Kesehatan

Waspadai 7 Penyebab dan Cara Menghilangkan Kantung Mata

/

by Shaffi Kareem


Begadang merupakan kata yang tidak asing di telinga kita. Hamir semua orang pernah melakukan begadang dengan berbagai alasan, mulai dari menyelesaikan tugas, pekerjaan, binge watching, ataupun sekedar bermain media sosial melalui ponsel.

Akan tetapi, tahukah kalian bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh? Salah satunya adalah dapat menyebabkan timbunya kantung mata, sehingga dapat membuat tampilan menjadi kurang fresh. Namun, tidak hanya begadang, kantung mata juga disebabkan oleh banyak faktor.

Bagaimanapun, permasalahan tentang kantung mata kerap menjadi masalah yang penting karena dapat mengganggu look sehari-hari, sehingga cara menghilangkan kantung mata menjadi salah satu topik yang kian menarik untuk dibahas.

Lantas, ingin tahu cara apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan eye bag? Let’s jump to the main topic!

Apa Itu Kantung Mata?

Kantung mata adalah suatu kondisi dimana terdapat pembengkakan ringan pada bagian bawah mata.

Pada umumnya, kantung mata merupakan hal yang wajar terjadi dikarenakan seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata akan melemah sehingga hal tersebut juga menyebabkan otot yang berfungsi menguatkan kelopak mata juga melemah.

Dalam sebuah studi berjudul Perawatan Kulit di Sekitar Mata Secara Alami untuk Mendukung Kesehatan di Kelompok PKK Dusun Bendungan Wates Kulonprogo disebutkan bahwa kantung mata merupakan lemak berlebih yang menumpuk di bawah mata.

Sebab otot dan jaringan yang melemah memungkinkan lemak untuk bergerak ke bawah mata dan terjadilah eye bag.

Bersama dengan lemak, cairan juga menumpuk di bawah mata. Alih-alih mencari tahu tentang efek kantung mata pada kesehatan tubuh, orang-orang lebih fokus pada cara menyamarkan kantung mata menggunakan make-up.

Untungnya, kantung mata dapat dihilangkan dengan perawatan di rumah.

Gejala Kantung Mata

Kantung mata bukanlah hal yang serius apabila dibandingkan dengan gangguan mata yang lain. Meskipun demikian, kantung mata membuat penampilan menjadi kurang menarik, sehingga seringkali para wanita mencoba untuk menyamarkan kantung mata menggunakan riasan wajah.

Namun, tahukah kalian bahwa pembengkakan di bawah mata bukan merupakan satu-satunya gejala kantung mata? Dilansir dari laman mayoclinic, gangguan mata berupa eye bag memiliki setidaknya tiga gejala antara lain adalah seperti:

  • Pembengkakan ringan di bawah mata
  • Kulit di bawah mata kendur
  • Lingkaran hitam atau mata panda

Penyebab Kantung Mata

Kantung mata adalah penumpukan lemak dan seringkali disertai juga dengan cairan di bawah mata yang memicu timbulnya pembengkakan. Kondisi bawah mata yang bengkak menyerupai sebuah kantung sehingga disebutlah eye bag. Kendatipun, kantung mata bukan masalah serius pada mata.

Meskipun sering dikaitkan dengan begadang, sejatinya, kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari laman Rumah Sakit Universitas Airlangga, disebutkan beberapa penyebab yang memicu timbulnya kantung mata antara lain seperti:

1. Faktor Genetika

Kantung mata disebabkan oleh faktor genetika yang berarti bahwa kantung mata dapat diturunkan dalam keluarga. Misalnya, apabila ada seorang ibu atau ayah yang memiliki kantung mata, maka dapat meningkatkan risiko menurunkan kantung mata pada anak mereka.

Kendati demikian, kantung mata yang diturunkan dalam keluarga tidak dapat dihilangkan. Kita hanya bisa mengusahakan dengan menyamarkan eye bag menggunakan make-up cerah di bawah mata, sebab seringkali kantung mata disertai juga dengan lingkaran hitam bawah mata atau mata panda.

2. Retensi Cairan

Retensi cairan atau yang disebuta juga dengan edema adalah suatu kondisi dimana terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh, seperti kaki, tangan, serta wajah. Hal inilah yang kemudian memicu terbentuknya kantung di bawah mata.

Adapun orang yang berisiko mendapatkan eye bag melalui retensi cairan adalah ibu hamil. Selain kantung mata, biasanya ibu hamil mengalami pembengkakan di kaki dan tangan. Untuk mengatasinya, batasi asupan sodium dan stay hydrated.

3. Posisi Tidur

Penumpukan cairan di dalam tubuh yang menimbukan kantung mata disebabkan juga oleh posisi tidur. Tidur dengan posisi tengkurap dapat menyebabkan cairan menumpuk di jaringan sekitar mata sehingga terbentuklah kantong mata.

Guna menghindari hal tersebut, tidurlah dengan berbaring mneyamping ke kanan. Selain dianjurkan di dalam Islam, manfaat tidur menyamping ke kanan dari segi medis adalah meningkatkan kinerja tubuh yang berhubungan dengan tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, gunakanlah bantal yang nyaman guna menghindari penumpukan cairan.

4. Alergi

Alergi menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata. Apabila seseorang terpapar alergen atau zat yang memicu alergi, maka tubuh akan merespon dengan berbagai gejala seperti bersin, hidung tersumbat, batuk, mata merah, serta mata bengkak yang menyebabkan terbentuknya eye bag.

Kantung mata disebabkan oleh alergi dapat dihilangkan. Caranya adalah dengan mengonsumsi antihistamin atau obat alergi. Selain itu, hindarilah zat alergen serta kunjungi dokter apabila gejala atau pembengkan semakin parah.

5. Menangis

Agaknya tidak ada satupun orang yang tidak pernah menangis sebab menangis merupakan salah satu cara alamiah seseorang untuk mengekspresikan serta meluapkan emosi yang dirasakannya. Namun, tahukah kalian bahwa menangis terlalu lama dapat menyebabkan terbentuknya eye bag?

Tidak usah panik! Kantung mata akibat menangis dapat dihilangkan dengan cara mengompres mata dengan kain yangtelah dicelupkan ke dalam air dingin. Hal ini dapat meringankan pembengkakan pada mata. Di saming itu, hindarilah mengucek mata saat menangis karena dapat memperpara pembengkakan pada mata.

6. Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan salah satu faktor penyebab munculnya eye bag. Salah satu contohnya adalah timbilan. Dalam istilah medis, timbilan disebut dengan hordoleum yang merupakan benjolan kecil pada kelopak mata akibat infeksi bakteri.

Timbilan dapat menyebabkan terbentuknya kantung mata sebab timbilan memicu pembengkakan kelenjar minyak pada kelopak mata. Solusi menghilangkan eye bag akibat infeksi mata adalah dengan kompres hangat yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.

7. Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis adalah suatu gangguan yang ditandai dengan kelelahan yang teramat sangat. Anehnya, istirahat atau tidur tidak menghilangkan rasa lelah tersebut. Kelelahan kronis atau yang disebut juga dengan Chronic Fatigue Syndrome dapat menyebabkan munculnya kantung mata.

Pada kasus ini, untuk menghilangkan eye bag akibat kelelahan kronis, maka diperlukan penanganan terlebih dahulu pada penyebabnya, misalnya gangguan tidur. Bagaimanapun, gangguan tidur harus diatasi terebih dahulu supaya kantung mata dapat dihilangkan.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Apakah kantung mata bisa dihilangkan?

Tentu bisa dong! Kendati demikian, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kantung mata yang disebabkan oleh faktor genetika tidak dapat dihilangkan karena hal tersebut erat kaitannya dengan gen. Namun, kantung mata yang disebabkan oleh faktor lain bisa disembuhkan.

Eye bag merupakan pembengkakan di bawah mata yang terjadi akibat beberapa faktor. Selain memunculkan kesan tidak segar pada wajah, kantung mata merupakan sinyal bahwa tubuh tidak baik-baik saja.

Bagaimanapun, cara menghilangkan kantung mata harus dilakukan agar tidak semakin parah. Dilansir dari laman healthline, ada banyak cara menghilangkan kantung mata yang dapat kita lakukan antara lain seperti:

1. Kompres Dingin

Menghilangkan kantung mata tidak melulu harus menguras kantong dengan membeli berbagai jenis krim mata. Kompres dingin salah satu caranya. Tanpa harus menggelontorkan banyak uang, kita dapat menghilangkan eye bag dengan mudah dan murah.

Caranya relatif mudah. Pertama, siapkan bahan dan alat yang akan digunakan. Untuk mendapatkan sensasi dingin, kita dapat menggunakan sendok dingin, timun dingin, es batu, atau kain lembut yang telah dicelupakan ke dalam air dingin. Pilihlah salah satu dari keempat bahan tersebut.

Kedua, bungkuslah bahan tersebut dengan menggunakan kain lembut sebab terlalu dingin menimbulkan efek yang tidak baik untuk mata. Lalu, tempelkan di atas mata tertutup selama beberapa menit. Kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang menyebabkan pembengkakan.

2. Menggunakan Kantung Teh

Dalam sebuah studi berjudul Evaluation of Anti-Inflammatory Effect of Ggreen Tea and Black Tea: A Comparative in Vitro Study disebutkan bahwa mengaplikasian kantung teh pada mata dapat mengurangi eye bag dan lingkaran hitam bawah mata.

For your information, kandungan kafein dalam teh merupakan antioksidan yang dapat melancarkan aliran darah pada kulit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, serta memperlambat proses penuaan. Dengan mengaplikasikan kantung teh di bawah mata dapat mengurangi kantung mata, loh!

Pertama, rendamlah kantung teh selama 3-5 menit, kemudian angkat, dan masukkan kantung teh ke dalam kulkas selama 20 menit. Kedua, peraslah air yang tersisa pada kantung teh. Last but not least, aplikasikan kantung teh pada area eye bag selama 15-30 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin.

3. Mengonsumsi Antihistamin

Salah satu penyebab kantung mata adalah alergi. Pada saat terjadi alergi, tubuh melepaskan senyawa atau zat bernama histamin. Maka dari itu, antihistamin diberikan untuk mengurangi efek histamin yang mempengaruhi reseptor sel sehingga memunculkan gejala alergi, seperti eye bag.

Beberapa jenis antihistamin merupakan obat over-the-counter atau obat yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Antihistamin jenis ini dapat kita temukan di apotek terdekat, seperti benadryl, zyrtec, dan claritin. Selain itu, hindarilah zat alergen yang dapat memicu alergi.

4. Penuhi Asupan Cairan

Cairan sangat penting bagi tubuh sebab hampir 60% berat tubuh terdiri atas air. Idealnya, asupan cairan per hari yang direkomendasikan adalah sebanyak 9 gelas untuk wanita dan 13 gelas untuk pria. Dengan memenuhi asupan cairan tubuh, kinerja tubuh akan semakin baik.

Sebaliknya, apabila tubuh kekurangan cairan atau yang disebut dengan dehidrasi, maka akan memunculkan berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya adalah kantung mata. Oleh karenanya, make sure that you always stay hydrated untuk mengurangi serta menghindari terbentuknya eye bag.

5. Menggunakan Krim Retinol

Dewasa ini, penggunaan skincare semakin masif. Hal ini terjadi akibat meningkatnya kesadaran masyarakat terutama wanita untuk merawat serta mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Misalnya, penggunaan krim atau produk berbahan dasar retinol.

Kandungan retinol berhubungan dengan vitamin A yang tersedia dalam bentuk krim, gel, atau cairan.

Dalam mengatasi eye bag, retinol berperan aktif dalam memproduksi kolagen yang berfungsi untuk kekenyalan dan mengencangkan kulit, termasuk di dalamnya menghilangkan eye bag.

Meskipun produk retinol terjual bebas di pasaran atau yang disebut dengan over-the-counter, namun kita perlu memperhatikan aturan penggunaannya.

Adapun beberapa aturan penggunaan retinol yang harus kita perhatikan antara lain seperti:

  • Gunakan satu kali sehari pada malam hari

Produk retinol sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, disarankan untuk mengaplikasikan retinol pada malam hari serta jangan lupa untuk menggunakan suncreen untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Ibu hamil dan menyusui dilarang menggunakan retinol

Kandungan retinol dapat membahayakan kesehatan janin dan bayi yang masih meminum ASI.

  • Pilihlah produk retinol dengan konsentrasi rendah (0,1%) untuk pemula atau kulit sensitif

Retinol merupakan bahan aktif yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Kendatipun, bagi para pemilik kulit sensitif serta pemula yang baru akan menggunakan retinol, maka disarankan untuk menggunakan retinol dengan konsentrasi 0,1%.

Untuk penggunaannya, aplikasikan produk retinol sebanyak 1-2 kali dalam satu minggu. Apabila setelah 2 minggu tidak ada efek negatif pada kulit wajah, maka kita dapat meningkatkan intensitas pemakaian yaitu 3-4 kali dalam satu minggu.

  • Selalu gunakan krim pelembab setelah penggunaan retinol

Pemakaian produk retinol dapat menimbulkan kulit kering, sehingga kulit wajah perlu ditimpa dengan krim pelembab atau moisturizer agar kulit tetap lembab.

  • Hindari pemakaian produk retinol dengan kandungan tertentu secara bersamaan

Retinol tidak boleh dipakai secara bersamaan dengan produk yang mengandung AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid). Penggunaan retinol bersamaan dengan kandungan AHA dan atau BHA dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit.

6. Gunakan Bantal Saat Tidur

Kantung mata disebabkan oleh penumpukan cairan pada tubuh termasuk mata. Penumpukan ini yang kemudian menyebabkan munculnya eye bag. Salah satu penyebab munculnya kantung mata adalah posisi tidur yang salah.

Tidur tengkurap merupakan penyebab timbulnya kantung mata. Untuk mengatasinya, ubahlah posisi tidur miring ke kanan dan gunakan bantal yang nyaman (tidak terlalu tinggi) untuk menghindari serta mencegah munculnya kantung mata.

7. Tidur Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur serta tidur yang tidak berkualitas merupakan salah satu gangguan tidur yang dapat memicu terjadinya kelelahan berlebih atau chronic fatigue syndrome. Hal ini yang kemudian menyebabkan terbentuknya mata panda dan eye bag.

Oleh karenanya, penting untuk tidur cukup selama kurang lebih 8 jam sehari, dan tak lupa untuk meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi aktivitas bermain ponsel di tempat tidur, mengurangi konsumsi kafein, serta hindari makan cemilan 2 jam sebelum waktu tidur.

Alih-alih menghilangkan eye bag, menjaga kesehatan mata merupakan poin yang lebih utama. Adapun berbagai cara menjaga kesehatan yang dapat kita lakukan seperti mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Akhir-akhir ini, semakin marak jajanan dan minuman yang dapat berefek negatif pada tubuh apabila dikonsumsi terlalu berlebihan.

Sebenarnya, tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan tersebut, namun perlu dikominasikan dengan asupan makanan yang bergizi.

Dalam menjaga kesehatan mata, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sangat bermanfaat berkat kandungan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk dan blueberry mengadung vitamin A dan C juga dapat membantu memelihara kesehatan mata.

Apabila khawatir asupan tersebut tidak terpenuhi, maka disarankan untuk mengonsumsi vitamin mata. Salah satunya adalah vitamin mata Eyebost.

Kaya akan kandungan lutein dan vitamin A yang berasal dari wortel, bilberry, blueberry, serta bunga marigold, membuat Eyebost sebagai pilhan yang tepat untuk memelihara kesehatan mata.

In addition, madu asli digunakan sebagai pemanis alami yang memiliki peran antioksidan dalam mencegah masuknya radikal bebas ke dalam mata yang menyebabkan katarak. Maka, konsumsilah Eyebost secara rutin untuk memelihara kesehatan mata. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi