Lifestyle

5 Buah Untuk Mata Kabur Agar Mata Tetap Sehat Bebas Gangguan Mata

/

by Shaffi Kareem


Sebagai gerbang masuknya informasi visual, mata memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, mulai dari bayi baru lahir hingga kalangan lansia. Layaknya tubuh, mata tidak selalu berada dalam kondisi fit setiap saat.

Ada kalanya kamu mengalami mata buram yang menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Tidak melulu perawatan medis, kamu juga dapat mengonsumsi buah untuk mata kabur sebagai salah satu pilihan mengatasi mata buram nih, teman mata.

Dengan modal mengandalkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah untuk mata kabur sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai snack atau cemilan sehat sehari-hari.

Kendati demikian, tahukah kamu apa aja yang masuk ke dalam deretan buah untuk mata kabur?

Kamu penasaran? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini, ya.

Mata Kabur Itu Apa Sih?

Lagi asyik-asyik menonton, tiba-tiba mata kabur. Pernah nggak sih kalian mengalami hal seperti itu?

Pada dasarnya, mata kabur tidak perlu dikhawatirkan sebab kerap kali datang tiba-tiba, namun akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa detik, misalnya mata kabur yang disebabkan oleh mata kering. Kendati demikian, kondisi ini tidak boleh disepelekan ya, teman mata.

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih jauh, mata kabur itu apa sih?

Secara medis, mata kabur diartikan sebagai suatu kondisi di mana terjadi penurunan kualitas penglihatan dan semua benda terlihat tidak tajam seolah-olah diberi efek blur. Oleh karenanya, mata kabur disebut juga dengan blurry vision.

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Mata Minus Agar Minus Tidak Semakin Tinggi!

Sebagian orang yang mengalami mata kabur berhasil mengembalikan ketajaman penglihatan setelah mengucek mata. Sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi semua orang.

Ada beberapa penyebab mata kabur yang harus mendapatkan perawatan khusus untuk mengatasinya. Melansir dari laman WebMD, ada beberapa penyebab mata kabur yang harus kita tau, di antaranya adalah:

  • Diabetik retinopati. Diabetik retinopati merupakan komplikasi diabetes yang menyerang mata. Kenaikan kadar gula darah terus menerus mengakibatkan pembuluh darah retina melemah sehingga menghasilkan penglihatan kabur.
  • Stroke. Stroke merupakan penyakit serius yang menyerang pembuluh darah di otak. Mata kabur tiba-tiba tanpa adanya rasa nyeri menjadi salah satu tanda kunci serangan stroke. Biasanya, penderitanya juga mengalami kesulitan berbicara, mati rasa pada salah satu tangan, kehilangan keseimbangan, dan wajah yang cenderung merosot.
  • Preeklampsia. Dikenal sebagai salah satu kedaruratan pada masa kehamilan, preeklampsia merupakan kondisi serius yang ditandai dengan tekanan darah yang tinggi. Kondisi ini sangat berbahaya bagi ibu dan janin.
  • Migrain. Migrain terasa lebih menyakitkan dari sakit kepala pada umumnya. Selain mata kabur, mata sensitif terhadap cahaya menjadi gejala lain sebelum migrain menyerang.
  • Psoriasis. Psoriasis merupakan permasalahan kesehatan yang ditandai dengan peradangan dan nyeri sendi, kulit yang gatal dan perih, bercak merah, bersisik, dan tebal pada kulit, serta uveitis (peradangan uvea) yang menjadi pemicu mata kabur.
  • Multiple sclerosis (MS). MS merupakan merupakan peradangan yang terjadi pada sepanjang saraf optik yang menghubungkan mata dengan otak. Salah satu gejala awalnya adalah mata kabur.
  • Tumor otak. Tumor otak adalah sel yang tumbuh secara abnormal di dalam otak. Ketika membesar, tekanan di dalam kepala akan meningkat dan memunculkan beberapa gejala penyerta, salah satunya mata kabur.
  • Penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf sehingga penderitanya mungkin akan merasakan gejala seperti kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, tremor pada wajah, tangan, kaki, dan lengan, tubuh terasa kaku, serta mata kabur. For your information, legenda tinju dunia, Muhammad Ali “bertarung dengan penyakit Parkinson selama 32 tahun lamanya.

Pentingnya Buah Untuk Kesehatan Mata

Kita adalah apa yang kita makan” adalah ungkapan yang menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dalam arti lain, makanan berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali mata.

Sebagai masuknya informasi visual, mata membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Bahkan, memperhatikan nutrisi untuk mata seharusnya sudah dilakukan sejak dini untuk menekan risiko terjadinya gangguan penglihatan pada anak.

Dari sekian banyak jenis makanan, buah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari guna memenuhi nutrisi untuk mata, misalnya buah untuk mata kabur.

Perlu kita ketahui bersama, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan oleh mata untuk menjaga penglihatan tetap tajam, jernih, dan fokus, serta bebas dari ancaman penyakit mata.

Secara spesifik, ahli medis menyebutkan bahwa ada beberapa nutrisi tertentu yang diperlukan untuk menjaga mata tetap sehat, yaitu vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, antosianin, dan asam lemak omega 3.

So, kamu sudah makan buah apa hari ini?

Buah Untuk Mata Kabur

Setelah kita membahas mengenai mata kabur dan pentingnya makan buah untuk kesehatan mata, selanjutnya kita akan mengupas secara tuntas macam-macam buah untuk mata kabur.

Meskipun terdengar remeh, buah untuk mata kabur dapat menjadi pilihan yang solutif dalam mengatasi bahkan mencegah mata kabur secara alami. Tentu, tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan apabila tidak dikonsumsi berlebihan.

Berikut di bawah ini merupakan deretan buah untuk mata kabur yang dijamin rasanya manis dan segar, di antaranya seperti:

1. Pepaya

Pepaya kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang memberikan warna oranye pada bagian daging buah. For your information, kedua antioksidan tersebut merupakan zat-zat yang sangat diperlukan untuk menjaga mata tetap sehat.

Dapat dikatakan bahwa buah untuk mata kabur yang satu ini memiliki efek sunblock alami yang dapat melindungi mata dari bahaya sinar biru yang masuk ke dalam retina mata.

2. Sitrus

Sitrus adalah kelompok buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, di mana vitamin C berperan sebagai antioksidan. Buah untuk mata kabur yang satu ini berfungsi menjaga kesehatan jaringan, seperti kolagen pada kornea mata.

Tidak hanya itu, vitamin C menunjang kesehatan pembuluh darah di dalam mata dan membantu mencegah penyakit mata akibat usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Contoh buah sitrus di antaranya adalah jeruk, grapefruit, lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk mandarin, tangerine, dan masih banyak lagi.

3. Beri

Buah beri seperti blueberry, bilberry, strawberry, dan cranberry masuk ke dalam kategori superfood yang dipenuhi dengan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Nutrisi dalam buah beri bermanfaat dalam memelihara kesehatan mata seperti menurunkan tekanan darah dalam mata, mencegah mata kering, degenerasi makula, dan cacat penglihatan.

4. Aprikot

Sebagai orang Indonesia, kita mungkin tidak terlalu familiar dengan buah aprikot. Buah untuk mata kabur yang satu ini kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E yang membawa banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan mata.

Perihal manfaatnya dalam menjaga mata, buah aprikot dapat menyerap sinar biru yang berbahaya bagi mata dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

5. Pisang 

Dapat dengan mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia, ternyata manfaat pisang tidak kaleng-kaleng nih, teman mata.

Pisang kaya akan potassium atau kalium yang baik untuk mencegah mata kering dengan cara meningkatkan cairan air mata. Oleh sebab itu, pisang masuk ke dalam salah satu buah untuk mata kabur yang disebabkan oleh mata kering.

Pada akhirnya, lagi-lagi kita diingatkan lagi bahwa mengonsumsi makanan yang sehat merupakan bagian dari kunci hidup sehat. Tidak hanya untuk tubuh, kita juga harus mulai memperhatikan kesehatan mata sebab mata yang sehat menjadi salah satu indikasi kualitas hidup yang baik.

Pada pembahasan mengenai buah untuk mata kabur, sebenarnya hal tersebut juga berlaku untuk buah untuk mata minus dan buah untuk mata merah. Kandungan nutrisi di dalamnya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Kendati demikian, nutrisi semacam itu tidak hanya diperoleh melalui buah-buahan saja. Kamu dapat mengandalkan vitamin mata Eyebost yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan, seperti vitamin A, C, E, serta antosianin, lutein, flavonoid, dan polifenol.

Semua kebaikan tersebut diperoleh dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli yang dijamin alami 100% tanpa bahan pengawet. Pun, vitamin mata Eyebost telah mengantongi sertifikat Halal MUI dan izin edar dari BPOM.

Dengan Eyebost, mata sehat bukan angan-angan belaka. Tunggu apalagi, yuk pesan dan minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi