam, serta terhindar dari gangguan mata.

Dalam satu botol Eyebost, kamu memperoleh nutrisi berlimpah, mulai dari vitamin A, C, E, serta antioksidan lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid yang diperoleh dari ekstrak wortel, buna marigold, buah bilberry, dan madu asli.

Terbuat dari 100% bahan alami, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia setiap hari tanpa efek samping. Selama bulan puasa, kamu boleh mengonsumsi 2 sendok Eyebost saat sahur atau buka puasa.

Yuk, raih keberkahan Ramadan dengan Eyebost!

Oh iya, ada promo menarik selama pembelian bulan Ramadan yaitu kesempatan untuk mendapatkan hampers senilai Rp700.000. Tunggu apalagi, pesan Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi