Kesehatan

6 Cara Mengatasi Mata Tegang Menurut Para Ahli Secara Efektif

/

by Shaffi Kareem


Sedikit bernostalgia saat duduk di bangku sekolah, ya. Hayo, siapa di sini yang tegang saat bapak atau ibu guru menunjuk seseorang untuk maju ke depan kelas?

Sekujur tubuh dingin, hati berdebar, berkeringat, dan sedikit mulas. Perasaan tegang semacam itu dialami hampir semua orang di dunia. Namun, pernahkah kalian mendengar istilah mata tegang?

Istilah ini mungkin lazim dan dimengerti dengan baik di kalangan ahli medis, namun masyarakat awam belum semua mengetahui sebenarnya mata tegang itu apa sih. 

Oleh karena itu, merupakan pilihan yang tepat bagi kita untuk mengangkat isu tersebut sebagai topik utama dalam artikel kali ini. Bukan hanya pengertian saja, pembahasan ini akan meliputi gejala, penyebab, dan cara mengatasi mata tegang itu sendiri.

Kamu penasaran kan bagaimana kelanjutannya?

Baca artikel ini sampai akhir dengan seksama ya, teman mata!

Apa Itu Mata Tegang?

For your information, mata tegang adalah suatu kondisi yang lazim dialami akibat penggunaan mata secara berlebihan, seperti berkendara jarak jauh, membaca, maupun bermain gawai terlalu lama. Dalam istilah medis, mata tegang disebut juga dengan asthenopia atau mata lelah.

Tidak ada yang perlu dirisaukan, mata tegang bukanlah permasalahan serius meskipun menimbulkan ketidaknyamanan pada mata. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya tanpa penanganan khusus sekalipun.

Di era serba digital, tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua orang terpapar yang dinamakan dengan gawai. Bukan hanya memudahkan aktivitas, gawai membantu kita memperoleh hiburan atau entertainment dengan mudah dan murah.

Kendati demikian, permasalahan akibat gawai satu per satu muncul. Dalam keterkaitannya dengan mata, pemakaian gawai berlebihan menjadi salah satu penyebab mata tegang. Kondisi ini dikenal dengan nama lain digital eye strain atau computer vision syndrome.

Saking lazimnya, data menunjukkan bahwa 2 dari 3 orang di Amerika Serikat mengalami gejala mata tegang, terutama yang diakibatkan oleh pemakaian gawai. 

Para ahli mengungkapkan bahwa semua orang tak luput dari risiko terkena mata tegang. Kendatipun, Cleveland Clinic telah merangkum beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi semacam ini, di antaranya adalah:

  • Bekerja di depan layar gawai atau komputer dalam jangka waktu lama
  • Mengalami mata kering
  • Memiliki masalah otot pada mata
  • Melakukan aktivitas yang mengharuskan mata untuk fokus terlalu lama
  • Berkendara jarak jauh, terutama ketika cuaca berangin atau mata terpapar udara secara langsung

Gejala dan Penyebab Mata Tegang

Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas mengenai gejala dan penyebab mata tegang. Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mata, serta sebagai salah satu upaya untuk mencegah mata tegang itu sendiri.

Baca Juga:5 Vitamin Pencegah Katarak, Bukan Cuma Vitamin A Saja, Lho!

Saat membicarakan tentang gejala, kita akan fokus pada penampakan mata secara fisik dan apa yang kita rasakan. Adapun deretan gejala mata tegang yang harus diwaspadai, meliputi:

  • Mata kering
  • Mata berair
  • Gatal pada mata
  • Sensasi perih atau terbakar pada mata
  • Penglihatan buram
  • Mata sensitif terhadap cahaya atau fotofobia
  • Sulit untuk membuka mata
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, pundak, dan punggung
  • Sulit untuk berkonsentrasi

Lantas, apa sih sebenarnya penyebab mata tegang?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemakaian gawai setiap hari selama beberapa jam merupakan penyebab terbesar mata lelah.

Menurut data yang disampaikan oleh The Vision Council, sebanyak 87% orang Amerika memakai 1-2 jenis gawai selama lebih dari 2 jam sehari. Laporan juga menunjukkan bahwa sebanyak 76,5% anak-anak di Amerika juga memakai gawai lebih dari 2 jam sehari.

Jadi, bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak juga memperoleh dampak yang sama dari paparan perangkat digital dalam keterkaitannya dengan mata tegang.

Tidak hanya itu, para ahli mengungkapkan bahwa penyebab mata lelah bukan hanya soal gawai saja. Berikut di bawah ini merupakan penyebab mata lelah, yaitu:

  • Terlalu lelah atau stress
  • Berada di lingkungan dengan minim penerangan, baik itu terlalu redup atau terlalu terang
  • Mengalami gangguan penglihatan, misalnya mata kering
  • Terlalu lama fokus pada satu jenis kegiatan, seperti membaca dan berkendara jarak jauh
  • Jarang berkedip
  • Postur tubuh yang kurang baik saat menggunakan perangkat digital
  • Penerangan layar gawai buruk
  • Jarak antara mata dengan layar gawai terlalu dekat
  • Terpapar terlalu banyak sinar biru yang berasal dari layar gawai

Cara Mengatasi Mata Tegang

To be honest, mata tegang tidak membutuhkan cara ribet untuk mengatasinya sebab sifatnya yang sementara dan gejala yang ditimbulkan pun tidak masuk ke dalam kategori kegawatdaruratan mata.

Umumnya, perubahan pola hidup akan membantu seseorang mengatasi mata lelah. Meski begitu, bagaimana sih cara mengatasi mata tegang yang direkomendasikan oleh para ahli?

Kamu boleh mencoba beberapa cara seperti di bawah ini, di antaranya ialah:

1. Gunakan Kacamata dan Pelindung Mata

Untuk mengatasi mata lelah, kamu boleh menggunakan kacamata dengan resep dan ketentuan khusus, misalnya kacamata dengan lensa anti radiasi untuk mencegah paparan sinar biru yang masuk ke dalam mata.

Begitu pun ketika kamu berkendara jarak jauh. Pemakaian kacamata dengan filter blue-ray mampu meminimalkan cahaya berlebih dan paparan sinar ultraviolet (UV) yang masuk ke dalam mata.

2. Aplikasikan Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 artinya adalah lihatlah benda sejauh 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Tidak hanya pandangan jauh, alangkah lebih baiknya kalau kamu melihat pemandangan hijau.

Aturan ini diprakarsai oleh seorang optometris bernama Dr. Jeffrey Anshel dan disebut-sebut efektif untuk mengatasi mata lelah.

3. Pakai Air Mata Buatan

Air mata buatan atau yang disebut juga dengan artificial tears adalah cairan pengganti air mata yang berfungsi untuk menghidrasi permukaan mata.

Seperti yang sudah kita bahas bersama, air mata buatan dapat meringankan salah satu gejala mata lelah, yaitu mata kering. Gunakan secara aman dan  nyaman ya, teman mata.

4. Gunakan Pelembab Ruangan

Berada di dalam ruangan ber-AC dengan kelembaban udara rendah berisiko menyebabkan mata lelah, nih. Permukaan cenderung kering dan hal inilah yang menimbulkan ketidaknyamanan pada mata.

Pelembab ruangan sudah banyak tersedia di gerai offline maupun online dengan harga yang sangat beragam, mulai dari yang terjangkau hingga mahal sekalipun.

5. Atur Penerangan dengan Baik

Mata mudah lelah apabila dipaksa untuk melihat dengan penerangan yang buruk. Otot mata pada awalnya akan menegang ketika diharuskan untuk menatap layar gawai dan lama kelamaan akan memicu kelelahan otot.

Usahakan untuk menyesuaikan perangan, ya. Oh iya, pastikan untuk mencegah kesilauan pada layar gawai kalau tidak mau mengalami mata lelah.

6. Berhenti Merokok

Merokok bukan hanya buruk untuk kesehatan paru-paru, efek dari merokok juga sampai pada kesehatan mata kamu nih, teman mata.

Perlu menjadi perhatian bahwa merokok meningkatkan risiko seseorang terkena mata kering. Selanjutnya, mata kering itulah yang kemudian menjadi salah satu faktor risiko mata tegang yang harus dihindari.

Luar biasa, akhirnya sampai juga kita di penghujung artikel ini. Dari sekian banyak pembahasan, diharapkan kita dapat mengambil kebermanfaatan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Dapat disimpulkan bahwa pemakaian gawai yang berlebihan merupakan faktor utama penyebab mata lelah. Selain mengurangi intensitasnya, kamu juga disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi untuk mata guna menjaga kesehatan mata dari dalam tubuh.

Yup, Eyebost solusinya!

Berbagai nutrisi kompleks, seperti vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, lutein, flavonoid, dan antosianin terkandung di dalam Eyebost yang diformulasikan khusus dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti madu asli, ekstrak wortel, buah bilberry, dan bunga marigold.

Dengan mengonsumsi Eyebost secara rutin setiap hari, kamu membantu menjaga kualitas penglihatan senantiasa jernih, tajam, dan fokus, serta membantu meringankan gejala gangguan mata ringan, tak terkecuali mata lelah.

Sertifikat HALAL MUI dan izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM menambah kepercayaan masyarakat terhadap Eyebost sebagai vitamin mata terbaik keluarga.

Tunggu apalagi, segera pesan dan minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi