Lifestyle

Kantung Mata Kendur di Usia Muda Bikin Nggak Pede, Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

/

by Shaffi Kareem


Sebagai generasi muda, penampilan adalah persoalan nomor satu yang tidak dapat diganggu gugat. Di samping memilih outfit yang apik, skincare dan makeup merupakan dua faktor pendukung agar wajah terlihat segar sehingga always ready on cam.

Agaknya, ungkapan “Hari apes tidak ada di kalender” cocok digunakan untuk mewakili fenomena munculnya kantung kendur di usia muda. Bagaimana tidak, persoalan serius semacam ini sangat mempengaruhi penampilan dan nantinya berimbas pada kepercayaan diri.

Oleh karena itu, kita akan mengangkat isu tentang kantung mata kendur di usia muda untuk pengetahuan, meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan. Jadi, nantinya kita tau tentang tindakan seperti apa yang tepat untuk mengatasi serta mencegahnya.

Sudah siap untuk masuk pembahasan yang pertama, teman mata?

Let’s get it started!

Kantung Mata Kendur di Usia Muda

Seperti namanya, kantung mata kendur adalah suatu kondisi  yang terbentuk akibat lemah dan kendurnya kulit di bawah mata. Lapisan lemak di bawah mata merosot ke dalam ruang kosong di bawah mata hingga menyerupai kantung.

Tidak hanya lemak, penumpukan cairan juga memicu terbentuknya kantung mata kendur di usia muda dan mengakibatkan area bawah mata membengkak.

Bahkan, kantung mata semacam ini akan lebih menonjol ketika disertai juga dengan perubahan warna kulit bawah di mata atau yang seringkali disebut juga dengan istilah mata panda.

Secara umum, kondisi ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan nyeri atau ketidaknyamanan yang berarti. Namun, hadirnya kantung mata kendur merupakan persoalan serius bagi anak muda sebab menurunkan nilai estetika dalam diri. Imbasnya, kepercayaan diri pun anjlok.

Bagaimanapun, kantung mata kendur di usia muda menjadi penyebab adanya masalah kesehatan tertentu. Meskipun kasus ini sangat langka, kamu tidak boleh menganggap remeh, terutama apabila disertai dengan gejala seperti penglihatan buram, sakit kepala, iritasi, atau munculnya ruam merah pada kulit.

Apabila kamu menyadari kondisi tersebut, segera konsultasikan dengan dokter guna memperoleh diagnosis dan treatment yang tepat ya, teman mata.

Penyebab Kantung Mata Kendur di Usia Muda

Kantung mata kendur terbentuk akibat melemahnya struktur otot dan jaringan yang mendukung kelopak mata. Ketika kulit bawah mata mengendur, potensi lemak untuk bergerak ke area bawah mata pun meningkat.

To be honest, kantung mata kendur bukanlah persoalan yang perlu dikhawatirkan. Hal ini lazim terjadi ketika seseorang bertambah usia akibat penurunan fungsi tubuh.

Namun, bagaimana dengan penyebab kantung mata kendur di usia muda?

Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut di bawah ini merupakan penyebab kantung mata kendur di usia muda yang perlu kamu tau, di antaranya meliputi:

1. Alergi

Saat tubuh terpapar oleh zat alergen, beberapa orang mengalami respon alergi akibat produksi histamin dalam tubuh, yang mana histamin menyebabkan munculnya gejala alergi, misalnya kantung mata kendur.

Kenapa demikian?

Dilansir dari laman Healthline, penyumbatan pada sinus memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah kecil di bawah mata.

Ketika darah terkunci di bawah mata akibat penyumbatan pembuluh darah atau yang disebut dengan blood pool, maka pembengkakan pun terjadi. Inilah kenapa kantung mata kendur di usia muda terbentuk.

2. Kurang Tidur

Sebenarnya, kantung mata kendur di usia muda lazim terjadi pada anak-anak muda yang gemar begadang. Selain kantung mata, lingkaran hitam pun akan muncul sebagai akibat dari kurang tidur.

Hal ini terjadi karena terjadi perembesan cairan di bawah mata akibat gaya gravitasi sehingga mengakibatkan area bawah mata membengkak. Berbaring dan istirahat cukup akan mencegah penumpukan cairan tersebut.

3. Merokok

Nyatanya, merokok membawa banyak efek negatif bagi tubuh. Tidak hanya memicu penyakit jantung dan kanker saja, merokok mengakibatkan munculnya kantung mata kendur di usia muda.

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa rokok dengan bahan dasar tembakau memicu terbentuknya kantung mata dini. Di samping itu, merokok akan membuat kerutan di wajah semakin terlihat jelas dan membuat wajahmu terlihat lebih tua.

Baca Juga: Benarkah Merokok Meningkatkan Risiko Katarak?

4. Penyakit Kronis

Kantung mata kendur di usia muda maupun tua tidak boleh disepelekan. Meskipun seringkali terjadi bukan karena persoalan serius, kantung mata kendur berpotensi disebabkan oleh penyakit kronis.

Salah satu penyakit kronis yang menyebabkan kantung mata kendur adalah tiroid, baik itu hypothyroidism maupun hyperthyroidism. Keduanya memungkinkan terjadinya penumpukan cairan dan pembengkakan di bawah mata. 

5. Keturunan

Ada kalanya kamu tidak perlu mengkhawatirkan kantung mata kendur di usia muda. Bisa jadi, kamu memperolehnya dari kedua orang tuamu.

Para ahli mengatakan bahwa kantung mata kendur merupakan salah satu karakteristik fisik yang diturunkan dalam keluarga. Jadi, apabila salah satu atau kedua orang tuamu memiliki kantung mata, besar kemungkinan bahwa kantung mata kendur yang kamu miliki karena genetik.

6. Dehidrasi 

Dehidrasi merupakan suatu kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Efek dehidrasi tidak main-main nih, teman mata.

Salah satu efeknya adalah fenomena kantung mata kendur. Saat tubuh kekurangan cairan, area bawah mata akan mengendur dan agak cekung.

7. Penumpukan Cairan

Penumpukan cairan atau fluid retention merupakan penyebab kantung mata kendur di usia muda yang paling umum. Biasanya, kondisi ini muncul saat bangun di pagi hari atau setelah mengonsumsi makanan tinggi garam.

Kendati demikian, kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat.

Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur di Usia Muda

Pola hidup sedikit banyak berpengaruh pada kesehatan tubuh, mulai dari gemar begadang, mengonsumsi junk food dan fast food yang tinggi garam, dan jarang berolahraga, dan masih banyak lagi. Tidak heran, banyak anak muda yang terjangkit penyakit serius.

Tidak hanya itu, kejadian kantung mata kendur di usia muda pun muncul sebagai akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Meskipun bukan persoalan serius, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan nilai estetika dan kepercayaan diri.

Jangan khawatir, kamu bisa coba beberapa cara mengatasi kantung mata kendur di usia muda seperti yang dilansir dari laman Healthline di bawah ini, meliputi:

  • Kompres kantung teh. Kandungan kafein dalam teh mengandung antioksidan yang mampu memperlancar aliran darah di bawah kulit. Caranya, aplikasikan kantung teh yang telah dicelupkan selama 3-5 menit dan didinginkan dalam kulkas selama 20 menit sebagai kompres mata.
  • Kompres dingin. Tujuan dan cara kerja kompres dingin serupa dengan kompres kantung teh. Hanya saja, media yang digunakan berbeda. Pada kompres dingin, kamu hanya membutuhkan kain dan air es untuk mengompres area mata.
  • Cuci hidung. Mencuci hidung dengan menggunakan cairan saline atau garam khusus dapat membantu membersihkan kotoran dan lendir yang mengakibatkan penyumbatan sinus.
  • Penuhi asupan cairan. Seperti yang kita tau, dehidrasi berkontribusi dalam pembentukan kantung mata kendur di usia muda. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu stay hydrated dengan minum 2 Liter atau setara dengan 8 gelas per hari.
  • Minum antihistamin. Penyebab kantung mata kendur di usia muda akibat alergi dapat diatasi dengan minum obat antihistamin. Beberapa obat antihistamin dapat kamu peroleh tanpa resep dokter di apotek terdekat.
  • Aplikasikan krim retinol. Retinol mulai banyak digunakan dalam dunia kosmetik dalam bentuk serum, gel, maupun krim retinol. Krim semacam ini mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kantung mata kendur pun terhindarkan.
  • Pakai sunscreen. Sunscreen merupakan salah satu produk skincare dasar yang wajib diaplikasikan setiap hari. Nyatanya, sunscreen mampu menjaga kesehatan kulit dari permasalahan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, seperti perubahan warna kulit, penuaan dini, dan kanker kulit.
  • Cuci wajah sebelum tidur. Mencuci wajah sebelum tidur menurunkan risiko kantung mata kendur di usia muda akibat alergi, salah satu penyebabnya adalah produk makeup. Oleh karenanya, pastikan membersihkan dan mencuci wajah sebelum tidur, ya.
  • Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh. Memastikan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh membantu mencegah penumpukan cairan di area bawah mata penyebab kantung mata kendur di usia muda. Kamu bisa menumpuk dua bantal untuk mengatasinya.
  • Istirahat cukup. Kantung mata kendur di usia muda banyak disebabkan oleh kurang istirahat atau begadang. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari.
  • Konsumsi makanan kaya akan kolagen. Makanan semacam ini dapat meningkatkan produksi kolagen, khususnya di area sekitar mata. Pasalnya, defisiensi kolagen menyebabkan kantung mata kendur di usia muda.
  • Kurangi konsumsi garam. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi mengakibatkan penumpukan cairan di bawah kulit dan pembengkakan pun tak terhindarkan. Karenanya, kurangi makanan dengan kandungan garam tinggi, misalnya junk food.
  • Stop merokok. Kandungan nikotin pada rokok tembakau inilah yang menyebabkan kantung mata kendur. Berhenti merokok akan membantu mengatasi keluhan yang kamu alami, terlebih tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.
  • Kurangi minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah salah satu pemicu dehidrasi yang kemudian membentuk kantung mata kendur di usia muda. Batasilah konsumsi minuman beralkohol apabila kamu ingin mengembalikan kepercayaan diri yang hilang akibat kantung mata kendur.

Selama ini kita berpikir bahwa kantung mata kendur hanya dialami oleh orang tua saja. Faktanya, saat ini sudah banyak anak muda yang mengalaminya. Faktor pemicu seperti kebiasaan yang tidak sehat dan pola makan yang berantakan melatarbelakangi kondisi tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, makanan kaya akan kolagen dapat mengatasi kantung mata kendur. Salah satunya adalah makanan yang mengandung vitamin C.

Tidak melulu soal jeruk, vitamin C terkandung di dalam buah bilberry. Daripada kamu bingung mencari buah bilberry, Eyebost bisa menjadi solusi yang efektif dan efisien nih, teman mata.

Eyebost merupakan vitamin mata berbahan dasar madu yang dikombinasikan dengan bahan alami lainnya, seperti ekstrak buah bilberry, wortel, dan bunga marigold yang kaya akan vitamin A, C, E, serta antioksidan antosianin, polifenol, lutein, dan flavonoid.

Mengonsumsi Eyebost secara rutin akan membantu menyamarkan kantung mata kendur di usia muda, meningkatkan kualitas penglihatan, serta mencegah mata terjangkit berbagai macam penyakit mata.

Jangan khawatir, vitamin mata terbaik Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia setiap hari tanpa efek samping dan ketergantungan. Pun, vitamin mata ini sudah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM dan sertifikat HALAL MUI.

Ingin membuktikan manfaat Eyebost?

Yuk, mulai konsumsi Eyebost mulai dari ini!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi