Kesehatan

Cuci Tangan Dapat Cegah Penyakit Mata, Ini 4 Alasan Pentingnya Cuci Tangan untuk Kesehatan Mata

/

by Shaffi Kareem


Sejak kecil, orang tua selalu mengajarkan untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, terutama ketika akan makan. Nyatanya, kebersihan tangan berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak heran, para ahli medis selalu mengingatkan kita untuk selalu mencuci tangan, terutama ketika akan menyentuh area mata. Mereka menambahkan bahwa cuci tangan dapat cegah penyakit mata nih, teman mata.

Kok bisa?

Nah, isu inilah yang akan menjadi pembahasan utama pada artikel kali ini. Di samping itu, kita juga akan mencari tau pentingnya cuci tangan untuk kesehatan mata dan penyakit mata apa saja yang dapat dicegah dengan mencuci tangan.

Agaknya, pembahasan kita akan sedikit panjang, nih. Oleh karenanya, siapkan posisi terbaik kalian untuk membaca, and… happy reading!

Pentingnya Cuci Tangan Untuk Jaga Kesehatan Mata

Para orang tua selalu mengajarkan anaknya untuk mencuci tangan. Pun, bapak dan ibu guru di sekolah senantiasa mengingatkan anak didiknya untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah kegiatan belajar mengajar rampung.

Baca Juga: Benarkah Sakit Gigi Menyebabkan Mata Kabur? Simak Faktanya dan 4 Cara Mengatasi Mata Kabur Anti Gagal

Sebenarnya, pembelajaran berulang semacam ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan yang baik demi hidup yang lebih sehat. Terlebih, terjadinya penyakit akibat penyebaran virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya dipengaruhi oleh tangan yang tidak bersih.

Bagaimanapun, sudah banyak sumber yang membahas mengenai pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah kamu alasan mengapa cuci tangan penting untuk kesehatan mata?

1. Mencegah Infeksi Mata

Menurut Centers for Disease Control and Preventions (CDC), menjaga  kebersihan tangan adalah salah satu tindakan paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman penyebab infeksi mata seperti konjungtivitis (mata merah atau belekan) dan keratitis.

Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir dapat mengurangi risiko masuknya virus dan bakteri berbahaya ke dalam mata.

2. Mengurangi Reaksi Alergi

Reaksi alergi dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dapat dipicu oleh debu, serbuk sari, dan alergen lainnya yang dapat dengan mudah berpindah dari tangan ke mata. 

CDC mengatakan bahwa sering mencuci tangan dapat membantu meminimalkan paparan alergen yang sangat bermanfaat bagi individu yang rentan terhadap alergi mata.

3. Mencegah Komplikasi Akibat Pemakaian Lensa Kontak

Mencuci tangan merupakan cara yang terbilang sederhana, namun sangat efektif untuk menghindari kontaminasi virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

Kendati demikian, ketahuilah bahwa hampir separuh pengguna lensa kontak tidak membersihkan tangan dengan baik sehingga risiko infeksi pun meningkat.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Hand Hygiene is Linked to Microbial Keratitis and Corneal Inflammatory Events disebutkan bahwa perkembangan penyakit keratitis mikroba dan peradangan kornea akibat pemakaian lensa kontak terjadi karena pemakainya tidak mencuci tangan terlebih dahulu dan kebersihan yang kurang memadai.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa 1 dari 5 kasus infeksi akibat lensa kontak menyebabkan kerusakan pada kornea. Keratitis mikroba dan peradangan kornea merupakan komplikasi utama yang sebenarnya dapat dicegah dengan mencuci tangan.

Hal ini membuktikan bahwa cuci tangan dapat cegah penyakit mata benar adanya dan bukan sekedar rumor belaka. Jadi, selalu pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh area sekitar mata, ya!

4. Memerangi Sindrom Mata Kering

Jutaan orang di seluruh dunia setidaknya pernah mengalami sindrom mata kering. Sayangnya, kondisi tersebut berisiko semakin parah akibat kebersihan yang buruk.

CDC menyarankan untuk menghindari menggosok mata sebelum mencuci tangan sebab dapat memperburuk gejala mata kering, serta menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan penglihatan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Cuci Tangan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, cuci tangan dapat cegah penyakit mata. Meski begitu, sebagian masyarakat masih menganggap enteng kebiasaan baik yang satu ini.

For your information, mencuci tangan yang baik harus menggunakan sabun atau yang disebut juga dengan hand hygiene. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sabun berfungsi untuk merontokkan kuman dan membersihkan kotoran.

Pun, Centers for Disease Control and Preventions (CDC) berpendapat bahwa mencuci tangan dengan sabun lebih direkomendasikan daripada menggunakan hand sanitizer. 

Dengan mengetahui kebenaran ini, agaknya kurang afdol kalau kita tidak membahas mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO. Yuk, ikuti delapan langkah mencuci tangan di bawah ini:

  • Basahi kedua tangan dengan air
  • Ambil sabun secukupnya untuk melapisi seluruh permukaan tangan
  • Gosok telapak tangan dengan gerakan memutar
  • Telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari-jari saling bertautan, dan begitu pula sebaliknya
  • Gosok telapak tangan kanan dan kiri dengan jari saling bertautan
  • Gosok punggung jari ke telapak tangan yang berlawanan dengan jari saling bertautan
  • Gosok ibu jari kiri dengan gerakan memutar digenggam di telapak tangan kanan, dan sebaliknya
  • Gosok secara rotasi ke belakang dan ke depan dengan jari tangan kanan digenggam tangan di telapak tangan kiri, dan sebaliknya
  • Bilas tangan dengan menggunakan air mengalir
  • Keringkan tangan secara menyeluruh menggunakan handuk atau tisu sekali pakai
  • Gunakan handuk atau tisu untuk menutup keran air
  • Kedua tangan sudah bersih dan aman digunakan

Cuci Tangan Dapat Cegah Penyakit Mata

Tidak terbantahkan, cuci tangan dapat cegah penyakit mata. Bukan tanpa alasan, ada banyak virus, bakteri, kuman, parasit, dan mikroorganisme lain pada tangan yang belum dicuci meskipun secara fisik terlihat bersih, nih.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, segala jenis kotoran dan mikroorganisme hilang dan tidak akan mengkontaminasi mata. Pun, mata terbebas dari penyakit mata akibat infeksi.

Berikut di bawah ini merupakan tiga penyakit mata paling umum yang dapat dicegah dengan mencuci tangan, di antaranya yaitu:

  • Konjungtivitis. Disebut juga dengan mata merah atau belekan, konjungtivitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan zat alergen. Ahli medis mengatakan bahwa cuci tangan dapat cegah penyakit mata ini.
  • Keratitis. Keratitis adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan peradangan kornea. Penyakit mata ini berisiko dialami oleh para pemakai lensa kontak yang tidak menjaga kebersihan tangan.
  • Bintitan. Bintitan atau yang disebut dengan stye adalah benjolan nyeri dan merah menyerupai jerawat yang muncul pada tepi kelopak mata. Infeksi bakteri pada kelenjar minyak di kelopak mata menjadi penyebabnya.

Kesimpulannya, cuci tangan dapat cegah penyakit mata benar adanya. Anggapan ini sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh para ahli sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, persoalan masih banyaknya masyarakat yang belum menyadari pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kesehatan mata adalah tentang kurangnya edukasi dan pengetahuan saja. Jadi, sudah sepatutnya bagi kita yang sudah mengetahui untuk ikut andil dalam penyebaran informasi ini.

Bagaimanapun, menjaga mata bukan hanya soal mencuci tangan saja nih, teman mata. Memastikan asupan nutrisi yang baik untuk mata dengan Eyebost merupakan salah satu yang dapat kita upayakan guna mewujudkan mata yang lebih sehat.

Tidak main-main, Eyebost terbuat dari ekstrak bunga marigold, wortel, buah bilberry, dan madu asli yang mengandung vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, flavonoid, antosianin, dan lutein.

Eyebost disebut juga sebagai vitamin mata herbal sebab semua komposisinya dijamin 100% alami sehingga aman dikonsumsi setiap hari tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan. Oh iya, rasanya manis dan segar, lho.

Ada banyak kebaikan yang bisa kamu peroleh dengan rutin minum Eyebost, mulai dari penglihatan selalu fokus, tajam, jernih, mencegah penyakit mata, serta meringankan gejala iritasi mata ringan.

Buat kamu yang ingin membuktikan manfaat Eyebost, yuk langsung aja check-out di webisite resminya sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi