Kesehatan

Kamu Punya Kantung Mata Hitam? Intip 9 Penyebabnya Di Sini!

/

by Shaffi Kareem


Kebutuhan manusia tidak ada habisnya ya, teman mata. Katakanlah kebutuhan akan skincare yang sedang melonjak dan bisa dengan mudah kita temui kapanpun dan dimanapun.

Nyatanya, skincare hadir bukan sekedar memberi kebahagiaan bagi penggunanya, akan tetapi mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah kantung mata hitam.

Aduh, pasti pusing tujuh keliling kalau harus lihat kantung mata terlebih lagi kalau berwarna gelap. Selain bikin penampilan kurang segar, kepercayaan diri pun menurun drastis.

Tapi, sebenarnya apa sih penyebab kantung mata hitam dan bagaimana cara mengatasinya?

Penasaran kan? Yuk, simak terus ulasan di bawah ini!

Mengapa Kantung Mata Hitam?

Sebagian dari kalian pasti penasaran kan, apa sih kantung mata hitam itu?

Sebenarnya, istilah kantung mata hitam adalah kombinasi dari dua masalah yang berbeda, yaitu kantung mata dan lingkaran hitam pada area mata yang disebut juga dengan mata panda.

Kantung mata merupakan suatu kondisi di mata area bawah mata kendur dan menjadi tempat berkumpulnya lemak. Selain lemak, penumpukan cairan di bawah mata berisiko menyebabkan pembengkakan pada area tersebut.

Oleh sebab itu, kamu mungkin akan sedikit sulit menemukan referensi mengenai kantung mata hitam, baik itu artikel-artikel medis maupun studi penelitian.

Bagaimanapun, meskipun tidak berwarna gelap atau hitam, kantung mata sangat mengganggu penampilan seseorang. Dengan hadirnya kantung mata hitam di bawah mata, look wajah akan terlihat kurang segar dipandang.

Umumnya, kantung mata hitam tidak berbahaya kalau tidak disertai dengan gejala lainnya, bahkan tindakan medis seringkali tidak dibutuhkan untuk mengatasinya.

Akan tetapi, kamu harus berhati-hati sebab kantung mata hitam merupakan salah satu gejala penyakit serius seperti infeksi, tiroid, dan adanya gangguan pada jaringan ikat. Selain itu, kantung mata hitam tanda ginjal bermasalah juga, lho! 

Baca Juga: Bingung Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus? Yuk, Ikuti 5 Cara Berikut!

Penyebab Kantung Mata Hitam

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengenai penyebab kantung mata hitam. Bahkan, sebagian yang lain penasaran kantung mata hitam tanda penyakit apa, sih?

Eitsss jangan khawatir, berikut penyebab kantung mata hitam yang harus kamu ketahui untuk mencegah terjadinya bahkan memperparah kondisi tersebut:

1. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit tidak akan lagi kencang dan elastis seperti sebelumnya karena produksi kolagen dan lemak menurun.

For your information, kedua komponen tersebut merupakan bagian yang sangat penting pada jaringan ikat otot, kulit, bahkan anggota tubuh lainnya.

Dengan menurunnya kolagen, kulit di bawah mata akan mulai mengendur dan nampak seperti kantung mata. Kondisi semacam ini wajar terjadi pada kalangan usia lanjut ya, teman mata.

2. Penumpukan cairan

Mata terdiri dari sel-sel yang tak terhitung jumlahnya yang terdiri juga dari ruang antar sel. Nah, penumpukan cairan penyebab kantung mata hitam disebabkan karena cairan menumpuk di dalam ruang tersebut.

Selain karena faktor usia, kondisi ini disebabkan juga oleh pola makan yang tidak sehat. Makanan tinggi garam menjadi salah satu penyebab kantung mata sebab garam akan menahan atau menyerap banyak cairan pada tubuh.

3. Alergi

Ternyata, kantung mata hitam merupakan salah satu respon tubuh terhadap alergi, lho!

Alergi yang menyebabkan munculnya kondisi tersebut adalah seperti rhinitis, dermatitis, dan juga anemia.

Bukan hanya itu, gejala-gejala lain seperti mata berair, gatal, merah, iritasio, bengkak, hingga peradangan ikut menyertainya.

Kalau kamu mengalami kondisi ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, ya.

4. Keturunan

Penyakit seperti eksim atopik merupakan salah satu penyebab kantung mata hitam yang umumnya diturunkan oleh orangtua ke anak-anaknya.

Dr. Laksmi Duarsa, Spesialis Kulit dan Kelamin dari salah satu rumah sakit di Bali mengatakan kalau atopik yang semakin kuat maka kantung mata pun akan semakin gelap atau hitam. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi.

5. Stress

Kondisi psikolgis seperti stress bisa menyebabkan kantung mata hitam. Bagaimana tidak? Saat kamu stress, jaringan di area mata akan melemah sehingga terbentuknya kantung mata tak terhindarkan.

Pun, jaringan sekitar mata yang melemah akan memudahkan cairan menumpuk di area tersebut. Selain kantung mata, lingkaran hitam juga sangat mungkin terbentuk, nih.

6. Hepatitis

Istilah hepatitis berasal dari istilah hepato- yang artinya organ hati dan -itis yang artinya peradangan. Jadi, bisa ditarik kesimpulan kalau hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada organ hati.

Identik dengan munculnya warna kuning pada kuku, kulit, dan mata, nyatanya gangguan pada hati yang satu ini ditandai juga dengan lingkaran hitam.

7. Penyakit tiroid

Penyakit tiroid adalah salah satu penyakit autoimun yang terjadi ketika sel darah putih (antibodi) menyerang sel yang sehat. Penyakit tiroid terbagi menjadi dua jenis yaitu hipotiroid dan hipertiroid.

Ketika kamu memiliki kantung mata yang disertai dengan lingkaran hitam di area mata padahal kamu sudah beristirahat cukup, maka konsultasikanlah ke dokter sebab kedua hal tersebut merupakan tanda kamu mengalami gangguan tiroid.

8. Kelelahan

Menjalani kehidupan yang produktif memang sangat baik untuk tubuhmu, tetapi jangan sampai kamu kelelahan hingga mengakibatkan munculnya kantung mata hitam.

Tubuh yang kelelahan menyebabkan aliran darah di sekitar mata tidak lancar. Darah akan menumpuk pada area bawah mata sehingga terbentuklah kantung mata. Biasanya, kantung mata akibat kelelahan disertai juga dengan mata panda.

9. Penyakit ginjal

Alih-alih kelelahan, mata bengkak yang nampak seperti kantung mata merupakan salah satu tanda kamu mengalami penyakit ginjal sindrom nefrotik.

Penyakit ini menimbulkan gangguan pada fungsi filtrasi ginjal yang mengakibatkan penurunan jumlah protein dalam darah. Kemudian, hal tersebut memicu retensi cairan sehingga mata nampak bengkak.

Apakah Kantung Mata Hitam Berbahaya?

Tidak dapat dipungkiri kalau kantung mata hitam sangat mengganggu penampilan kita. Saking banyaknya kasus ini, kita menjadi bertanya-tanya apakah kantung mata hitam berbahaya?

Perlu diketahui bersama kalau kantung mata berwarna hitam tidak berbahaya kalau tidak disertai dengan gejala serius lainnya. Bisa jadi, kondisi tersebut disebabkan oleh genetik, kelelahan, atau stress saja.

Kendati demikian, tidak sepatutnya kita menyepelekan kantung mata hitam sebab kondisi tersebut juga bisa mengacu pada masalah kesehatan serius seperti penyakit tiroid, hepatitis, hingga penyakit ginjal.

Alangkah baiknya, segera atur pertemuan dengan dokter spesialis mata sehingga kita tidak perlu lagi menerka-nerka penyebabnya.

Selain itu, diharapkan tindakan pengobatan dapat segera dilakukan kalau pahitnya, kondisi tersebut ternyata dipicu oleh penyakit-penyakit serius.

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam

Generally, kantung mata hitam tidak memerlukan tindakan medis untuk mengatasi. Berbagai cara home remedies bisa dipertimbangkan untuk menghilangkan atau meredakan gejalanya.

Di antara banyaknya cara yang bisa kita lakukan, ada beberapa metode yang patut untuk dicoba seperti yang dilansir dari laman Primaya Hospital, di antaranya seperti:

  • Kompres dingin. Kegunaan kompres dingin untuk meringankan mata bengkak seperti pada kantung mata hitam sudah tidak diragukan lagi. Metode ini bisa kamu lakukan menggunakan media kain atau buah-buahan dingin yang diletakkan di atas mata.
  • Kantung teh. Kantung teh bekas bisa dimanfaatkan untuk mempersempit pembuluh darah di sekitar mata sehingga bengkak pada kantung mata mengempis. Efek ini dimainkan oleh kandungan kafein di dalam teh.
  • Tidur cukup. Idealnya, orang dewasa tidur sekitar 7-8 jam sehari untuk merehatkan badan. Kondisi badan yang prima akan membuat badan menjadi sehat bugar dan kantung mata hitam menghilang dengan sendirinya.
  • Kurangi konsumsi garam. Satu-satunya cara mengatasi kantung mata hitam akibat konsumsi garam berlebih adalah dengan mengurangi konsumsi garam nih, teman mata. Asupan garam harian yang disarankan adalah 5 gram saja.
  • Gunakan concealer. Produk makeup yang satu ini bertujuan untuk menyamarkan kantung mata berwarna hitam di bawah mata. Meskipun tidak menghilangkan, cara ini patut kamu coba untuk menunjang penampilanmu, lho.
  • Minum vitamin mata. Nutrisi yang terkandung di dalam vitamin mata sangat cocok dimanfaatkan untuk meredakan gejala kantung mata hitam. Kamu harus pandai memilih vitamin mata dengan memperhatikan komposisi, efek samping, dan dosisnya.

Nah, kamu harus tahu nih kalau ada satu vitamin mata bernama Eyebost yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi kantung mata hitam.

Vitamin mata yang satu ini disebut juga dengan madu Eyebost karena memiliki bahan utama madu hutan asli yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Dalam sebotol madu Eyebost, terkandung nutrisi yang sangat lengkap mulai dari vitamin A,C, E, dan berbagai jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Oh iya, Eyebost hanya dibuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping meski dikonsumsi setiap hari, lho!

Oleh karenanya, madu Eyebost aman diminum oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak di atas usia 2 tahun, remaja, dewasa, hingga lansia. Jadi, bisa dikatakan kalau madu Eyebost sangat cocok dijadikan sebagai vitamin mata keluarga.

Perlu testimoni?

Sudah ada ribuan orang yang berhasil mengatasi berbagai masalah mata dengan Eyebost, nih. Sekarang gilrian kamu yang membuktikannya.

Yuk, pesan madu Eyebost di website resminya! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi