Kesehatan

4 Fungsi Carboxytherapy, Salah Satunya Untuk Mengatasi Mata Panda!

/

by Shaffi Kareem


Banyak orang keranjingan memakai berbagai produk skincare. Manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit serta mempercantik diri membuat siapapun tertarik.

Alih-alih skincare, ada sebagian orang yang lebih condong kepada perawatan di klinik kecantikan guna mendapatkan efek yang lebih bombastis. Salah satunya adalah carboxytherapy.

Kalau dibandingkan dengan facial, totok wajah, dan IPL, prosedur yang satu ini tergolong masih asing di telinga kita ya, teman mata. Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang carboxytherapy dan tetek bengeknya.

Stay tuned!

Carboxytherapy Adalah? Apa Itu?

Kalau kamu pergi ke klinik kecantikan, kamu akan melihat ada begitu banyak prosedur yang masing-masingnya bertujuan untuk mengatasi masalah tertentu, misalnya carboxytherapy.

Perlu diketahui kalau carboxytherapy adalah prosedur yang dilakukan dengan cara menyuntikkan gas karbon dioksida dalam jumlah sedikit ke area bagian bawah kulit.

Umumnya, orang yang menjalani prosedur ini akan mengalami perbaikan pada sirkulasi, elastisitas kulit, dan memperbaiki kerutan dan garis halus.

Oleh sebab itu, carboxytherapy cocok dilakukan untuk mengatasi selulit, kelebihan lemak pada bagian tubuh tertentu, hingga lingkaran hitam di area mata atau seringkali disebut dengan mata panda.

Carboxytherapy merupakan prosedur yang aman dilakukan dengan efek samping seminimal mungkin. Bagaimanapun, kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur ini harus dilakukan beberapa kali setidaknya tiga hingga enam bulan sekali, ya.

Rasanya ada yang kurang kalau kita nggak membahas tentang harganya. Rata-rata, setiap orang membutuhkan 7 hingga 10 kali perawatan carboxytherapy yang dibanderol sekitar 1-3 juta setiap tindakan.

Akan tetapi, harga ini bukan harga pasti ya, teman mata, sebab umumnya masing-masing klinik mematok harga yang berbeda-beda.

Baca Juga Yuk: Apa Itu Katarak Nuklear? Yuk, Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Fungsi Carboxytherapy

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, carboxytherapy adalah prosedur yang dilakukan dengan memasukkan gas karbon dioksida ke bawah kulit dengan menggunakan suntikan dan alat tertentu.

Prosedur ini dapat dilakukan ke beberapa bagian tubuh mulai dari wajah, kelopak mata, leher, perut, tangan, kaki, dan pantat.

Tetapi, sebenarnya apa sih fungsi carboxytherapy?

Prosedur carboxytherapy dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti:

1. Mengurangi Timbunan Lemak

Basically, lemak bertugas mencegah kerusakan organ tubuh dengan melindunginya. Selain itu, pembentukan sel dan hormon merupakan fungsi lain dari lemak agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Namun, ketika lemak yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak, maka hal tersebut akan menyebabkan penumpukan lemak pada beberapa bagian tubuh sehingga badan kita pun akan nampak lebih berisi.

Nah, keluhan ini dapat diatasi melalui prosedur carboxytherapy. Tidak hanya menyuntikkan karbon dioksida, ternyata prosedur ini dapat menghancurkan timbunan lemak, lho.

Di samping itu, prosedur ini juga biasanya dibarengi dengan liposuction untuk pembentukan tubuh.

2. Mengatasi Stretch Mark

Seringkali kita tidak percaya diri dengan stretch mark yang hadir pada paha, pantat, perut, dan bagian tubuh lainnya.

Tapi tenang! Kamu bisa melakukan prosedur carboxytherapy untuk menyamarkan bahkan menghilangkannya.

Ketika gas karbon dioksida disuntikkan, hal tersebut akan menstimulasi sel-sel bernama fibroblast yang bertugas memproduksi kolagen, hyaluronic acid, dan elastin.

Dalam sebuah studi berjudul Striae Distensae Treatment Review and Update disebutkan kalau zat tersebut mengurangi ukuran stretch mark serta menyamarkannya sehingga warna kulit menjadi lebih merata.

3. Mengatasi Mata Panda

Lingkaran di sekitar area mata atau yang lebih familiar disebut dengan mata panda dapat diatasi dengan carboxytherapy, lho!

Pada dasarnya, mata panda disebabkan karena aliran darah di bawah mata tidak lancar sehingga area bawah mata nampak menggelap bahkan hitam.

Nah, dalam studi berjudul Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review disebutkan kalau injeksi gas karbon dioksida meningkatkan sirkulasi darah dengan merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru.

Selain itu, prosedur ini turut memperlebar pembuluh darah yang ada sehingga mata panda hilang, deh!

4. Menyembuhkan Luka

Selain yang sudah disebutkan di atas, terapi karboksi berfungsi juga untuk menyembuhkan luka kronis yang biasanya hadir akibat penyakit seperti diabetes dan arteri perifer.

Carboxytherapy juga dapat dilakukan untuk mengobati alopecia atau gangguan autoimun yang mengakibatkan kerontokan rambut seperti yang disebutkan dalam The Effect of Transcutaneous Application of Gaseous O2 on Diabetic Chronic Wound Healing- A Double-Blind Randomized Clinical Trial. 

Apa Efek Samping Carboxytherapy?

Buat kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk menjalani terapi karboksi, kamu mungkin bertanya-tanya apakah prosedur ini memiliki efek samping atau tidak.

Jawabannya, adalah ada efek samping yang akan dirasakan setelah terapi dilakukan.

Eitsssss, tapi efek samping yang muncul pun tidak perlu dikhawatirkan ya, teman mata. Terapi karboksi merupakan perawatan tanpa rasa nyeri dengan efek samping yang sangat kecil.

Saat gas karbon dioksida dimasukkan ke bawah kulitmu, kamu mungkin akan merasakan sedikit tekanan. Pada beberapa kasus, memar dapat muncul pada area yang disuntik, tetapi akan hilang dengan sendirinya kurang dari satu minggu.

Selain itu, kulitmu juga akan terasa hangat, gatal, dan atau geli ketika sirkulasi darah meningkat dan gas mulai bekerja. Kondisi ini akan bertahan hingga 24 jam setelah tindakan dilakukan.

Penelitian berjudul Carboxytherapy-A Non-Invasive Method in Aesthetic Medicine and Dermatology, and the Combined Usage of Carboxytherapy and PRP in the Periorbital Area disebutkan kalau area yang disuntik kemungkinan akan mengalami bengkak terutama di bawah mata.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab bengkak akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal ini dikarenakan tubuh kita menyerap gas tersebut.

Cara Melakukan Carboxytherapy

Seperti halnya harga setiap tindakan yang berbeda-beda di setiap klinik, prosedur yang dilakukan dalam terapi karboksi pun berbeda-beda berdasarkan bagian tubuh yang ditangani.

Kendati demikian, secara garis besar, mekanisme prosedur hampir sama. Adapun cara melakukan carboxytherapy yang biasanya dilakukan, meliputi:

  • Tangki gas karbon dioksida dihubungkan ke pengatur aliran dengan pipa plastik. Dokter akan mengatur banyaknya aliran gas ke dalam tangki dengan berhati-hati.
  • Gas dipancarkan melalui pengatur aliran ke dalam pipa steril yang memiliki filter pada bagian ujungnya.
  • Filter mengambil segala jenis kotoran sebelum mencapai ke tubuh.
  • Gas dikeluarkan melalui jarum yang sangat kecil pada sisi yang berlawanan dengan filter.
  • Dokter akan menyuntikkan atau memasukkan gas ke area bawah kulit melalui jarum kecil tersebut.

Secara keseluruhan, prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali dan hanya memakan waktu sekitar 15-0 menit saja. Meskipun demikian, beberapa dokter mungkin akan mengoleskan krim anestesi sebelum memasukkan jarum.

Alih-alih rasa sakit, beberapa orang mengatakan kalau mereka merasakan sensasi aneh yang timbul setelah melakukan terapi karboksi.

Bagaimanapun, carboxytherapy bukan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah pada kulit seperti mata panda. Kamu juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat nih, teman mata.

Buat kamu yang punya mata panda, kamu bisa mengatasinya dengan makan-makanan yang bergizi, olahraga rutin, stay hydrated, dan jangan lupa istirahat cukup.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin mata Eyebost untuk membuat mata kamu tetap sehat karena salah satu penyebab mata panda adalah mata lelah, lho.

Vitamin mata Eyebost mengandung berbagai nutrisi mulai dari lutein, antosianin, flavonoid, polifenol, dan vitamin A, C, E. Semua nutrisi tersebut diperoleh dari ekstrak bilberry, bunga marigold, wortel, flavour blueberry, serta madu hutan asli.

Nah, madu Eyebost cocok banget nih buat kamu yang harus menatap layar gawai atau komputer setiap hari agar tidak menimbulkan mata lelah penyebab mata panda.

Tunggu apalagi? Yuk, pesan vitamin mata Eyebost hanya di website dan official store nya sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon